fbpx

Strategi Powerful Untuk Mengoptimalkan Google Bisnisku

google-bisnisku
google bisnisku

Setiap bisnis sudah selayaknya memanfaatkan internet sebagai media untuk marketing. Keberadaan internet mempermudah para pebisnis untuk meningkatkan visibilitas bisnisnya. Google merupakan search engine yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, visibilitas sebuah bisnis sebaiknya ditargetkan untuk mesin pencari yang satu ini dengan memaksimalkan fitur gratis Google Bisnisku.

Dengan memanfaatkan fitur gratis ini, bisnis Anda akan dengan mudah menjangkau audiens secara lebih luas. Selain itu, Anda juga bisa melakukan verifikasi terhadap profil bisnis Anda, membangun brand agar profesional, serta memanfaatkan big data yang berisikan laporan mengenai kecenderungan audiens dalam beraktivitas secara online.

Google Bisnis juga memungkinkan sebuah bisnis muncul di fitur Google lainnya seperti Google Maps, Google Local Pack, dan Finder Local. Anda dapat pula menyantumkan informasi-informasi mengenai perusahaan Anda seperti waktu operasional, nomor telepon, alamat perusahaan, data jam kunjungan, hingga hal-hal lainnya seperti jenis pembayaran yang digunakan untuk transaksi pada bisnis Anda.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, Anda akan terlebih dahulu diminta untuk melakukan klaim dan verifikasi Google My Business. Jika sudah melakukan klaim dan verifikasi, selanjutnya Anda perlu mengetahui strategi-strategi untuk memaksimalkan akun Google Bisnisku. Simak penjabarannya di bawah ini:

Pilih Kategori yang Relevan

Kategori bisnis adalah salah satu hal yang paling penting di Google My Business. Sebab, jika kategori tidak dipilih dengan tepat, Anda akan menjangkau target audiens yang salah. Hal itu akan menyia-nyiakan pembuatan akun Google Bisnisku. Hal ini juga dapat menciptakan miskonsepsi di kepala audiens yang telah menemukan bisnis Anda di Google.

Pilihlah kategori yang tepat, relevan, dan spesifik. Hal itu dapat membantu Google menempatkan bisnis Anda di hasil pencarian lokal yang tepat. Walaupun Anda hanya bisa memilih daftar kategori yang disediakan oleh fitur ini, namun kategori-kategori yang ada secara umum sudah mewakili berbagai jenis bisnis yang ada.

Jika Anda tetap tidak menemukan kategori spesifik yang mewakili bisnis yang sedang Anda jalani, maka pilih saja kategori yang lebih umum namun tetap berkaitan dengan jenis bisnis anda.

Lengkapi Informasi Bisnis

Salah satu langkah powerful dalam memaksimalkan Google Bisnisku ialah dengan melengkapi seluruh informasi bisnis. Anda harus memastikan data seperti nama bisnis, nomor telepon, jam operasional, dan alamat diisi secara akurat. Karena sangat disayangkan bila audiens telah menemukan bisnis Anda di Google, namun mereka tidak menemukan informasi yang mereka perlukan terkait bisnis anda.

Jika sudah melengkapi informasi bisnis, Anda wajib masuk ke dashhboard Google Bisnisku secara berkala. Hal ini bertujuan untuk memastikan tidak ada yang melakukan perubahan pada informasi yang Anda cantumkan. Bayangkan jika ada yang melakukan perubahan, namun Anda tidak menyadarinya secara berbulan-bulan, hal itu pasti sangat merugikan.

Sebab siapapun yang memasuki halaman bisnis Anda dapat melakukan perubahan terhadap data tersebut dengan hanya melakukan klik pada Suggest An Edit. Untuk itu, periksalah informasi bisnis anda paling tidak dua kali dalam seminggu.

Beri Perhatian Terhadap Ulasan Pengunjung

Pernahkah Anda mengakses Google Maps lalu menemukan sebuah bisnis beserta nama dan ratingnya? Tentu Anda tidak ingin audiens yang menemukan bisnis Anda melihat rating jelek pada bisnis milik anda. Itu mengapa, menerima ulasan dan masukkan dari pengunjung menjadi hal yang sangat penting.

Jangan sampai beberapa pengunjung secara serentak mengulas sisi negatif yang sama mengenai bisnis Anda, hal ini akan membuat publik percaya bahwa hal yang dibicarakan oleh pengulas yang bersangkutan memang benar.

Gunakan Foto Berkualitas

Anda pasti pernah melakukan browsing terkait salah satu produk yang Anda inginkan, kemudian muncul beberapa bisnis menawarkan produk yang sejenis. Dari sini, Anda mungkin setuju bahwa orang akan lebih tertarik dengan bisnis yang memiliki foto berkualitas dibanding yang tidak. Untuk itu, pilihlah foto terbaik sehingga bisnis anda terlihat lebih menonjol dibandingkan kompetitor lainnya.

Itulah mengapa menyewa seorang fotografer untuk bisnis adalah hal yang pantas dilakukan. Hal ini juga membuat informasi yang ingin Anda bagikan menjadi efektif, sebab audiens dapat melihat dengan jelas produk atau kantor perusahaan anda melalui foto beresolusi tinggi. Bisnis Anda juga akan terlihat profesional dan bonafit dengan menggunakan foto yang bersualitas.

Jika Anda ingin menampilkan sebanyak-banyaknya terkait bisnis yang Anda jalankan, Anda dapat menyewa fotografer yang berafiliasi dengan google untuk membuat tur virtual 360 untuk dijadikan tampilan dari bisnis anda. Google sendiri mengklaim bahwa bisnis yang memiliki tur virtual dan foto meningkatkan minat audiens sebanyak dua kali lipat dari yang tidak.

Strategi di atas dapat Anda buktikan sendiri keampuhannya dalam memberikan dampak baik bagi bisnis yang Anda jalankan. Untuk pengetahuan lainnya seputar marketing, Anda dapat mendiskusikannya dengan A-Creative Digital Marketing Agency. A-Creative dapat membantu Anda untuk menemukan strategi digital marketing yang tepat untuk mengembangkan bisnis Anda. Selamat mencoba!

Baca juga : Website Toko Online VS Marketplace, Lebih Untung Mana Untuk Bisnis?

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.