fbpx

Lamaran Kerja Ditolak, Ini Tips Menghadapinya

lamaran kerja ditolak
Rejected Resume

Mendapatkan sebuah pekerjaan saat ini bukan lah sesuatu yang mudah. Terlebih lagi semakin hari semain banyak dan semakin ketat persaingan dalam mencari pekerjaan. Tak jarang rasa sedih bercampur dengan kecewa dirasakan oleh para pelamar yang harus merasakan lamaran kerja ditolak recuiter. Apalagi jika sudah melewati tahap wawancara untuk pekerjaan impian.

Anda boleh bersedih tapi jangan sampai frustasi apalagi berakhir depresi karena masih menganggur. Jangan biarkan diri Anda terlalu larut dalam kesedihan sehingga peluang-peluang yang ada di depan mata pun tidak terlihat. Ketika Anda ditolak oleh recruiter, Anda harus segera mengatasi kekecewaan tersebut. Berikut ini tips untuk evaluasi diri ketika Anda ditolak oleh recruiter.

1. Jangan Salahkan Diri Sendiri

Memang sangat manusiawi jika sebuah kegagalan itu memanglah sulit untuk dilupakan. Jangan salahkan diri Anda sendiri karena ditolak oleh recruiter. Menolak sebuah kenyataan bahwa Anda ditolak bukan cara terbaik untuk menghadapinya. Jika lamaran Anda ditolak mungkin ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Salah satunya mungkin karena Anda terlambat mengirimkan lamaran sehingga tidak sempat terbaca atau karena memang kualifikasi yang dibutuhkan tidak cocok dengan Anda. Sabarlah sedikit untuk mempelajari kesalahan, karir yang tepat akan datang di waktu yang tepat.

2. Evaluasi

Ada beberapa ahli yang mengatakan bahwa mempertanyakan mengapa Anda ditolak adalah tindakan yang sangat tidak dianjurkan. Akan tetapi, beberpa ahli lainnya mengatakan bahwa hal tersebut sah-sah saja dilakukan agar Anda dapat mengetahui di mana letak kesalahan Anda sebenarnya.

Untuk mengetahui kesalahan, Anda bisa mencobanya dengan menanyakan ke HRD perusahaan lewat email, terlepas dari apakah pertanyaan Anda akan dijawab atau tidak. Akan tetapi, jika HRD menolak untuk memberikan komentar atau membalas email, Anda bisa melakuka evaluasi diri sendiri.

Evaluasi diri bisa Anda lakukan mulai dari mengecek penulisan CV, apakah cara penulisan CV Anda sudah benar atau tidak. Lalu, cara berpakaian Anda ketika wawancara atau jawaban Anda saat menjawab pertanyaan dari recruiter. Sebelum Anda melamar ke suatu perusahaan, pastikan juga kualifikasi yang mereka minta sesuai dengan kualifikasi yang ada pada diri Anda. Karena jika tidak sesuai dengan kualifikasi yang mereka minta, Anda bisa langsung ditolak.

3. Fokuskan Diri Kembali

Jangan bersedih lama-lama, sayang sekali waktu Anda habis hanya untuk menyesal karena ditolak sebuah perusahaan. Perasaan kecewa dan sedih memang sangat wajar, tapi segera bangkit dan fokuslah kembali pada suatu hal yang dapat membesarkan hati Anda. Lakukan evaluasi kembali, apakah Anda benar-benar cocok dan sesuai dengan kualifikasi. Sehingga Anda akan tahu sebenarnya apa potensi terbesar yang ada di diri Anda dan cari pekerjaan yang sesuai dengan potensi Anda tersebut.

4. Sibukkan Diri

Seiring memikirkan kegagalan akan timbul depresi dan waktu luang Anda semakin banyak yang tersia-siakan. Tips terbaiknya adalah sibukkan diri Anda dengan hal-hal yang bermanfaat seperi menggali lagi potensi yang ada di dalam diri Anda, mengikuri acara-acara sosial, atau bahkan Anda bisa bekerja freelance atau magang di bidang yang Anda inginkan. Dengan begitu rasa sedih dan kecewa Anda tidak akan terpikirkan lagi.

Baca Juga: Lakukan Hal Ini Untuk Membangun Rasa Percaya Diri di Kantor Baru

Demikanlah beberapa tips evaluasi diri ketika ditolak recruiter. Sedih dan kecewa boleh, tapi Anda harus segera bangkit agar segera mendapatkan pekerjaan yang diimpikan. Terus semangat!

Tips menulis kunjungi A-Writing

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.