fbpx

Konten Marketing Harus Disiplin, Bagaimana Mengelola Waktunya?

Memproduksi konten marketing memang berat. Anda harus terbiasa dengan cara bekerja fast-paced yang menuntut ketepatan dan hasil berkualitas setiap harinya. Content marketing adalah setiap isi dari marketing mulai dari copywriting hingga desain setiap harinya. Di sisi lain, content marketing terdiri dari banyak elemen yang harus sesuai dengan perkembangan trend berita terbaru.

Belum lagi ada tools baru yang harus Anda pelajari untuk memudahkan Anda dalam mencapai target. Serta belajar berbagai macam panduan dan topik yang relevan dengan tugas pekerjaan Anda.

Cukup berat, bukan?

Anda akan terasa sangat mudah untuk kewalahan dengan semua tuntutan serta aktivitas yang dilakukan. Jika Anda mempunyai target harian untuk membuat konten marketing yang berkualitas, tentunya Anda harus memasang kefokusan terlepas dari kegiatan selainnya.

Berikut adalah tips pengelolaan waktu sebagai seorang digital marketer yang dapat membantu bekerja Anda lebih efektif serta efisien setiap harinya.

Membuat Schedule Konten

konten marketing

Adanya jadwal konten yang jelas dan juga tertata dapat membantu Anda untuk menentukan konten yang akan dibuat dalam setiap harinya.

Anda dapat membuat jadwal konten secara berkala: dalam jangka waktu 1 minggu, 2 minggu, ataupun 1 bulan.

Untuk membuat schedule yang detil, Anda harus mencantumkan hal-hal di bawah ini.

Tujuan Konten Marketing

Tujuan sangat membantu Anda untuk menentukan apa yang akan Anda tulis atau desain.

Ada beberapa jenis tujuan dalam membuat konten secara umum, yakni:

  • Awareness – memberitahu adanya produk  Anda kepada para calon pembeli
  • Interest – membuat calon pembeli tertarik pada produk Anda
  • Desire – meningkatkan potensi calon pembeli untuk membeli produk
  • Action – memudahkan calon pembeli untuk melakukan pembelian

Jika tujuan konten yang akan Anda buat sudah jelas, Anda dapat menyusun tema atau topik yang sesuai dengan pencapaian target tersebut.

Tema Konten Marketing

Anda tidak mungkin meng-upload konten yang sama setiap harinya. Konten harus berbeda untuk menarik perhatian pelanggan.

Sisi ketertarikan tersebut bisa Anda buat dari menyajikan konten berisi pengetahuan tentang produk. Anda harus me-list tema-tema yang dapat mendukung mencapai target.

Selain tema, tipe konten yang akan Anda buat juga perlu ditentukan. Sesuaikan dengan platform yang Anda pilih untuk meng-upload konten tersebut. Apakah berupa foto atau video. Jika berupa foto, apakah hanya 1 foto, atau tipe konten carousell. Jika video, durasinya juga perlu diperhitungkan.

Semakin detil Anda menyusun planning, semakin membuat Anda tidak kebingungan dalam melaksanakan eksekusinya.

Jadwal Upload Konten Marketing

Anda tidak bisa meng-upload konten sesuka hati Anda jika ingin konten tersebut banyak dilihat oleh pasar Anda.

Dengan berbagai macam tools analisis di masing-masing platform, Anda dapat melakukan analisis untuk menentukan jam prime time target pasar Anda. Jam upload juga menjadi salah satu hal yang krusial jika ingin produk Anda berkembang. Sehingga, Anda harus menyesuaikannya dengan pasar Anda.

Anda bisa saja meng-upload konten setiap harinya di waktu yang berbeda-beda. Jika Anda telah melakukan riset terlebih dahulu dan mencantumkan jadwal upload, hal tersebut akan meminimalisir potensi lupa.

25 Menit Bekerja dengan Teknik Pomodoro

Anda akan lebih produktif jika Anda mengalokasikan sebagian waktu tertentu untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan.

Tidak perlu membutuhkan waktu yang lama, cukup 25 menit untuk menyelesaikan suatu pekerjaan secara bertahap. Trik ini dikenal dengan teknik pomodoro yang telah dipopulerkan sejak akhir 1980-an oleh Francesco Cirillo.

Jika menggunakan teknik ini, Anda hanya perlu untuk mengatur waktu dengan interval 25 menit yang dipisahkan oleh istirahat pendek, biasanya 5-7 menit.

Ketika Anda menggunakan teknik ini secara berkala, tak terasa pekerjaan tersebut akan selesai. Karena Anda dituntut untuk ‘hanya fokus selama 25 menit’ setiap jedanya. Adanya limitasi waktu tersebut akan membuat Anda hanya fokus pada satu hal saja, yakni pekerjaan Anda.

Teknik ini juga merupakan lawan dari multitasking. Para ilmuwan telah membuktikan bahwa otak manusia akan bekerja secara maksimal jika berfokus hanya pada satu hal dan pada satu waktu.

Inilah tahapan untuk menggunakan teknik pomodoro dalam bekerja:

  • Tentukan target pekerjaan yang akan Anda lakukan (memilih tema konten, membuat konten, melakukan analisis pasar, dll);
  • Hilangkan distraksi (handphone, tablet, TV, dll) yang ada di sekitar Anda untuk memaksimalkan waktu bekerja;
  • Pasang timer dengan waktu 25 menit dan mulai bekerja;
  • Istirahat selama 5 menit setelah waktu habis. Ulangi kembali.

Dua tips di atas akan membantu Anda dalam membuat konten marketing yang berkualitas.

Perencanaan konten mengarahkan Anda untuk membuat atau meng-upload konten, dan teknik pomodoro menolong dengan memaksimalkan jam bekerja. Ketika Anda menerapkan kedua tips tersebut, Anda dapat mengatasi masalah dalam mengelola waktu untuk konten marketing.

Apakah Anda merasa terbantu dengan artikel ini? Baca lebih banyak tips dan trik lainnya dalam hal self-development untuk membantu Anda dalam membuat konten di a-creative.id.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.