fbpx

Cara Mudah Menemukan Long Tail Keyword

long tail keyword

Penggunaan kata kunci selalu penting dalam strategi SEO. Namun, seiring ketat dan kerasnya persaingan dipilihlah kata kunci yang lebih spesifik yang memiliki tingkat persaingan lebih rendah. Kata kunci yang lebih spesifik biasa mengandung kata yang lebih panjang hingga lazim disebut sebagai long tail keyword.

Apa itu Long Tail Keyword?

Long tail keyword adalah kata kunci yang tersusun atas tiga kata atau lebih. Ini adalah kata kunci yang digunakan untuk yang membuat pencarian lebih spesifik. Misalnya, seseorang yang membutuhkan sepatu lari memiliki kemungkinan besar akan mengetikan kata kunci “beli sepatu lari ringan” dibandingkan dengan “beli sepatu” pada mesin pencari.

Hasil pencarian dari kata kunci “beli sepatu” sangat luas dan akan mencakup semua jenis sepatu. Di sisi lain, frasa yang lebih panjang dan lebih spesifik akan menghasilkan hasil yang lebih relevan bagi pengguna. Kata kunci jenis ini dapat digunakan untuk membidik audiens secara lebih tertarget karena kemampuannya untuk memberikan hasil pencarian yang akurat.

Bagaimana Cara Mencari Long Tail Keyword?

tips menentukan long tail keyword

Google Auto Suggest

Google memiliki berbagai sumber daya gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari kata kunci, namun sejauh ini untuk pencarian kata kunci panjang Google Auto Sugest merupakan yang termudah. Mulailah dengan memasukkan kata kunci sesuai niche situs atau bisnis Anda atau kemungkinan pelanggan berbicara tentang produk atau layanan Anda.

Selanjutnya, ketik setiap kata ke dalam kotak pencarian Google dan perhatikan saran otomatis. Saran yang muncul akan menampilkan istilah pencarian paling populer yang menggunakan kata kunci awal yang Anda masukkan.

Ubersuggest

Ubersuggest merupakan situs penyedia layanan analisa situs dimana Anda akan melihat statistik seperti volume pencarian, tingkat kesulitan pencarian, dan perbandingan tingkat kesulitan organik dengan tingkat kesulitan jika Anda beriklan. Anda juga dapat menemukan ide kata kunci lain untuk Anda sertakan dalam artikel Anda. Menyertakan ide kata kunci tambahan akan membantu mesin pencari menemukan dan mereferensikan artikel Anda.

Ahrefs

Serupa dengan Ubersuggest, situs Ahrefs juga menyediakan tools yang dapat Anda gunakan secara gratis untuk riset keyword. Ketika Anda memasukkan satu atau dua kata pada kolom pencarian keyword, maka Anda akan diberikan beberapa referensi long tail keyword atau keyword panjang. Nah, jika Anda menemukan keyword yang relevan dengan keyword yang Anda butuhkan sehingga bisa digunakan dalam pembuatan konten berkualitas.

Pada intinya semua cara untuk menemukan long tail keyword di atas bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan profesional tentang kata kunci dan semua hal tentang SEO, Anda bisa menggunakan layanan A-Creative yang selalu menawarkan harga bersaing dengan kualitas yang terbukti mumpuni.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. Get your Rp 1.000.000 cashback here:

Promotion valid until 31 May 2022

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.