fbpx

Manfaat CRM dan Fungsinya dalam Bisnis

manfaat-crm-2

Terminologi CRM belakangan ini sering sekali muncul. Sebagian besar pengusaha sudah familier dengan istilah ini, namun masih ada juga yang belum memahami apa itu CRM dan apa manfaat CRM. Berikut ini adalah penjelasan dan penjabaran mengenai CRM:

Pengertian CRM

CRM merupakan akronim dari Customer Relationship Management. CRM ini berarti seluruh aktivitas, strategi, dan teknologi yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola interaksi dengan pelanggan atau calon pelanggan. CRM ini membantu bisnis Anda membangun relasi dengan konsumen, sehingga akan menciptakan loyalitas pelanggan. CRM ini dengan kata lain menciptakan sebuah sistem pengumpulan daya yang dapat membantu bisnis mengidentifikasi dan berkomunikasi dengan konsumen.

Pentingnya CRM dalam Bisnis

manfaat-crm-1

Dengan Anda mengimplementasikan sistem CRM dalam bisnis, Anda akan mendapatkan gambaran jelas tentang konsumen dan dapat melihat seluruh informasi tentang konsumen. Mungkin Anda sebagai pengusaha dengan skala bisnis kecil merasa belum membutuhkan sistem CRM ini, namun Anda keliru. Usaha kecil pun bisa mendapatkan banyak keuntungan melalui sistem CRM ini.

Pentingnya sistem CRM ini dan manfaat CRM dalam membantu bisnis Anda dijabarkan dengan lebih jelas pada poin di bawah ini:

Dalam Hal Pengetahuan

Dengan Anda memanfaatkan sistem CRM secara efektif, sistem ini akan memberikan keuntungan pada strategi bisnis Anda. Dengan data yang lebih terorganisir, bisnis Anda dapat memilih iklan atau materi promosi yang tepat sasaran. Anda juga dapat memantau tren riwayat pemeblian konsumen, sehingga bisnis Anda mampu mengantisipasi kebutuhan konsumen dan memastikan kebutuhan tersebut terpenuhi.

Lebih Terorganisasi

Dengan menggunakan sistem CRM, bisnis Anda lebih efisien dengan penyusunan dan automasi beberapa aspek dalam bisnis. Sehingga bisnis Anda memiliki basis data yang terorginisasi dengan baik sehingga lebih mudah dimengerti. 

Optimasi

Sistem CRM ini memungkinkan bisnis Anda untuk mengoptimasi interaksinyan dengan konsumen. Proses interaksi yang kompleks dapat disederhanakan dan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

baca juga : SEO Google Organik atau SEM dengan Iklan?

Manfaat CRM yang Bisa Anda Peroleh

Sistem CRM menurut beberapa studi memberikan manfaat yang sangat nyata bagi bisnis, yaitu:

Dapat Mengidentifikasi dan Mengkategorikan Calon Konsumen

Salah satu manfaat CRM adalah mengidentifikasi calon konsumen secara cepat dan mudah, serta mampu mengkategorikannya dengan akurat. Dengan begitu, tim sales dapat memusatkan perhatian dan energinya pada klien yang tepat.

Kemungkinan Bisnis Direkomendasikan oleh Pelanggan Meningkat

Pemahaman yang lebih baik tentang konsumen memudahkan Anda melihat peluang penjualan. Anda juga berpeluang mendapatkan konsumen baru dari rekomendasi pelanggan setia Anda.

Dapat Meningkatkan Kualitas Produk dan Jasa

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan adalah Anda akan menemukan insight yang selama ini tidak diketahui. Seperti persepsi konsumen tentang bisnis yang Anda jalani. Dengan begitu Anda bisa melakukan perbaikan pada penawaran dan menyelesaikan persoalan yang dikeluhkan.

Fungsi CRM dalam Bisnis

CRM dapat membantu bisnis Anda menargetkan konsumen yang berbeda, menetapkan target, dan memberikan notifikasi berdasarkan masukan dari masing-masing konsumen. CRM ini juga dapat digunakan oleh seluruh tim dari berbagai divisi dalam sebuah bisnis. Supaya seluruh tim yang terlibat dapat menyikapi konsumen berdasarkan data yang tepat dan terpercaya.

Berikut ini adalah beberapa fungsi CRM yang penting bagi bisnis:

Laporan Terpercaya

Sistem CRM membantu membantu mengkaji data secara mendalam, sehingga dapat Anda andalkan bila Anda menginginkan data yang bebas dari kesalahan. Anda dapat melihat siapa saja yang berinteraksi dengan bisnis Anda dan bagaimana cara merak berinteraksi. Anda juga dapat memunculkan laporan peluang kemajuan bisnis Anda.

Dashboard Menampilkan Data Visual

Dengan menggunakan sistem CRM, Anda tidak perlu lagi memasukkan data secara manual, mengidentifikasi data penting, atau membuat grafik. Karena CRM akan melakukan semuanya untuk Anda. Setiap pengguna CRM dapat mengatur dashboard agar menampilkan data yang paling penting bagi bisnis Anda.

Dapat Menjangkau Konsumen Secara Personal

Sistem CRM memiliki konten dinamis dan automasi pesan. Anda dapat mengelompokkan konsumen dengan ketertarikan yang sama, kemudian melalui bantuan CRM Anda dapat mengirimkan pesan kampanye yang sesuai. Anda tentuk memiliki kesempatan untuk menjangkau konsumen secara spesifik dan mendorong konsumen untuk berinteraksi.

Itu tadi manfaat CRM yang bisa Anda dapatkan. Jika Anda membutuhkan konsultasi bisnis dalam bidang digital. Anda dapat menghubungi A-Creative yang mempunyai layanan digital marketing berkualitas dan tentunya dengan biaya yang terjangkau. Mari kembangkan bisnis Anda bersama A-Creative!

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.