fbpx

Trik Menaikkan Domain Authority Lebih Cepat

menaikkan domain authority
cara menaikkan domain authority

Pondasi SEO yang kuat dalam sebuah website diperlukaan untuk meningkatkan visibilitas online. Ada banyak faktor penting dalam membangun sebuah kampanye SEO yang kuat. Salah satu faktor utama yang sayangnya banyak diabaikan adalah domain authority. Apa pengertiannya dan bagaimana cara menaikkan domain authority ? Beberapa poin penting di bawah ini harus Anda perhatikan dalam melakukan optimasi situs.

Apa Itu Domain Authority ?

Jika seseorang merupakan ahli dalam bidang tertentu dan direferensikan oleh banyak orang, maka apa yang mereka katakan akan lebih dipercaya oleh masyarakat luas. Nah, persis seperti itulah domain authority bekerja. Jika sebuah situs direferensikan banyak situs terkemuka lain yang diwujudkan dalam backlink, maka domain authority situs tersebut akan meningkat.

Disini, kuantitas dan kualitas backlink sangat berperan dalam menaikkan domain authority. Backlink dengan kuantitas lebih banyak belum tentu mampu mendongkrak domain authority sebuah situs. Sebaliknya, backlink yang berasal dari situs yang memiliki domain authority tingkat tinggi akan lebih menghasilkan dampak yang lebih baik.

Kesimpulannya, domain authority adalah ukuran nilai kepercayaan sebuah sebuah website di mata mesin pencari. Meski mungkin setiap pakar memiliki cara yang berbeda untuk mengukur domain authority, namun sebagian besar mengacu pada ukuran yang dibuat oleh MOZ dalam skala 1 hingga 100. Semakin tinggi nilai sebuah situs, maka berbanding lurus dengan tingkat kepercayaan situs tersebut di mata mesin pencari.

Sebagai gambaran, blog-blog populer memiliki domain authority di atas 80 sementara situs-situs media mainstream memiliki domain authority di atas 90. Hanya segelintir situs yang memiliki domain authority 100, seperti Wikipedia, Twitter, Facebook, Google.

Cara Menaikkan Domain Authority

Ada beberapa tips penting yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan otoritas domain Anda, diantaranya :

Audit Profil Backlink

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan audit terhadap profil backlink secara berkala. Ingatlah bahwa domain authority sebagian besar akan ditentukan oleh kualitas backlink yang masuk ke situs Anda. Satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah mengaudit ini secara teratur.

Lihatlah dari mana asal backlink yang ke situs Anda, ini akan memberikan Anda ide untuk menyusun strategi meningkatkan domain authority. Dengan cara ini pula Anda juga dapat memastikan bahwa tidak ada backlink spam yang masuk, yang justru dapat membahayakan strategi SEO Anda.

Tambahkan Backlink Berkualitas

Setelah melakukan audit, Anda perlu melakukan mengerahkan tenaga untuk menambahkan backlink berkualitas. Anda perlu menjangkau situs-situs lain yang relevan, namun apa yang dapat Anda lakukan untuk meyakinkan mereka agar memberikan backlink ke situs Anda? Salah satu cara yang masih banyak digunakan adalah melalui pertukaran backlink.

Buat Konten Berkualitas

Konten berkualitas tidak hanya akan membangun kepercayaan audiens target Anda, tetapi juga meningkatkan domain authority domain. Jika konten Anda bermanfaat, maka akan ada peluang situs-situs lain mereferensikan situs Anda secara sukarela. Tentu ini akan membuat Anda mendapatkan lebih banyak backlink natural, yang merupakan kunci untuk mendongkrak domain authority Anda.

Konten berkualitas sendiri merupakan artikel, podcast, video tutorial, yang memberikan nilai lebih kepada audiens. Konten ini dioptimalkan untuk mesin pencari dan mampu menjawab pertanyaan dari pembaca.

Menambahkan Posting Tamu

Jika Anda memposting atau membagikan artikel sebagai penulis tamu, Anda dapat menambahkan backlink di artikel ke situs Anda sendiri. Ini adalah cara mudah lain bagi Anda untuk mengumpulkan backlink tambahan. Lihatlah apakah ada media yang relevan dengan situs Anda yang bersedia memberi backlink sebagai imbalan dari tulisan Anda.

baca juga : Pengertian SERP, Pentingkah Untuk SEO?

Tentu saja, domain authority bukan satu-satunya faktor peringkat pencarian. Dalam banyak kasus, situs dengan authority yang lebih rendah bisa mengungguli situs dengan authority yang lebih tinggi. Hal ini karena meningkatkan domain authority hanyalah satu dari sekian hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan posisi situs dalam peringkat hasil pencarian. Jika Anda membutuhkan bantuan dalam meningkatkan visibilitas online situs Anda, A-Creative  menawarkan layanan berkualitas dengan harga yang bersaing.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. Get your Rp 1.000.000 cashback here:

Promotion valid until 31 May 2022

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.