fbpx

Apa Itu Marketing Funnel dan 5 Tahapannya

apa itu marketing funnel
apa itu marketing funnel?

Dalam dunia marketing banyak konsep untuk mengoptimalkan pemasaran dan penjualan dalam bisnis. Salah satu konsep yang menarik untuk dibahas adalah strategi marketing funnel. Marketing funnel adalah salah satu proses strategi pemasaran berdasarkan tahapan-tahapan sebelum akhirnya barang terjual. Dengan mengetahui marketing funnel, Anda dapat membantu memaksimalkan strategi pemasaran yang lebih efektif.

Jadi, apa itu marketing funnel? Yuk, kita bongkar tuntas strategi ini dalam penjelasan di bawah ini!

Apa Itu Marketing Funnel?

Istilah lain dari marketing funnel adalah sales funnel. Proses tersebut bermula saat target konsumen belum mengenal brand Anda. Kemudian beranjak mengikuti tahap berikut:

  • mulai mengenal,
  • menimbang untuk membeli,
  • melakukan pembelian,
  • memberi penilaian produk,
  • hingga menjadi pelanggan produk tersebut.

Konsep ini bernama funnel karena memiliki visualisasi proses pemasaran seperti corong yang mengerucut ke bawah. Mengapa mengerucut? Sebab, pada tahap awal, funnel akan menjangkau sangat banyak target pelanggan. Kemudian, seiring berjalannya proses maka jumlah target pelanggan semakin mengecil.

Sebagai contoh, ketika Anda melakukan proses branding, Anda akan menjangkau banyak orang. Namun, dari beragam audiens, hanya beberapa yang akan menjadi pelanggan setia dan merekomendasikan produk Anda kepada orang lain.

Tujuan dari membuatan sales funnel adalah untuk memahami bagaimana perjalanan pelanggan berinteraksi dengan brand atau produk Anda. Dengan memahami proses ini Anda akan lebih mudah mengetahui langkah selanjutnya, menentukan strategi promosi hingga mengevaluasi performa marketing Anda.

Stages Marketing Funnel

Dalam pelaksanaan strategi marketing funnel, ada yang disebut urutan atau stages. Urutan atau tahapan ini disebut sebagai stages marketing funnel. Tiap urutannya memiliki ciri dan pendekatan yang berbeda. 

Dalam penerapannya ada kemungkinan kebocoran terjadi. Maksudnya, akan ada audiens yang tidak tertarik membeli atau orang yang hanya melihat-lihat produk saja. Hal ini wajar, namun tetap perlu diperhatikan sebagai bagian evaluasi proses.

Urutan dalam marketing funnel atau stages marketing funnel sebagai berikut:

a. Awareness

brand awareness adalah

Tahap awal adalah awareness yaitu kesadaran pelanggan akan suatu merek atau produk. Pelanggan menyadari brand Anda dan mulai berkenalan dengan produk Anda. Strategi untuk meningkatkan brand awareness di tahap ini sangat penting. Pastikan Anda punya target pelanggan yang spesifik berdasarkan karakteristik produk yang Anda tawarkan.

b. Consideration

Tahap setelah awareness adalah consideration yaitu menimbang-nimbang suatu produk. Dalam tahap ini calon pelanggan mulai merasa menginginkan produk, tapi masih ingin mencari informasi tentang produk tersebut sebagai pertimbangan.

Dalam tahap ini, seseorang bisa membuat perbandingan dari beberapa brand dengan produk yang serupa. Maka dari itu, Anda perlu tahu cara meyakinkan pelanggan dengan menonjolkan keunggulan produk Anda. Biasanya seseorang mencari informasi produk melalui internet. Maka, Anda bisa optimalkan promosi melalui media sosial dan website.

c. Purchase

Urutan berikutnya adalah purchase. Pada tahapan ini seseorang memutuskan membeli sebuah produk. Dalam tahap purchase dibutuhkan layanan pelanggan yang baik dan proses transaksi yang cepat dan lancar.

d. Retention

Retention berkaitan dengan kepuasan pelanggan terhadap pembelian pertama dan melakukan pembelian kedua. Hal ini bisa berdasarkan beberapa faktor yaitu kecocokan dengan kualitas produk, pelayanan pelanggan yang baik dari penjual, harga yang sesuai dan sebagainya.

Gunakan strategi marketing yang mampu menarik kembali pelanggan lama. Contohnya dengan memberikan reward atau poin, menawarkan rekomendasi produk dan sebagainya

e. Advocacy

Advocacy atau testimoni adalah stage marketing funnel terakhir. Ketika seorang pelanggan merasa puas dan cocok dengan suatu brand atau produk, maka pelanggan tersebut menjadi loyal. Selain melakukan pembelian lagi, dia juga membuat testimoni dan merekomendasikan produk tersebut ke orang lain. 

Manfaat Marketing Funnel dalam Bisnis

Marketing Funnel punya cukup banyak manfaat dalam dunia bisnis. Secara umum konsep sales funnel bermanfaat dalam customer journey.  Dengan menerapkan konsep sales funnel Anda bisa lebih mudah mengetahui tahapan-tahapan customer journey. Bagaimana target konsumen Anda bisa tahu soal produk yang Anda tawarkan hingga akhirnya yakin dan membelinya.

Baca juga : Perhatikan Customer Journey Anda Sebelum Hardselling

Lebih Memahami Hal yang Dibutuhkan Pelanggan

Dengan menerapkan marketing funnel, Anda bisa lebih memahami apa yang paling dibutuhkan pelanggan. Hal ini bisa dianalisis dari tahap awareness dan consideration. Setelah Anda mengetahui siapa saja target pasar yang cocok dengan pemasaran produk Anda, akan lebih mudah mengetahui kebutuhannya yang sesuai dengan keunggulan produk.

Anda bisa lebih mudah membujuk calon pelanggan setelah mengetahui apa yang mereka butuhkan. Anda bisa memberi informasi yang lebih bermanfaat atau menghadirkan inovasi produk yang lebih cocok dengan kebutuhan target konsumen bisnis Anda.

Menentukan Strategi yang Tepat untuk Menarik Minat Konsumen

Konsep sales funnel membantu Anda menentukan dan menyusun strategi pemasaran yang paling tepat untuk target konsumen. Anda bisa menganalisis dari tahapan funnel tersebut, seperti bagian mana yang perlu dimaksimalkan lagi untuk bisa menarik lebih banyak minat pelanggan hingga mereka benar-benar memutuskan membeli produk.  Tidak berhenti sampai pelanggan membeli produk, tapi konsep ini membantu Anda menyusun strategi pemasaran hingga tahap advocacy.

Anda perlu memastikan pelanggan Anda puas dengan kualitas produk dan pelayanan pelanggan. Jika masalahnya adalah pelanggan belum banyak yang tahu tentang brand dan produk, berarti tahap awareness perlu dimaksimalkan dengan strategi branding yang tepat dengan cara memaksimalkan penggunaan media digital dalam meningkatkan branding.  

Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

Marketing funnel membantu Anda lebih mengenal pelanggan melalui customer journey. Semakin banyak informasi tentang pelanggan yang Anda miliki, maka semakin mudah Anda menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Hubungan baik dengan pelanggan sangat penting agar bisnis Anda semakin baik performanya.

Menjalin hubungan baik dengan pelanggan bisa dengan berbagai cara di antaranya merespon dengan baik pertanyaan atau kendala pelanggan dalam melakukan transaksi. Selain itu, Anda bisa memberikan konten bermanfaat untuk pelanggan di media sosial atau website. Anda juga bisa memberi informasi produk terbaru yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Membuat Bisnis Lebih Produktif

Dari semua manfaat tersebut jika Anda perhatikan kembali tujuannya sama-sama meningkatkan produktivitas bisnis. Memperhatikan dan menganalisis costumer journey dengan konsep marketing funnel membantu Anda dalam mengembangkan bisnis lebih optimal.

Apabila Anda bisa menghadirkan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan target konsumen maka keuntungan penjualan akan terus naik. Pelayanan pelanggan yang maksimal juga bisa memberikan kepuasan pelanggan dan menjadikan mereka pelanggan setia sehingga bisnis Anda semakin sukses.

Cara Menerapkan Marketing Funnel untuk Bisnis

Anda ingin menerapkan marketing funnel dalam bisnis Anda? Sebenarnya, dalam penerapan konsep pemasaran ini setiap bisnis bisa saja berbeda sesuai kebutuhan dan tujuan pemasarannya. Namun, secara umum beberapa cara berikut ini mungkin bisa berguna untuk bisnis Anda.

Identifikasi Target Konsumen

Hal pertama adalah mengumpulkan calon konsumen sebanyak-banyaknya. Temukan peluang di pasar berdasarkan target konsumen yang Anda tuju. Cara mengidentifikasi target pelanggan bisa secara online atau offline.

Misalnya dengan membuat webinar gratis yang sesuai dengan bisnis Anda atau manfaatkan media sosial dan iklan online.  Dari media sosial Anda bisa mengidentifikasi target konsumen dari pengikut Anda. Beberapa media sosial menyediakan fitur analisis yang memudahkan Anda mengenali siapa saja target konsumen yang selama ini mengikuti Anda. Cari tahu apa minat dan kebutuhan mereka untuk mengoptimalkan penjualan produk Anda.

Mulai Berikan Penawaran

Setelah mengumpulkan target konsumen yang banyak, mulailah menyaring target tersebut dari yang paling potensial sebagai pelanggan Anda. Cara penyaringan konsumen potensial bisa dengan menginformasikan apa saja produk yang Anda jual, bagaimana spesifikasinya dan harga jualnya. Konsumen yang cocok akan bertahan. Konsumen inilah yang perlu Anda optimalkan.

Berikan penawaran yang bisa menarik perhatian konsumen potensial. Strategi penawaran produk jangan terlalu agresif hingga membuat calon pelanggan merasa tidak nyaman. Maka, penting menyusun strategi promosi yang tepat sesuai target konsumen Anda. Misalnya promosi di media sosial Anda bisa membuat konten yang lebih menekankan manfaat produk melalui edukasi atau tips and tricks dan sebagainya.

Yakinkan Calon Pelanggan

Susun strategi pemasaran untuk meyakinkan pelanggan bahwa produk yang Anda tawarkan adalah pilihan yang cocok dengan kebutuhan mereka. Buat calon konsumen yakin bahwa produk Anda punya keunggulan lain, harga dan kualitasnya sesuai, dan sebagainya. Hal ini bisa dilakukan melalui konten website, media sosial, deskripsi produk atau ketika ada calon pelanggan bertanya pada Anda. Memberikan pelayanan yang baik juga bagian dari meyakinkan calon pelanggan.

Memberikan Reward untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Setelah Anda mendapatkan pembeli maka harus menjaga kesetiaan mereka agar tetap menggunakan produk Anda. Caranya dengan memberikan layanan pelanggan yang baik, menjaga kualitas produk, memberikan reward bagi pelanggan setia dan sebagainya.

Dengan memahami pengertian dan stages marketing funnel, maka Anda akan lebih mudah menyusun strategi pemasaran yang cocok dengan brand Anda. Saat ini, strategi digital marketing menjadi strategi paling efektif dalam meningkatkan brand awareness dan penjualan produk. Anda masih bingung mengenai strategi promosi yang tepat dan efektif untuk bisnis Anda?

Tenang, Anda tidak perlu pusing memikirkan strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis Anda sendirian. A-Creative Digital Marketing Agency siap membantu Anda mengoptimalkan promosi melalui media digital yang efektif. Bersama tim marketing kami yang kreatif dan berpengalaman mari tingkatkan brand awareness dan penjualan produk Anda. Silakan isi formulir berikut untuk memulai strategi digital marketing yang tepat untuk bisnis Anda.

[fluentform id=”2″]

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.