fbpx

Karir Digital Marketing Butuh 4 Hal Ini

membangun-karir-digital-marketing

Dengan berkembang pesatnya teknologi, karir digital marketing merupakan salah satu industri yang memiliki pertumbuhan sangat cepat. Maraknya bisnis digital juga memiliki dampak terhadap peningkatan demand akan keterampilan di bidang ini. Kabar baiknya, hal ini menjadi peluang bagi anak muda yang ingin terjun ke dunia digital.

Sebagaimana industri lainnya, karir dalam dunia digital marketing mensyaratkan sepaket keterampilan yang harus kamu miliki. Keterampilan tersebut meliputi pengetahuan digital, pengetahuan promosi, pengetahuan terkait jejaring dan sosial, keterampilan teknis, dan masih banyak lagi.

Pada artikel ini, A-Creative akan menjabarkan beberapa cara yang bisa kamu tempuh untuk mulai membangun karir di dunia digital hingga kamu dapat menjadi seorang profesional. Simak poin-poinnya di bawah ini:

Bangun Relasi Kuat Untuk Meniti Karir Digital Marketing

membangun-karir-digital-marketing

Dalam profesi apapun, kamu perlu membangun jaringan seluas-luasnya terhadap sesama penggiat profesi tertentu. Hal itu akan memungkinkan kamu untuk mendapatkan pengetahuan seputar digital marketing hingga meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan. Ikut komunitas digital marketing di linkedin dari A-Creative juga ide bagus, kok.

Dengan memiliki jejaring dengan para profesional, kamu akan memiliki relasi dengan orang yang berada di dalam industri. Selama kamu memiliki attitude yang baik serta kapabilitas yang sesuai, seorang profesional tak akan ragu untuk merekomendasikan kamu pada lowongan atau proyek yang sedang membutuhkan kandidat profesional.

Membangun Karir Digital Marketing dengan Personal Branding

Hal ini akan membuat karaktermu terlihat lebih kuat dan memiliki identitas yang lebih jelas. Sebab jika kamu enggan membangun personal branding yang jelas kamu akan memperkenalkan dirimu tanpa ciri khas. Kalau tidak ada karakteristik spesial, apa dong yang membuatmu berbeda dari yang lain?

Ibaratkanlah dirimu seperti brand dan pandanglah dirimu seperti organisasi atau perusahaan. Sebuah organisasi atau perusahaan memiliki visi dan misi, bukan? Nah, kamu perlu menyematkan visi dan misi ke dalam branding milikmu sebagai digital marketer. Dengan begini, kamu akan memiliki acuan dan strategi berpikir yang akan menghantarkan kamu untuk mengembangkan karir secara jangka panjang.

Berkontribusi pada event tertentu merupakan peluang yang bisa kamu gunakan untuk memperkenalkan “brand” milikmu dengan orang-orang baru. Kamu juga bisa berkontribusi pada situs website seperti A-Creative. Hal itu memungkinkan kamu untuk memperkaya sumber publisitas pribadi kamu.

Kembangkan Keterampilan Digital

perbedaan digital marketing dan internet marketing

Persenjatai diri dengan keterampilan-keterampilan yang perusahaan digital sangat butuhkan. Keterampilan seperti pengembangan web, digital marketing, hingga sosial media merupakan berbagai keterampilan yang sangat baik kamu miliki. Namun, kamu juga perlu untuk mengkerucutkan keterampilanmu secara lebih spesifik.

Dengan begitu, perusahaan akan menilai kamu sebagai spesialis pada bidang yang spesifik. Hal itu akan meningkatkan peluang kamu mendapatkan tawaran pekerjaan, loh! Sebab, dengan melakukan branding terkait kemampuan yang kamu miliki, perusahaan akan melihatmu sebagai kandidat yang memiliki fokus dan spesialisasi tertentu. Hal itu lebih baik dibandingkan dengan kandidat dengan tipe generalis.

Perusahaan seperti PT Akreatif juga sedang membuka kesempatan berkontribusi untuk kamu yang sudah menguasai spesialisasi digital marketing tertentu. Kamu cukup mengirimkan CV dan portofolio ke email mail@a-creative.id. Apabila resume kamu menarik, HRD A-Creative akan menghubungi kamu dalam sepekan.

Kalau belum ada pengumuman, berarti kamu perlu meningkatkan skill kamu. Jangan khawatir, A-Creative Digital Marketing akan membuka kursus terjangkau untuk mengembangkan karirmu sebagai digital marketer profesional. Silakan subscribe postingan terbaru dari A-Creative untuk menantikan pengumuman kursus digital marketing, ya!

Memulai Sebuah Blog

Membuat blog bisa menjadi pilihan untuk belajar digital marketing. Sebab, kamu akan belajar menerapkan ilmu yang kamu miliki pada blog tersebut. Yang pada akhirnya bukan hanya berdampak baik pada blog milikmu saja, namun blog tersebut juga bisa menjadi portofolio yang ditunjukan ke perusahaan atau klien kamu nantinya.

Membuat blog juga memungkinkan perusahaan atau klien untuk mengetahui informasi seputar personal branding yang sudah kamu bangun. Mereka juga dapat menyesuaikan apakah kemampuan yang kamu miliki sesuai dengan yang dibutuhkan oleh proyek perusahaan atau klien terkait.

Terlebih, banyak dari brand maupun agensi yang lebih memilih kandidat “pelaku”. Dengan memiliki blog, kamu akan memiliki nilai yang lebih tinggi di mata mereka. Hal itu juga mencerminkan komitmen kamu terhadap profesi digital marketing. Buatlah blog yang bukan sekedar blog, namun yang memiliki nilai kualitas. Rancanglah blog kamu secara serius, lakukan riset, dan hanya ambil dari sumber – sumber terpercaya. Dengan demikian, kamu juga memperkaya pengalaman dalam mempraktikan ilmu digital marketing.

Baca Juga: Pentingnya Kemampuan Riset Bagi Digital Merketer

Tips-tips di atas hanya sebagian kecil cara untuk bisa terjun dan membangun karir di dunia digital marketing. Kamu mungkin masih haus untuk mempelajari hal-hal seputar digital marketing, bukan? Untuk itu, jangan pernah puas belajar dan teruslah mencari pengetahuan yang jauh lebih banyak dari buih di lautan. Yups, tak terhingga!

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.