fbpx

Kerja WFA Seperti Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Kerja WFA

Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan teknologi telah mendorong pergeseran budaya kerja. Karena kebutuhan tertentu, bisnis dituntut menemukan solusi dari gaya hidup yang lebih fleksibel. Munculnya kerja WFA atau work from anywhere merupakan jawaban dari berbagai kebutuhan bisnis tersebut.

WFA menghadirkan peluang baru bagi bisnis dan individu, yang tidak dapat diabaikan. Namun, apakah budaya kerja baru ini memiliki lebih banyak sisi positif daripada  negatifnya? Dalam artikel ini kami mencoba merangkum beberapa keuntungan dan kekurangan dari WFA.

Kerja WFA

Apa itu Kerja WFA ?

Kerja WFA atau work from anywhere adalah pekerjaan yang tidak dilakukan di kantor, namun dari mana saja. Bekerja dari mana saja bisa berarti bekerja dari rumah, kedai kopi, bandara, atau bahkan di pinggir pantai.

Bekerja secara WFA memberi karyawan dan pemilik bisnis fleksibilitas yang memungkinkan mereka dapat memilih tempat yang tepat untuk melakukan sebuah pekerjaan. Strategi ini bertujuan untuk memaksimalkan produktivitas dan kekompakan tim.

Kelebihan WFA

Ada banyak manfaat dari kerja WFA, beberapa diantaranya adalah :

Menawarkan Fleksibilitas

Bekerja secara WFA memungkinkan karyawan untuk bekerja kapan saja dan di mana saja yang mereka inginkan. Ini adalah keuntungan besar bagi banyak orang yang merasa tidak punya waktu untuk mengurus tanggung jawab penting lainnya ketika mereka harus tetap berada di kantor seharian penuh.

Hemat Biaya

Baik untuk sebuah startup, bisnis kecil, atau perusahaan besar, biaya operasional bisnis dapat bertambah dengan cepat. Mulai dari menyewa ruang kantor hingga berinvestasi untuk semua perabotnya adalah sebuah hal yang tidak bisa dibilang murah.

Maka, kerja WFA hadir untuk menghemat biaya baik bagi pemilik bisnis maupun bagi karyawan. Bagi para karyawan, mereka dapat menghemat biaya yang dikeluarkan untuk bekerja secara kantoran seperti biaya transportasi, parkir, makan siang, bahkan kontrakan.

Peningkatan Produktivitas

Peningkatan produktivitas adalah salah satu manfaat utama dari kerja secara WFA. Karyawan memiliki kebebasan memilih tempat kerja sesuai dengan keinginan mereka. Fleksibilitas ini membuat mereka merasa lebih maksimal, yang pada akhirnya meningkatkan produktivitas.

Work-Life Balance

Dengan WFA, tak ada lagi waktu yang terbuang untuk perjalanan dari dan ke kantor. Hal itu memberi karyawan waktu luang ekstra yang dapat dihabiskan bersama keluarga atau teman, menikmati hobi, atau mengejar peluang lain.

Secara singkat, pekerjaan yang fleksibel menghasilkan kesejahteraan dan kesehatan mental yang lebih baik, mengurangi tingkat ketidakhadiran, dan mengurangi stres. Hal itu mendorong karyawan dapat memberikan yang terbaik bagi perusahaan untuk kemudian dapat menikmati kehidupan mereka dengan santai.

Kekurangan WFA

Terlepas dari semua kelebihannya, tidak semuanya orang menganggap WFA menyenangkan. Ada serangkaian tantangan yang harus dihadapi baik oleh karyawan dan pemilik bisnis. Beberapa dari tantangan tersebut, antara lain :

Kesulitan Komunikasi

Pekerjaan yang membutuhkan kolaborasi banyak karyawan akan lebih sulit dilakukan dari jarak jauh. Jelas ini tidak seperti jika dilakukan di kantor, di mana karyawan dapat dengan mudah bertukar pikiran, berinteraksi, dan berkolaborasi secara langsung.

Potensi Isolasi

Salah satu kekhawatiran utama yang dimiliki orang-orang yang mendapat tawaran kerja WFA adalah bahwa mereka dapat merasa terisolasi. Bekerja dari mana saja berarti Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda di depan layar. Kurangnya interaksi secara langsung dapat menyebabkan perasaan terisolasi dan kesepian.

Kompetisi Tinggi

Di masa lalu, pemilihan karyawan sangat tergantung pada lokasi kantor. Dalam kerja WFA, lokasi menjadi hal yang tidak penting. Bagi karyawan, itu berarti Anda akan bersaing dengan karyawan lain dalam skala nasional bahkan global.

Demikianlah penjelasan mengenai kerja WFA serta kelebihan dan kekurangannya. Jika mampu mengatasi beberapa kekurangannya, bekerja secara WFA dapat memberikan dampak positif bagi karyawan dan meningkatkan perkembangan bisnis secara signifikan. Temukan A-Creative di Instagram untuk mendapatkan info terbaru seputar dunia digital marketing.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.