fbpx

Mengenal Keyword Stuffing, Sebaiknya Dihindari!

Apa Itu Keyword stuffing

Dalam menulis untuk kepentingan SEO, mungkin sesekali Anda tergoda untuk mencoba mengakali sistem dengan melakukan keyword stuffing  untuk menipu Google agar diberi peringkat lebih tinggi dalam pencarian. Tapi sayangnya Google jauh lebih pintar dari yang Anda pikirkan, mereka bakal mendeteksi sebuah artikel yang memasukan terlalu banyak keyword yang menjadikan artikel tak relevan dan menganggapnya sebagai spam.

Cara seperti ini mungkin berhasil pada masa lalu namun di masa kini cara ini dapat menurunkan peringkat Anda secara dramatis, atau bahkan membuat situs Anda dihapus dari halaman pencaarian. Menakutkan kan? Jika masih bingung mengapa cara ini tak disukai oleh mesin pencari, simaklah pembahasan di bawah ini.

Apa itu Keyword Stuffing?

Keyword Stuffing adalah proses menjejali artikel dengan kata kunci tertentu baik yang terlihat atau tersembunyi bagi pembaca dalam upaya untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi. Misal Anda menargetkan kata kunci “sepatu lari berkualitas” maka berikut ini adalah conton penerapan metode keyword stuffing :

“Jika Anda mencari sepatu lari berkualitas, kami menawarkan produk berupa sepatu lari berkualitas untuk kebutuhan olahraga harian Anda. Dengan sepatu lari berkualitas buatan kami, Anda akan mendapatkan pengalaman lari yang menyenangkan dan terhindar dari cedera.”

Mengapa Keyword Stuffing Perlu Dihindari?

Alasan paling jelas mengapa keyword stuffing bermasalah adalah karena memberikan pengalaman buruk bagi pembaca Anda. Anda bisa lihat pada contoh diatas, tak seorang pun ingin membaca konten yang penuh dengan kata-kata berulang yang tidak relevan. Konten harus bertujuan untuk menjawab pertanyaan dan melibatkan audiens, maka ketika Anda menjejali artikel dengan kata kunci yang sama berulang-ulang, jelas itu tidak memenuhi tujuan dasar dari sebuah konten SEO.

Pembaca tidak akan puas dan cenderung meninggalkan situs web Anda dengan cepat, meningkatkan bounce rate dan pada akhirnya membuat orang menjauh dari bisnis Anda. Google sendiri sangat  membenci cara ini dan secara tegas menghukum situs yang terdeteksi menggunakannya.

Cara Menghindari Keyword Stuffing

cara atasi keyword stuffing

Berikut cara menghindari salah satu kesalahan SEO yang masih umum dilakukan ini dan menggunakan pengoptimalan kata kunci secara efektif:

Fokus Pada Satu Kata Kunci Utama Dan Beberapa Kata Kunci Sekunder

Setiap halaman atau artikel di situs Anda harus memiliki satu kata kunci utama yang coba ditargetkan yang cocok dengan maksud pencarian pengguna. Idealnya, kata kunci utama Anda harus menjadi istilah pencarian populer yang ingin Anda targetkan. Keyword destiny atau sebaran kata kunci yang disarankan oleh banyak pakar SEO adalah sekitar 0,5 hingga 3% dari jumlah keseluruhan kata.

Anda juga dapat memasukan sekitar dua hingga lima kata kunci sekunder yang relevan dengan kata kunci utama. Kata kunci tersebut bisa berupa variasi long tail keyword, sinonim, atau lainnya dan dapat digunakan beberapa kali sebagai pengganti kata kunci utama Anda.

Tulis Konten Yang Informatif

Ini adlah hal yang mendasar, namun sering diabaikan karena banyak pembuat konten lebih fokus pada pengoptimalan SEO. Anda harus melakukan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan pengguna, mengantisipasi pertanyaan apa yang ingin mereka jawab, dan memberikan fakta dan data yang akurat. Sederhananya, tulis apa yang ingin Anda baca.

baca juga : Mengenal Content Marketing Matrix dan Strateginya

Masukan Kata Kunci Secara Alami

Untuk membuat konten berkualitas tinggi, pastikan kata kunci yang ingin Anda targetkan mengalir secara alami di dalam tulisan Anda. Beberapa tempat yang disarankan sebagai tempat kata kunci utama adalah judul, sub judul, paragraf pembuka, paragraf penutup, meta description dan alt text gambar.

Sangat jelas bahwa keyword stuffing merupakan metode usang yang tidak menguntungkan siapa pun, baik pengunjung maupun peringkat pencarian Anda. Namun, untuk bisa menjangkau audiens secara maksimal, Anda membutuhkan sesuatu yang lebih dari sekadar menghindari metode tersebut. A-Creative  dapat membantu Anda dengan menyediakan semua hal yang Anda butuhkan untuk membangun audiens dengan jaminan kualitas kelas satu.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. Get your Rp 1.000.000 cashback here:

Promotion valid until 31 May 2022

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.