fbpx

Trik Meningkatkan SEO Tahun 2021: Guestografis

meningkatkan SEO dengan guestografis
meningkatkan SEO dengan guestografis

Dalam dunia digital marketing, meningkatkan Search Engine Optimization (SEO) sudah menjadi hal yang wajib dilakukan. Dengan meningkatkan SEO, bisnis Anda akan semakin populer di pencarian organik.

Berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan SEO. Dari mulai membuat artikel yang penuh dengan keywords, ataupun mempromosikan website lewat iklan media sosial. Namun, ada satu cara ampuh yang mungkin belum banyak dilakukan banyak brand, yaitu Guestografis.

Cara ini dinilai sangat efektif untuk meningkat trafik website dengan SEO. Apa itu Guestografis dan bagaimana cara menggunakannya? Sebuah agency asal Amerika Serikat, Venngage, membagikan tips nya yang akan kami rangkum untuk Anda.

Apa Itu Guestografis?

Guestografis adalah singkatan dari guest inforagrafik. Artinya Anda membuat konten infografis yang berkolaborasi dengan pembuat konten lain.

Kolaborasi yang terjalin kurang lebih seperti ini: konten yang dipakai adalah milik brand lain, Anda yang membuat infografis nya.

Jadilah konten infografis kolaborasi dengan brand lain tersaji dalam satu infografis ciamik. Konten seperti ini dinilai menjadi salah satu cara yang ampuh meningkatkan SEO website.

Selain dapat meningkatkan SEO, Teknik guestografis juga sangat baik untuk membangun relasi dan menyebarluaskan pengaruh brand. Terutama, ketika Anda memilih brand yang sudah dikenal luas oleh masyarakat.

Cara Tepat Gunakan Teknik Guestografis

Membuat Guestografis memang tak semudah yang dibayangkan. Diperlukan desain dan konten yang relatable. Namun, tak usah khawatir, ada tips khusus untuk sukses menggunakan Teknik guestografis. Berikut daftarnya.

1. Cari Konten yang Cocok Dijadikan Guestografis

Kita semua tahu, infografis memang bisa menarik perhatian karena desain dan visualnya yang menarik. Namun, jangan salah, tak semua konten bisa cocok dijadikan infografis.

Artikel panjang dengan banyak daftar dan subjudul, tentunya tidak mungkin untuk dijadikan inforgrafis. Jika pun bisa, Anda harus membuatnya lebih dari satu. Sedangkan, membuat desain inforgrafis tidak mudah.

Maka, carilah konten yang mengandung satu inti pembahasan dan tidak terlalu banyak bullets.

Mencari brand kolaborator juga sangatlah penting. Anda bisa memulai dengan relasi yang sudah Anda bangun, ataupun mulai mendekati brand-brand besar yang punya insight serupa dengan konten bisnis Anda.

2. Tentukan Target Audiens

Membuat infografis tentunya tidak mudah. Oleh karena itu, penting bagi Anda membuat konten yang relevan dengan para audiens.

Cara yang tepat untuk hal ini adalah riset target Anda, sebelum memutuskan membuat konten. Anda bisa gunakan sejumlah website penganalisis srmua performa konten dan juga demografi pengunjung.

Dengan mengetahui kecenderungan target yang tertarik dengan konten bisnis yang Anda tawarkan, Anda bisa membuat konten yang bisa menyentuh emosi mereka serta relevan dengan minat mereka.

3. Pilih Kata Kunci untuk Tingkatkan SEO

Untuk tips yang satu ini tentunya sudah taka sing bagi Anda pejuang SEO. Ya, keywords atau kata kunci memegang peranan penting dalam peningkatan SEO.

Dalam pembuatan guestografis, kata kunci juga harus tetap dipentingkan. Anda harus memikirkan kata kunci yang ingin Anda unggulkan dalam konten.

Ingat, jangan gunakan Teknik Black Hat SEO, dengan memasukkan kata kunci yang tidak relevan untuk konten ataupun menggunakannya terlalu banyak. Teknik seperti ini malah akan merugikan Anda. Google bisa saja malah menurunkan ranking website Anda karena dianggap tidak terpercaya.

Untuk membantu Anda memilih kata kunci yang tepat, Anda bisa gunakan sejumlah website, seperti Google Keyword Planner atau Loganix.

4. Ajukan Permintaan Kolaborasi

Setelah Anda melakukan semua daftar tips di atas, kini saatnya Anda mengajukan keinginan Anda untuk berkolaborasi kepada brand yang dituju.

Anda bisa mengontak mereka melalui email dengan menyampaikan tujuan Anda berkolaborasi lewat Guestografis. Buatlah pesan singkat namun dengan tujuan sejelas mungkin.

Apalagi ketika mengajukan permintaan kolaborasi dengan brand besar, Anda harus membuat email yang bisa meyakinkan mereka bahwa bisnis Anda layak untuk diajak bekerjasama.

Anda bisa menggunakan design header dengan menyertakan logo brand Anda. Jangan lupa untuk memberikan gambaran singkat mengenai pencapaian atas bisnis Anda.

5. Buat Infografis yang Mudah Diingat

Setelah akhirnya Anda mendapat persetujuan untuk berkolaborasi, Anda bisa langsung mengeksekusinya melalui infografis.

Desain dan visual menentukan kesuksesan konten infografis Anda, maka pilihlah tampilan semenarik mungkin. Namun, ingat prinsip dasar inforgrafis, yaitu hanya menampilkan info singkat, ini berarti jangan terlalu menggunakan banyak kalimat.

Selain desain, copywriting juga memegang peranan penting dalam pembuatan infografis. Anda harus menggunakan judul serta tulisan yang powerful untuk dapat menarik perhatian. Jangan lupa, disesuaikan dengan identitas brand yang Anda miliki.

6. Promosikan Guestografis

Setelah guestografis selesai dibuat, langkah Anda tak terhenti di sana. Anda harus mempromosikan konten tersebut sebaik mungkin.

Anda bisa mempromosikannya lewat media sosial atau menggunakan layanan iklan berbayar pada platform yang berbeda. Selain itu, Anda juga bisa mencari website yang serupa dan menawarkan kolaborasi lainnya dengan saling mempromosikan konten guestografis.

Satu hal yang menjadi keuntungan dari guestografis adalah, brand yang sudah menjadi guest dalam konten Anda, akan otomatis membagikan juga postingan tersebut.

Semakin banyak guestografis Anda tersebar, semakin besar pulalah kemungkinan untuk menikkan SEO. Dengan banyaknya kolaborasi dengan brand lain juga bisa meningkatkan backlinks untuk website bisnis Anda ke depannya.

Itu dia penjelasan lengkap tentang penggunaan Teknik guestografis untuk meningkatkan SEO. Intinya, Anda harus memperbanyak relasi serta meluaskan pengetahuan tentang inforgrafis sendiri untuk sukses dalam Teknik ini.

Ingat, guestografis hanyalah satu dari sekian banyak Teknik yang bisa dicoba. Tentunya, Anda bisa menggunakan strategi digital lainnya untuk meningkatkan kunjungan pada landing page Anda.

Untuk Anda yang masih bingung akan hal ini, A-Creative punya solusinya. Kami memiliki salah satu layanan best-seller yaitu peningkatan SEO untuk website. Tak hanya itu, kami juga bisa membantu membangun website dari awal dan mengelolanya hingga besar.

Konsultasikan keperluan digital marketing Anda sekarang, secara gratis!

Jangan lupa, untuk selalu mengikuti postingan terbaru kami di blog A-Creative, karena banyak info seputar digital marketing yang sangat sayang untuk dilewatkan. Follow juga akun Instagram kami @acreative.id

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. Get your Rp 1.000.000 cashback here:

Promotion valid until 31 May 2022

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.