fbpx

Jenjang Karir yang Sesuai Bagaimana Menentukannya?

menentukan jenjang karir

Jenjang karir atau career path merupakan hal yang sering membuat bimbang setiap orang yang sudah memasuki usia kerja. Bukan hanya bagi seorang fresh graduate, namun bagi orang yang sudah memiliki pengalaman beberapa tahun dalam dunia kerja pun sering merasa bingung dalam menentukan jenjang karir yang sesuai.

The Balance Careers memberikan definisi berupa serangkaian pengalaman kerja yang membantu Anda berkembang dan mendekati tujuan akhir. Misalkan Anda memiliki tujuan akhir karir sebagai seorang CTO (Chief Technology Officer), untuk dapat mencapat posisi tersebut, pengalaman karir apa saja yang Anda perlukan, itulah yang dimaksud dengan jenjang karir. Idealnya perjalanan karir Anda seharusnya meningkat dari satu posisi ke posisi lainnya yang lebih tinggi.

Ada beberapa tips yang perlu Anda lakukan supaya Anda dapat menentukan jenjang karir yang sesuai dengan diri dan kemampuan Anda:

Mengenal Kemampuan Diri

mengenal jenjang karir dengan Mengenal Kemampuan Diri

Setiap orang terlahir dengan kemampuan yang berbeda, terdapat tiga jenis kemampuan dalam diri setiap orang yang dapat dikenali dari asalnya. Anda perlu untuk mengenali kemampuan diri Anda yang berhubungan dengan jenjang karir yang ingin Anda pilih supaya karir Anda mencapai hal yang diinginkan. Kemampuan tersebut antara lain:

  • Gift: Kemampuan yang muncul kerena bawaan sejak lahir.
  • Passion: Passion adalah kemampuan yang muncul karena seseorang sangat menyukai suatu hal dan bersemangat untuk melakukannya, sehingga terus memperlajarinya sampai mahir.
  • Value: Kemampuan berdasarkan nilai yang Anda pegang atau yang Anda anur dan selalu tertanam dalam diri.

Menentukan Tujuan yang Diinginkan Dalam Karir

Anda perlu mengetahui dan kemudian menentukan tujuan yang Anda inginkan dalam perjalanan karir Anda. Anda juga perlu mengetahui nilai-nilai penting yang ingin Anda capai atau jaga selama berkarir.

Anda bisa memulai dengan merefleksikan diri melalui pertanyaan seperti, “Apa yang Anda inginkan dalam karir?”. “Apa kelemahan dan kekuatan Anda?” sebagai pedoman untuk menentukan tujuan karir yang optimal.

Menyusun Rencana untuk 5 Tahun dan 10 Tahun Mendatang

Menyusun rencana untuk 5 dan 10 tahun mendatang dalam merencanakan jenjang karir adalah hal yang sangat penting. Jika Anda telah menentukan tujuan perjalanan karir Anda, tentu saja Anda perlu menyusun rencana apa target posisi karir Anda untuk 5 tahun dan 10 tahun mendatang, dan bagaimana cara Anda mencapai target tersebut.

Mengenal dan Mengetahui Tipe Kepribadian

Tipe kepribadian dapat menjadi pertimbangan penting dalam menentukan perjalanan karir Anda.  Anda dapat melakukan tes psikologi sederhana untuk mengetahui tipe kepribadian Anda dan menyeseuaikannya dengan perjalanan karir yang Anda pilih.

Mengulas Kembali Pengalaman Sebelumnya

Salah satu tips untuk menentukan jenjang karir yang sesuai adalah dengan mengulas kembali pengalaman kerja Anda sebelumnya dan pencapaian Anda sejauh ini. Kepuasan Anda dalam pekerjaan sebelumnya dapat menjadi acuan Anda dalam menentukan jalan yang akan Anda tempuh berikutnya. Anda dapat memperdalam dan mengembangkan skill yang Anda dapatkan melalui pengalaman kerja Anda sebelumnya.

Mempertimbangkan Target Gaji dengan Kebutuhan

Setiap orang memiliki kebutuhan gaji yang berbeda, berantung pada gaya hidup masing-masing orang. Hal ini juga bisa menjadi salah satu cara Anda dalam menentukan perjalanan karir Anda. Jika Anda menginginkan tingkat gaji yang tinggi, maka Anda bisa menargetkan posisi yang tinggi dalam perjalanan karir Anda. Karir yang baik adalah karir yang mampu membuat Anda berkembang menjadi seseorang yang lebih baik dari segi personal maupun profesional.

Anda perlu merencanakan perjalanan karir yang semakin meningkat dan berkembang seiring berjalannya waktu, yang berarti Anda menjadikan jenjang karir sebagai batu loncatan yang membantu Anda untuk menemukan posisi yang lebih tinggi. Dengan begitu Anda mungkin akan mendapatkan kesempatan untuk memimpin sebuah tim atau proyek, atau bahkan memulai bisnis sendiri. Karir yang baik akan tercapai jika Anda merencanakannya dengan baik.

Baca juga : Menyusun Rencana Karir, Cek 4 Tahapan Ini Yuk!

Itu tadi adalah tips yang berguna bagi Anda yang sedang menyusun rencana dalam jenjang karir. Jika Anda sedang menjalankan karir Anda dalam dunia bisnis dan membutuhkan konsultasi bisnis dalam bidang digital, Anda dapat menghubungi A-Creative yang menawarkan layanan berkualitas dan tentunya dengan biaya yang terjangkau.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. Get your Rp 1.000.000 cashback here:

Promotion valid until 31 May 2022

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.