fbpx

Kenali Creative Block dan Cara Mengatasinya!

mengatasi-creative-block
mengatasi-creative-block

Seorang content creator atau pekerja kreatif selalu dituntut untuk menjadi orang yang kreatif setiap hari. Namun, seiring berjalannya waktu akan ada titik di mana Anda merasa tidak lagi merasa bisa menciptakan kreatifitas baru dan tidak dapat memberikan ide-ide baru dan menarik. Kondisi seperti ini sering disebut sebagai creative block.

Kondisi tersebut disebut juga sebagai artist’s block, yang merupakan sebuah keadaan ketika output kreativitas atau inspirasi seseorang menurun yang akhirnya menyebabkan Anda stuck dalam berkarya. Situasi ini bisa datang kapan pun dan bahkan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Perlu Anda ketahui beberapa penyebab creative block yang sering muncul melalui penjelasan berikut ini:

Mental Block atau Belenggu Mental

Mental block atau belenggu mental merupakan suatu kondisi saat Anda terjebak dalam pemikiran diri sendiri. Dalam kondisi ini, Anda terpaku dalam cara yang sama dalam berpikir dan bersikap, sehingga menyebabkan Anda gagal memperoleh opsi lain jika menghadapi situasi yang berbeda.

Jika Anda mengalami mental block ini, Anda bisa mengatasinya dengan menanyakan pendapat orang lain, melihat banyak referensi, dan menyegarkan kembali pikiran Anda dari cara yang biasa Anda gunakan.

Emotional Barrier atau Hambatan Emosional

Sebagai seorang pekerja seni yang menghasilkan karya kreatif, seni yang Anda lakukan berkaitan erat dengan emosi. Namun emosi tersebut ternyata bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya creative block.

Perasaan-perasaan yang muncul berupa ketakutan dan keraguan akan hasil karya kreatif Anda, yang nantinya akan menjadi hambatan yang mengarah pada penundaan proses kreatif. Ketika sebuah proses kreatif tertunda, akhirnya akan memunculkan creative block yang menghalangi Anda dalam berkreasi.

Permasalahan Pribadi

Proses kreatif menuntut Anda untuk tetap fokus. Namun, pastinya Anda akan kesulitan untuk berkonsentrasi menciptakan sebuah karya kreatif jika sedang menghadapi permasalahan pribadi. Permasalahan pribadi ini bisa berupa kedukaan, perpisahan dengan orang yang dicintai, perselisihan dengan orang tua ataupun kawan, dan lain sebagainya.

Solusi supaya Anda bisa kembali berkonsentrasi dalam pengerjaan karya kreatif Anda adalah dengan menyelesaikan masalah pribadi tersebut atau bertahan sampai masalah tersebut berlalu dengan catatan Anda harus mampu mengesampingkan masalah tersebut dan fokus pada pekerjaan Anda.

Kelelahan dan Stress

Ketika Anda terus bekerja menciptakan karya kreatif tanpa sempat beristirahat, Anda pasti akan merasa kelelahan. Ketika Anda sangat menyukai aktivitas produksi kreatif, Anda cenderung membuat kontrol tubuh dan pikiran tidak terkendali, dengan adanya banyak pekerjaan yang diberikan, ide yang terus bermunculan, membuat Anda semakin ingin terus berkarya tanpa beristirahat.

Hal tersebut akan membuat Anda kelelahan dan bisa secara tiba-tiba membuat Anda stuck. Oleh karena itu, jangan sepelekan kondisi tubuh dan pikiran Anda saat bekerja. Pastikan Anda memiliki istirahat yang cukup agar ide-ide yang Anda miliki tetap fresh.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan supaya Anda terhindar dari creative block:

Istirahatkan Otak dan Tubuh Anda

Ketika tubuh dan otak Anda telah mengirimkan sinyal-sinyal atau tanda bahwa Anda kelelahan, Anda perlu mengistirahatkan dulu diri Anda. Anda bisa menyimpan dulu pekerjaan Anda untuk dilanjutkan nanti setelah otak dan tubuh Anda beristirahat.

Selalu Percaya Diri pada Hasil Karya Anda

Merasa insecure pada hasil karya Anda sebenarnya wajar, namun jika Anda terus merasa insecure atau merasa nantinya tidak ada yang suka dengan hasil karya Anda, justru Anda tidak akan bisa menghasilkan apa-apa. Anda harus bisa menghilangkan rasa insecure tersebut dan yakin pada diri Anda sendiri. Tuangkan segala ide yang Anda miliki, kemudian review kembali setelah pikiran Anda sudah lebih rileks.

baca juga : Personal Growth, Begini Cara Mendapatkannya

Sharing dengan Teman

Ketika Anda merasa stuck, jangan paksakan diri Anda untuk terus menghasilkan ide kreatif. Anda bisa sharing dengan orang di sekitar Anda seperti teman atau rekan kerja untuk saling bertukar informasi. Bisa saja Anda justru mendapatkan masukan ide-ide yang sesuai dengan apa yang sedang Anda kerjakan.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai creative block yang sering dialami oleh seorang content kreator atau pekerja kreatif. Jika Anda membutuhkan konsultasi bisnis dalam bidang content kreator, Anda dapat menghubungi A-Creative yang menawarkan layanan berkulitas dan tentunya dengan biaya yang terjangkau.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. Get your Rp 1.000.000 cashback here:

Promotion valid until 31 May 2022

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.