fbpx

Kekurangan Diri yang Positif Saat Interview Kerja

kekurangan diri yang positif

Saat interview kerja, Anda mungkin akan dengan mudah panik dan kebingungan ketika dihadapkan pada pertanyaan “Apa kekurangan Anda?”. Terutama jika Anda telah bersiap untuk show off semua keahlian yang Anda miliki. Kemampuan membingkai kekurangan diri yang positif akan dapat dengan mudah membuat Anda lebih menonjol dari pelamar lainnya.

Kunci untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah mempersiapkan diri, caranya dengan mengidentifikasi kelemahan yang memiliki sisi positif. Ini akan menunjukkan bahwa Anda merupakan seseorang yang introspektif dan mampu menjadikan hal negatif menjadi kelebihan.

Dalam artikel ini, kita akan sama-sama melihat beberapa kekurangan diri yang positif untuk menjawab pertanyaan “Apa kekurangan terbesar Anda?” Ikuti hingga akhir karena mungkin beberapa hal berikut ada pada diri Anda, namun tidak Anda sadari sebelumnya.

kekurangan diri yang positif interview

Tidak Cakap Dengan Software Komputer

Ini adalah jawaban yang bagus untuk Anda yang melamar di bidang yang tak berkaitan dengan teknologi informasi. Anda tentu tidak dapat memberikan jawaban ini jika diinterview untuk posisi pekerjaan software engineer dan lainnya.

Untuk pekerjaan yang tidak memerlukan keahlian tersebut, Anda dapat menggunakan jawaban ini untuk menunjukkan kekurangan Anda. Jangan lupa pula untuk memaparkan langkah-langkah yang Anda ambil untuk mengatasi kelemahan tersebut, misalnya mengambil kursus online.

Sulit Berkata Tidak

Beberapa orang mengalami kesulitan untuk menolak memberi bantuan kepada rekan kerja mereka. Meskipun kekurangan ini sebenarnya menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang suka membantu. Namun, sulit berkata tidak akan berdampak negatif pada pekerjaan Anda sendiri.

Nah, jika sulit berkata tidak adalah salah satu kekurangan diri yang positif yang Anda miliki, tunjukkan cara dalam mengatur dan mengelola pekerjaan Anda sendiri. Hal itu akan memastikan bahwa kekurangan Anda tidak berdampak negatif dan menunjukan bahwa Anda memiliki kemampuan multitasking yang baik.

Kurang Percaya Diri

Kurangnya kepercayaan diri merupakan kekurangan umum, terutama jika Anda adalah karyawan baru entry-level. Namun, hal tersebut terkadang mempengaruhi efisiensi dalam memecahkan masalah.

Misalnya, dalam sebuah meeting Anda mungkin merasa tidak percaya diri untuk berbicara. Padahal, Anda memiliki ide yang Anda yakini dapat membantu tim untuk memecahkan masalah. Meskipun bersikap rendah hati tak bisa disalahkan, tapi kepercayaan diri untuk mengemukakan pendapat sangat penting dalam pekerjaan tim.

Jika ini adalah kekurangan diri yang positif yang ingin Anda kemukakan, maka tekankan mengapa Anda mengalami hal itu. Lalu berikan pula cara-cara yang telah Anda praktikkan untuk memupuk kepercayaan diri di tempat kerja.

Kesulitan Meminta Bantuan

Meminta bantuan adalah sesuatu yang diperlukan ketika Anda tidak memiliki keahlian di bidang tertentu. Mengetahui kapan dan bagaimana meminta bantuan menunjukkan kesadaran diri yang membantu perusahaan mengatasi kemungkinan ketidakefisienan.

Meskipun kemandirian adalah sebuah kelebihan positif, namun meminta bantuan terkadang dapat membuktikan bahwa Anda bisa bekerja dengan tim. Jika Anda memiliki kesulitan tersebut, jelaskan bagaimana itu bermanfaat untuk Anda dan cara Anda belajar meningkatkan keterampilan ini.

Baca juga : Jawaban Saat Interview Kerja Tentang Kekurangan Diri, Begini Tipsnya!

Sulit Menjaga Work Life Balance

Work life balance adalah keseimbangan antara aspek pekerjaan dan kehidupan pribadi. Meskipun hal itu bisa menunjukkan seberapa besar etos kerja Anda, namun itu jelas kekurangan yang bisa membuat Anda mudah stress.

Memantain work life balance dapat membantu Anda menjaga mood, motivasi, kreativitas, dan fokus ketika bekerja. Jika ini adalah kekurangan yang Anda pilih untuk dipresentasikan saat wawancara, jelaskan apa saja yang telah Anda pelajari untuk menyeimbangkan kehidupan dan pekerjaan.

Kunci dari mempresentasikan kekurangan diri yang positif adalah jujur dan tidak berlebihan serta bagaimana cara Anda mengubah situasi tersebut.  Ikuti @acreative.id dan @acreative.course untuk tips dan trik lain seputar self development dan informasi lain dalam bidang digital marketing.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.