fbpx

Keuntungan Double Degree Bikin Karir Melejit

keuntungan double degree

Double degree adalah program untuk menempuh perkuliahan dengan mendapatkan dua gelar akademis sekaligus pada satu periode studi. Tentunya ini terdengar menggiurkan bukan? lalu apa saja keuntungan double degree yang akan didapatkan? Berikut penjelasannya.

Photo by Joshua Mcknight

Memiliki latar belakang pendidikan tertentu bisa membuka peluang lebih besar bagi kamu untuk mendapatkan pekerjaan impian dan membangun karier.  Para lulusan dari program double degree menjadi salah satu yang dimaksud.

Gelar yang didapatkan bisa didapatkan dalam program ini antara lain:

  1. Dua gelar strata-1 (bachelor degree).
  2. Gelar strata-1 (bachelor degree) dan strata-2 (master/graduate degree)
  3. Dua gelar strata-2 (master degree).

Fokus studi dan gelar yang bisa didapat melalui program double degree juga beragam. Namun, biasanya fokus studi program double degree masih beririsan antara satu dengan yang lain.

Misalnya, fokus studi ilmu komunikasi dan fokus studi marketing. Contoh lainnya, fokus studi IT dan fokus studi bisnis. Untuk jenis strata gelar yang akan didapatkan dan fokus studi yang bisa dipilih akan sangat bergantung dengan kebijakan universitas penyelenggara.

Beberapa program double degree juga ada yang terkoneksi dengan universitas lain. Di Indonesia sendiri, ada sejumlah universitas penyelenggara program double degree yang bekerja sama dengan universitas mancanegara. Nah, kalau tertarik melanjutkan studi melalui program ini, pastikan universitas yang kamu tuju bisa mengakomodasi minat dan goals yang ingin kamu capai.

5 Keuntungan Double Degree ketika Berada di Dunia Kerja

Berikut penjelelasan terkait keuntungan double degree:

1. Memiliki pengetahuan dan keterampilan yang luas

Manfaat double degree akan mulai dirasakan ketika mulai melamar pekerjaan. Disebutkan bahwa, kandidat yang memegang double degree akan dinilai perusahaan memiliki skill dan keilmuan yang luas dan mendalam ketimbang pemegang gelar tunggal. Jadi, potensi untuk mendapatkan tawaran pekerjaan dari perusahaan terbilang cukup besar, nih.

2.  Dua gelar menjadi tanda produktivitas

Dua gelar yang dimiliki menjadi keuntungan double degree selanjutnya. Dalam melakukan rekrutmen, sebenarnya perusahaan cukup terbatas untuk mengakses kapabilitas para kandidatnya. Maka dari itu, mereka akan melihat CV dan Resume dari kandidat.

Perusahaan yang melakukan hiring akan menilai dua gelar yang dimiliki oleh kandidat lulusan double degree sebagai tanda produktivitas mereka. Sebagai tambahan, perusahaan nantinya juga akan melakukan serangkaian tes, seperti psikotes dan tes teknikal untuk memperkaya penilaian kapabilitas para kandidat.

3. Menguasai bahasa asing

Beberapa universitas ada yang menjalin kemitraan dengan universitas yang ada di negara lain untuk menjalankan program double degree-nya. Mengikuti program kuliah seperti ini tentu menjadi kesempatan besar untuk mempelajari bahasa asing. Jadi, tidak mengherankan jika cukup banyak kandidat lulusan program double degree semacam ini yang fasih berbahasa asing.

Memiliki kemampuan bahasa asing, terlebih cakap dalam menulis dan berbicara di situasi bisnis, akan menjadi nilai yang cukup tinggi di mata employer. Hal ini juga akan menjadi modal yang cukup kuat untuk membangun karier.

4. Peluang berkarier di perusahaan multinasional

Dengan kefasihan berbahasa asing, tentu hal ini akan memudahkan para lulusan program double degree untuk berkarier di perusahan multinasional. Terlebih lagi, jika kandidat tersebut dulunya mengambil fokus studi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan yang sedang dilamar.

5. Berpeluang mencari pengalaman dan bekerja di luar negeri

Beberapa program double degree ada yang menganjurkan mahasiswa mereka untuk menetap sementara di negara dari universitas asing yang menjadi mitra program double degree. Kesempatan ini bisa menjadi pijakan awal bagi para mahasiswa aktif untuk membangun koneksi di luar negeri.

Dari situ, kamu bisa mengumpulkan informasi mengenai persyaratan apa saja yang dibutuhkan jika kamu tertarik untuk bekerja di sana. Di sisi lain, sejumlah program double degree ada yang menganjurkan mahasiswa untuk magang ketika menjalankan studi di luar negeri. Melansir top univ hal semacam itu dilakukan oleh salah satu universitas asal Milan, Italia, IULM.

Mahasiswa IULM yang menjalankan program double degree dengan fokus studi hospitality and tourism management akan diikutsertakan dalam program magang selama 12 bulan ketika masa studi di Amerika.

Baca juga: Personal Branding LinkedIn, Cek Tipsnya Yuk!

Demikian informasi seputar keuntungan double degree, semoga bermanfaat bagi Anda. Baca lebih banyak artikel seputar pengembangan karir di blog A-Creative yuk!

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.