fbpx

Cara Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus Kerja

cara meningkatkan konsentrasi dan fokus kerja

Konsentrasi dan fokus kerja adalah kunci agar tetap bisa optimal dalam bekerja. Namun, terkadang ada saja hal-hal yang bisa menurunkan tingkat konsentrasi dan fokus saat bekerja. Kurang konsentrasi dan tidak fokus tentu sangat berpengaruh pada produktivitas kerja Anda. Apakah hal ini bisa diatasi? Tentu bisa! Berikut adalah cara untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus saat bekerja yang bisa Anda terapkan.

Membuat Daftar Pekerjaan

Salah satu penyebab turunnya konsentrasi dan fokus kerja karena bingung harus memulai pekerjaan dari mana. Hal ini bisa terjadi jika Anda tidak menyusun daftar pekerjaan Anda dengan baik. Maka dari itu, untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus kerja cobalah menyusun daftar pekerjaan Anda hari ini.

Tentukan prioritas pekerjaan Anda, mana yang harus selesai lebih cepat dan mana yang masih bisa ditunda pengerjaannya. Dengan daftar pekerjaan yang jelas, maka Anda akan lebih fokus dalam menyelesaikan satu pekerjaan dan pindah ke pekerjaan selanjutnya.

Menjaga Kesehatan Tubuh

Salah satu penyebab seseorang sulit berkonsentrasi ternyata bisa disebabkan oleh faktor kesehatan. Penting bagi Anda untuk menjaga tubuh tetap sehat selama bekerja. Pastikan kebutuhan nutrisi tercukupi, tidur cukup dan luangkan waktu untuk rutin olah raga.

Tubuh yang sehat sangat berpengaruh dalam meningkatkan konsentrasi dan fokus kerja. Jangan tinggalkan kebiasaan sarapan di pagi hari agar tubuh Anda siap menjalani aktivitas dengan baik. Sarapan bergizi akan memberikan Anda energi yang cukup sehingga konsentrasi selama bekerja tetap terjaga.

Luangkan Waktu untuk Bersantai

Otak Anda juga perlu waktu untuk bersantai. Jika sudah memasuki jam istirahat kerja gunakan waktu tersebut untuk menenangkan pikiran secara maksimal. Tutup laptop Anda dan berhenti sejenak memikirkan soal pekerjaan di waktu istirahat. Mengobrol dengan teman atau menyantap makanan favorit di jam istirahat bisa membantu menenangkan pikiran Anda.

Jika alasan Anda sulit berkonsentrasi karena telalu lelah bekerja, coba pikirkan untuk mengambil cuti. Anda perlu berlibur agar pikiran kembali segar dan siap menjalani rutinitas harian di kantor kembali. Kunjungi tempat yang bisa memberi ketenangan pikiran. Jika pikiran Anda segar, maka Anda akan lebih mudah meningkatkan konsentrasi dan fokus dalam pekerjaan.

Bekerja Sambil Mendengarkan Musik

Beberapa orang bisa meningkatkan konsentrasi dan fokus dengan mendengarkan musik favoritnya sambil bekerja. Musik-musik klasik atau suara dari elemen alam dianggap paling baik dalam meningkatkan fokus otak. Hal ini mungkin bisa Anda coba di kantor. Pakai headset agar musik Anda tidak mengganggu pekerja lain, ya.

Berlatih Meditasi

Meditasi bukanlah hal yang rumit untuk dilakukan. Meditasi juga tidak selalu berhubungan dengan hal-hal religius. Salah satu manfaat meditasi adalah untuk memberikan rasa tenang dalam diri. Manfaat meditasi di antaranya adalah meningkatkan konsentrasi dan mempertajam ingatan. Riset dan temukan cara meditasi yang paling cocok dengan Anda.

Cara melakukan meditasi paling sederhana adalah dengan sejenak memejamkan mata lalu mengatur teknik pernapasan. Mulailah dengan menarik napas dalam-dalam kemudian embuskan secara perlahan. Lakukan ini ketika pikiran Anda terasa penuh dan sedang kehilangan fokus.

Secara umum penyebab sulit fokus karena otak Anda mulai lelah. Namun, penyebab khusus pada setiap orang bisa berbeda. Selain melakukan tips-tips untuk meningkatkan konsentrasi, Anda juga perlu mengetahui penyebab Anda sulit konsentrasi dalam pekerjaan. Dengan mengetahui penyebabnya Anda bisa menentukan cara mana yang paling efektif Anda gunakan untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus saat bekerja. 

Temukan lebih banyak artikel pengembangan diri lainnya dari A-Creative di sini!

Sedang belajar menulis? Kunjungi A-writing!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. Get your Rp 1.000.000 cashback here:

Promotion valid until 31 May 2022

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.