fbpx

Trik Mengatasi Kesulitan Mengelola Bisnis di Masa Pandemi

Dua tahun terakhir ini kita dihadapkan dengan pandemi Covid-19. Tentunya hal ini memberi dampak pada dunia bisnis di Indonesia dan internasional. Banyak pelaku bisnis terpaksa gulung tikar. Namun di sisi lain, pelaku bisnis justru menganggap ini sebagai peluang menjalankan bisnis online. Jenis-jenis bisnis online yang potensial di antaranya adalah sektor kuliner, bimbingan belajar online dan kebutuhan sehari-hari.

Apakah Anda salah satu yang sedang memulai bisnis online? Ya, cara mengembangkan bisnis online untuk pemula di masa pandemi ini sebenarnya tidak sulit. Anda bisa menerapkan strategi digital marketing pada bisnis Anda. Digital marketing adalah pemasaran produk atau layanan menggunakan media digital dan internet.

Selengkapnya, simak tips kelola bisnis online di masa pandemi berikut ini!

Tentukan Jenis Bisnis yang Anda Kuasai

Berbisnis sebaiknya pada bidang atau sektor yang Anda kuasai. Misalnya jika Anda menyukai dunia masak memasak, Anda bisa memulai bisnis online untuk pemula di bidang kuliner. Anda bisa berjualan sambil berkreasi dengan keahlian Anda di dunia memasak. Jika Anda menyukai dunia bercocok tanam, maka Anda bisa menjual bibit atau benih tanaman hias.

Memulai bisnis di bidang yang Anda kuasai dan Anda sukai akan lebih mudah mengelolanya. Anda pun akan lebih bersemangat dalam mengembangkan bisnis Anda seperti menjalankan hobi. Anda juga bisa memulai bisnis online untuk pemula sebagai reseller atau dropshiper. Reseller atau dropshiper cocok bagi Anda yang ingin berbisnis online dengan modal kecil. 

Baca Juga: Peluang Bisnis yang Menjanjikan di 2021

Lakukan Riset Bisnis

Riset bisnis akan membantu Anda dalam menentukan tujuan dan target Anda. Cari tahu hal-hal yang lagi viral di media sosial 2021 untuk ide bisnis dan ide promosi Anda. Anda bisa mencari tahu tentang kompetitor Anda, bagaimana dan apa strategi yang dilakukan untuk mengembangan bisnisnya. Riset bisnis juga perlu dilakukan untuk mengetahui siapa target market yang Anda tuju. Dengan mengetahui target market Anda, maka lebih mudah menyusun strategi pemasaran.

Membuat Toko Online

Jika sebelumnya Anda berjualan offline saja, pertimbangan untuk melebarkan bisnis Anda dengan membuka toko online. Anda bisa menggunakan platform marketplace seperti Tokopedia atau Shopee. Anda juga bisa membuat toko online sendiri berupa website. Untuk mendapat penghasilan tambahan Anda bisa memasang Google Adsense di website Anda.

Pelajari Strategi Pemasaran Online

Strategi pemasaran di masa pandemi lebih banyak dilakukan secara online dan digital. Pelajari strategi digital marketing yang cocok untuk bisnis Anda. Manfaatkan media digital untuk berpromosi. Strategi digital marketing yang  bisa Anda terapkan di antaranya membuat website, mempelajari copywriting, e-mail marketing, memasang iklan digital, memanfaatkan social media marketing services dan sebagainya.

Baca Juga: Kenapa Harus Menggunakan Digital Marketing Pada Bisnis?

Jangan Menyerah!

Tips yang tak kalah penting untuk bertahan di masa pandemi adalah jangan menyerah! Terus kembangkan bisnis Anda dengan memanfaatkan media yang ada. Anda pun harus selalu terbuka dengan kritik dan saran untuk mengembangkan bisnis Anda. Jika Anda mengalami kegagalan, cobalah peluang dari jenis-jenis bisnis online lainnya.

Menjalankan bisnis di masa pandemi memang gampang-gampang susah. Tenang, Anda tidak sendirian untuk mengembangkan bisnis Anda di masa pandemi ini. A-Creative Digital Marketing Agency selalu siap membantu mengembangkan bisnis Anda secara digital. Konsultasikan seputar bisnis pada A-Creative. Kami akan membantu Anda menentukan strategi digital marketing yang tepat untuk bisnis Anda.

Follow our Instagram : instagram.com/acreative.id/

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. Get your Rp 1.000.000 cashback here:

Promotion valid until 31 May 2022

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.