fbpx

Jurus Jitu Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis

Kemampuan berpikir kritis atau critical thinking adalah softskill yang sangat dibutuhkan, terutama dalam dunia kerja. Berpikir kritis berati memiliki kemampuan untuk mengalisis, memahami dan memproses suatu informasi untuk menyelesaikan masalah.

Manfaat berpikir kritis adalah membantu mengambil keputusan lebih cermat dan lebih mudah mengekspresikan diri. Hal yang tak kalah penting, berpikir kritis akan membantu Anda dalam menciptakan komunikasi yang baik.

Seiring waktu dan banyaknya pengalaman kemampuan berpikir kritis bisa meningkat. Tentunya, kemampuan berpikir kritis akan semakin baik jika dikembangkan secara tepat.

Bagaimana cara mengembangkan kemampuan berpikir kritis?

Bertanya

Cara mengembangkan kemampuan berpikir kritis yaitu dengan rasa ingin tahu Anda. Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan dasar kepada diri Anda atau orang lain. Misalnya, ketika Anda dihadapkan dalam suatu masalah yang baru dan Anda tidak yakin bagaimana cara menanggapinya.

Gunakan prinsip 5W1H untuk bertanya. Pertama, tanyakan pada diri sendiri terkait masalah tersebut. Jika Anda merasa butuh pendapat atau bantuan dari orang lain, tanyakan pada orang yang Anda rasa lebih memahami hal tersebut.

Menjadi Pendengar yang Aktif

Menjadi pendengar yang baik saja belum cukup untuk meningkatkan skill berpikir kritis. Anda perlu menjadi pendengar yang aktif. Fokus mendengarkan ketika seseorang sedang memberikan informasi, ide atau pendapat.

Menjadi pendengar aktif akan membantu Anda memahami cara berpikir dari sudut pandang orang lain. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menciptakan perbincangan yang produktif dengan lawan bicara Anda.

Menjadikan Pengalaman sebagai Pelajaran

Baik di dunia kerja, lingkungan pendidikan atau hidup bermasyarakat pastinya banyak pengalaman yang Anda dapatkan. Simpan pengalaman-pengalaman Anda sebagai pembelajaran untuk menghadapi hari esok.

Beberapa kejadian yang mirip bisa saja terjadi beberapa kali. Jika Anda pernah mengalami hal serupa dan paham cara menghadapinya, selanjutnya akan lebih mudah. Berpikir kritis berarti menggabungkan antara pengalaman di masa lalu dengan fakta yang saat ini Anda hadapi.

Berpikir ke Depan

Terkadang dalam suatu keadaan kita dihadapkan dengan beberapa pilihan. Perlu keterampilan dalam berpikir agar Anda tidak perlu menyesali pilihan yang Anda pilih saat itu. Dalam mengambil sebuah keputusan, tentu ada risiko dan konsekuensi yang mungkin terjadi. Pikirkan segala kemungkinannya sebelum menentukan langkah Anda.

Jika Anda sudah memprediksi apa risiko dari keputusan yang Anda ambil, Anda akan lebih siap menghadapi dampaknya. Anda juga bisa lebih mudah menentukan pilihan yang tepat dengan meminimalisir risiko yang mungkin terjadi.

Berpikir kritis sangat diperlukan dalam perkembangan karier di dunia kerja. Sebagai pekerja yang kompeten Anda harus selalu mengembangkan skill berpikir kritis Anda.

Manfaat berpikir kritis dalam dunia kerja antara lain:

  • Meningkatkan kemampuan adaptasi dalam lingkungan kerja yang baru. Skill ini tentu sangat dibutuhkan oleh siapa pun, terutama fresh graduate yang baru terjun dalam dunia kerja.
  • Meningkatkan kemampuan berbahasa dengan baik. Kemampuan berbahasa sangat penting dalam membentuk komunikasi dua arah yang baik. Dalam dunia kerja, kemampuan berbahasa bisa diterapkan ketika Anda mempresentasikan ide Anda.
  • Meningkatkan kreatifitas dalam dunia kerja. Hal ini sangat penting untuk menjadikan Anda seorang pegawai yang kompeten di bidangnya. Anda tidak akan kesulitan dalam menghasilkan ide baru, menyeleksi ide dan memodifikasinya jika dibutuhkan.

Intinya, berpikir kritis sangat berguna untuk pengembangan diri sendiri. Jika Anda ingin sukses dalam dunia kerja, kembangkan cara berpikir kritis Anda. Lebih dari itu, berpikir kritis juga penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ingin jadi digital marketer? pelajari selengkapnya disini

Tips menulis kunjungi agensipenulis.com

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. Get your Rp 1.000.000 cashback here:

Promotion valid until 31 May 2022

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.