fbpx

Formula Membuat Company Profile Berkualitas

membuat-company-profile
Membuat company profile

Costumer journey atau perjalanan pelanggan agar sampai pada pembelian produk, perlu Anda perhatikan. Jika tidak dibuat dengan serius, prospek penjualan tidak akan tercapai. Salah satu perjalanan mereka yang paling krusial adalah saat tiba di Company Profile atau Landing Page. Bagaimana cara memaksimalkannya? Salah satunya dengan membuat company profile yang berkualitas.

Anda sudah menentukan channel marketing? Langkah yang bagus! Setelah konten – konten menarik dibuat untuk mempresentasikan produk Anda, tentunya pelanggan Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai bisnis Anda.

Apakah perusahaan ini bisa dipercaya? Apakah para tim yang bekerja kompeten? Apakah mereka memberikan garansi kepuasan pelanggan? Semua pertanyaan itu akan terjawab saat mereka mengunjungi landing page yang di dalamnya terdapat Company Profile atau pun layanan yang Anda tawarkan.

Persiapkan minimal 5 hal ini ketika Anda ingin membuat Company Profile agar mampu meyakinkan calon pelanggan.

Identitas Perusahaan

Pelanggan menyukai perusahaan yang mampu menampilkan identitas yang jelas dan kuat. Kejelasan identitas dapat Anda sediakan melalui visual atau pun kata – kata. Keduanya harus bekerja beriringan.

  • Logo merupakan identitas visual,
  • Sementara slogan mempresentasikan identitas perusahaan dengan kata – kata.

Selain itu, kekuatan karakter dapat Anda tampilkan melalui visi dan misi perusahaan. Semakin jelas arah langkah perusahaan Anda, semakin kuat identitas perusahaan yang tertanam di benak pelanggan Anda.

Kemas Dengan Menarik

Saat visi dan misi perusahaan sudah paten, langkah selanjutnya dalam membuat company profile adalah mengemasnya dengan menarik melalui kata – kata yang mudah dimengerti. Jangan sampai visi dan misi perusahaan Anda kehilangan karakter hanya karena pemilihan padanan kata yang tidak tepat.

Deskripsi Bisnis Sesuai Style Market

Ketika Anda membuat company profile, deskripsi bisnis perusahaan juga harus disesuaikan dengan bahasa target market Anda. Para millenials pasti menyukai bahasa – bahasa yang lebih ringan dan terlihat kekinian. Berbeda halnya jika Anda menjalankan usaha dengan sistem Business to Business, bahasanya pun harus lebih profesional, baku, dan terstandar.

Tawarkan Layanan Anda

Saat kepercayaan pelanggan mampu Anda raih, tampilkan keunggulan produk Anda kepada mereka. Melalui diksi yang memikat, singkat, dan jelas, Anda akan mampu membuat calon pelanggan Anda melanjutkan perjalanannya ke funnel berikutnya.

Apa saja yang harus Anda perhatikan dalam membuat company profile yang baik?

  1. Pastikan Anda tidak hanya sekedar menyampaikan fitur – fitur yang ditawarkan layanan Anda. Terkadang para pelanggan tidak begitu memahami semua istilah – istilah itu. Satu hal yang pasti mereka pahami adalah bagaimana produk Anda memberikan solusi atas masalah yang mereka alami atau memenuhi kebutuhan mereka.
  2. Fokuslah pada kebutuhan pelanggan Anda dibandingkan pada produk. Anda tidak sedang mempresentasikan produk kepada perusahaan, jadi tidak perlu sedetail itu menjelaskan kandungan – kandungannya. Karena Anda sedang berhadapan dengan calon pelanggan maka yang perlu Anda tekankan adalah keuntungan pelanggan saat mereka memutuskan membeli produk Anda.
  3. Jangan hanya kalimat deskriptif, masukkan juga ajakan bertindak. Saat kebutuhan pelanggan sudah mampu Anda penuhi, jangan lupa tutup dengan ajakan untuk membeli, subscribe, berinteraksi, atau yang lainnya. Teknik mengajak juga perlu diperhatikan agar tidak terkesan memaksa atau menyuruh.

Jual Histori, Cerita, dan Testimoni

Memangnya ketiga hal itu bisa dijual? Tentu saja bisa! Value produk Anda akan meningkat jika Anda memiliki sepak terjang yang baik. Sebagai contoh, sudah lumrah bahwa fresh graduated mendapatkan gaji paling tidak setara UMR. Sementara mereka yang berpengalaman bisa digaji dua kali lipat.

Peningkatan Value Produk

Begitu pun produk Anda. Perjalanan perusahaan yang panjang, daftar klien yang banyak, dan testimoni mereka bisa menaikkan harga jual produk Anda di bandingkan harga perusahaan lain yang belum berpengalaman.

Hindari Perang Harga

Jangan takut untuk memberikan harga premium jika Anda yakin dengan kualitas produk Anda. Perang harga justru akan mematikan kehidupan dunia usaha. Anda atau pun kompetitor akan rugi karena terus menerus menekan harga agar mampu bersaing.

Jangan lupa, ketika membuat company profile sampaikan semua hal itu dengan bahasa yang meyakinkan.

Tampilkan Tim Hebat Anda

Tidak masalah memiliki tim yang kecil selama Anda mampu memaksimalkan potensi skill mereka. Menonjolkan kemampuan tim bukan bertujuan untuk membanggakan diri di depan kompetitor. Justru agar calon pelanggan Anda merasa nyaman dan aman karena telah mempercayakan kebutuhannya pada tim yang ahli dan profesional.

Tonjolkan Profesionalitas

Lagi – lagi, kemampuan bahasa yang baik cukup bisa diandalkan untuk menampilkan kesan profesional tersebut. Entah apakah tim Anda sudah berada di skill puncak atau sedang menuju ke arah tersebut, gunakan bahasa – bahasa paling meyakinkan. Ucapan adalah doa, begitu juga bahasa. Sepakat?

Apa yang Spesial Hari Ini?

Iya, apa yang spesial di perusahaan Anda hari ini, pekan ini, bulan ini, atau tahun ini? Calon pelanggan akan bersemangat dengan stimulus – stimulus baru. Sebaliknya, mereka akan menjauh jika tidak ada event – event menarik.

Buat Mereka Pelanggan Merasa Spesial

Salah satu contoh peristiwa menarik yang perlu Anda masukkan di Company Profile atau Landing Page perusahaan Anda adalah hadiah gratis. Mereka mungkin saja tertarik dengan produk dan kehebatan tim Anda. Namun itu semua belum cukup mendorong mereka untuk melakukan pembelian. Nah, dengan hadiah gratis (meski sederhana) akan membuat otak mereka lebih excited.

Pikirkan apa saja yang bisa Anda hadiahkan, entah itu e-book gratis, gantungan kunci, free konsultasi, atau apa pun yang menjadikan pelanggan Anda merasa spesial.

Tentunya ada contoh – contoh penawaran spesial lainnya. Sesuaikan dengan anggaran marketing Anda. Nilainya bukan di harga yang Anda keluarkan, tetapi bagaimana Anda mampu menciptakan rasa penghargaan kepada pelanggan Anda.

Baca juga: Corporate Branding dan Personal Branding, Apa Bedanya?

Jika Anda membutuhkan jasa pembuatan website untuk company profile, A-Creative dapat membantu Anda! Mari kembangkan bisnis Anda agar terlihat semakin kredibel dan sukses melalui strategi digital marketing yang up to date. Diskusikan dengan tim digital marketer A-Creative tentang kebutuhan pemasaran digital Anda. Apa saja produk dan layanan A-Creative? Kunjungi website a-creative.id dan dapatkan penawaran istimewa sekarang!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. Get your Rp 1.000.000 cashback here:

Promotion valid until 31 May 2022

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.