fbpx

Website Toko Online VS Marketplace, Lebih Untung Mana?

website toko online, marketplace
Online shopping – the Internet grocery store.

Sebagian orang berpikir bahwa marketplace dan website toko online itu sama saja. Padahal keduanya adalah hal yang berbeda. Jika Anda ingin menjadi pebisnis online yang sukses atau ingin berjualan di rumah yang laris, maka Anda wajib tahu platform yang digunakan sebagai strategi bisnis online Anda. Simak artikel ini untuk mengetahui platform mana yang cocok untuk Anda.

Apa Itu Marketplace

Marketplace adalah sebuah website atau aplikasi yang dapat menghubungkan antar penjual dengan pembeli melalui jaringan internet. eBay adalah salah satu contoh marketplace pertama yang ada di dunia. Marketplace di Indonesia sendiri menjadi startup paling sukses yang ada di Indonesia, bahkan sudah ada yang mencapai status unicorn seperti Bukalapak dan Tokopedia.

Marketplace ini sebenarnya mempunyai konsep yang mirip dengan pasar tradisional. Pada dasarnya, marketplace memberikan tempat untuk Anda yang ingin berjualan di website mereka. Lalu, pihak marketplace akan menampilkan barang jualan Anda saat calon pembali melakukan pencarian yang terkait dengan barang Anda. Apabila si calon pembeli inign membeli barang tersebut, maka mereka akan melakukan transaksi langsung melalui marketplace tersebut.

Perbedaannya dari pasar tradisional adalah Anda sebagai penjual tidak harus membayar uang sewa tempat di marketplace. Itu artinya Anda dapat berjualan secara gratis di marketplace, yang Anda butuhkan hanya membuat akun dan mulai berjualan.

Website Toko Online

Website toko online itu sama saja dengan e-commerce. Mungkin Anda masih menggunakan istilah e-commerce untuk mendeskripsikan marketplace, seperti Shopee, Tokopedia, dan lain sebagainya. Padahal itu adalah dua platform yang berbeda. Jadi, e-commerce atau website toko online hanya menjual produk atau barang dari website itu sendiri, seperti website Nike, Adidas, dan lain sebagainya.

Nah, jika Anda melihat ada beberapa produk di satu toko online, maka itu disebut Marketplace yang menyediakan berbagai macam produk dan brand. Biasanya pebisnis atau pelaku usaha yang membuat website toko online pasti bisnisnya juga membuat akun media sosial. Karena umumnya media sosial seperti Instagram digunakan untuk menarik calon pembeli dan mengarahkannya berbelanja ke website toko online tersebut.

Biasanya brand atau seorang penjual membuat website khusus yang hanya menjual barang-barang mereka sendiri. Dan biasnya transaksi pembelian dilakukan melalui website tersebut menggunakan shopping cart dan payment gateway.

Marketplace VS Website Toko Online, Mana yang Cocok?

Jika Anda sudah tahu perbedaan dari kedua platform, mungkin sekarang Anda bingung bagaimana menentukan platform yang cocok untuk mulai membangun bisnis Anda. Ada beberapa hal yang mungkin bisa jadi pertimbangan untuk bisnis Anda, yaitu:

Faktor Teknis dan Biaya

Hal pertama yang bisa Anda pertimbangkan adalah faktor teknis dan biaya. Pada penjelasan sebelumnya, e-commerce atau website toko online pasti akan membutuhkan banyak biaya karena membuat website toko online tidaklah gratis, Anda harus membeli domain, hosting, karyawan, dan lain sebagainya. Berbeda dengan marketplace yang tidak membutuhkan biaya dan teknis.

Efektifitas Biaya

Marketplace mempunyai saingan yang lebih banyak, karena akan banyak toko lain yang akan menawarkan produk yang sama seperti produk Anda. Sedangkan website toko online (e-commerce) Anda dapat memperoleh margin yang lebih tinggi. Kemungkinan calon pembeli mengunjungi website Anda dan langsung melakukan transaksi di website Anda tanpa harus bersaing dengan penjual lainnya.

Reputasi dan Branding

Tergantung dengan apa yang Anda jual, karena terkadang marketplace bisa lebih menguntungkan. Contohnya, jika Anda menjual gunting, maka lebih baik Anda menjualnya di marketplace agar ketika calon pembeli ingin membeli gunting, maka produk Anda akan muncul.

Tapi, jika Anda merasa produk Anda unik dan memiliki ciri khas, lebih baik Anda menjualnya di website toko online Anda sendiri. Karena dengan e-commerce, produk atau brand identity Anda bisa semakin meningkat dan dapat meningkatkan kepercayaan mereka dengan brand yang Anda jual.

Marketing dan Traffic

Jika Anda menjual barang di marketplace, Anda tidak mempunyai kontrol promosi terhadap yang mereka lakukan. Mereka hanya melakukan strategi marketing agar orang-orang mau masuk ke marketplace mereka. Berbeda jika Anda menggunakan fitur Ads yang ada di marketplace. Anda membayar iklan agar produk Anda muncul pertama paling ata ketika dicari.

Produk Anda akan dilihat oleh orang banyak, tapi belum tentu mereka menjadi pelanggan Anda. Berbeda dengan menggunakan website Anda sendiri, Anda bisa mempunyai kesempatan untuk mengumpulkan calon pembeli. Data yang mereka berika dapat membantu Anda untuk melakukan campaign marketing di masa yang akan datang.

Jadi, jika ditanya platform mana yang paling cocok untuk membangun bisnis. Jawabannya, gunakan saja keduanya. Anda bisa menggunakan dan mengelolanya secara bersamaan. Namun, jika Anda ingin lebih meningkatkan brand awareness dan brand identity, lebih baik Anda menggunakan E-commerce atau website toko online Anda sendiri dibandingkan Marketplace.

Butuh bantuan jasa pembuatan website yang berkualitas? Tim A-creative bisa membantumu membangun website kreatif untuk bisnis Anda. Klik A-creative untuk membantu Anda mewujudkan platform bisnis impian Anda. Selamat berbisnis!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. Get your Rp 1.000.000 cashback here:

Promotion valid until 31 May 2022

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.