fbpx

Jawaban Saat Interview Kerja Tentang Kekurangan Diri, Begini Tipsnya!

Jawaban Saat Interview Kerja

Pernahkah Anda bingung ketika harus membuat jawaban saat interview kerja? Keluhan ini sepertinya umum terjadi. Untuk dapat menjawab semua pertanyaan dari pewawancara kerja dibutuhkan latihan dan ketenangan. Perlu untuk mempersiapkan dengan matang sebelum memulai interview kerja.

Terdapat berbagai pertanyaan yang ditanyakan interviewer ketika interview kerja. Pertanyaan ini bertujuan untuk menyeleksi kandidat dan menggali potensi dan kepribadian kandidat. Sehingga sangat penting bagi kandidat untuk menjawab semua pertanyaan sejujur mungkin.

Salah satu pertanyaan yang cukup krusial adalah mengenai kekurangan diri. Biasanya interviewer akan bertanya mengenai kekurangan apa yang dimiliki kandidat dan bagaimana ia mampu mengatasi kekurangan tersebut agar kekurangan tersebut tidak menghambatnya dalam bekerja.

Tips Dan Contoh Menjawab Pertanyaan Mengenai Kekurangan Diri

Jawaban Saat Interview Kerja Tentang Kekurangan Diri

Untuk dapat memberikan jawaban saat interview kerja mengenai kekurangan diri, penting untuk memperhatikan tips-tips berikut agar dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan yang diharapkan interviewer.

1. Sebutkan Kelemahan yang Tidak Berkaitan dengan Pekerjaan

Pertama Anda harus menganalisis  keterampilan  dan kekuatan  utama yang dibutuhkan untuk posisi  yang Anda lamar, kemudian temukan kekurangan jujur ​​yang tidak penting untuk sukses dalam posisi tersebut. Misalnya sebagai copywriter tidak terlalu penting untuk memahami mengenai angka, maka jawaban yang dapat Anda katakan sebagai berikut.

Saya memiliki kekurangan yang berkaitan dengan angka. Untungnya, sebagai copywriter, saya dapat memfokuskan sebagian besar waktu saya pada proses kreatif menulis. Namun, dalam beberapa tahun terakhir saya mulai membiasakan diri dengan alat analitik digital yang digunakan di berbagai situs web dan aplikasi tempat saya menulis, karena saya menyadari angka-angka ini sangat bermanfaat untuk melakukan analisis digital.

2. Ubah Negatif Menjadi Positif

Kekurangan dalam diri umumnya bersifat negatif, untuk itu buatlah kesan jika kekurangan yang kita miliki merupakan suatu hal yang positif yang dapat mendorong diri untuk terus berkembang. Jangan lupa tunjukkan bahwa Anda memperhatikan kekurangan tersebut dan berusaha mencegah kekurangan tersebut mengganggu produktivitas Anda. Berikut contoh jawabannya :

Saya memiliki perhatian yang sangat kuat terhadap detail. Terkadang, ini bisa berubah menjadi kecenderungan perfeksionisme. Dulu, saya terus memeriksa tiga kali atau lebih setiap item pada spreadsheet, mengoreksi email berkali-kali, atau mengutak-atik tata letak presentasi untuk memastikan bahwa itu sempurna. Kemudian saya menyadari hal ini terlalu memakan banyak waktu saya, sehingga perlahan saya berusaha menakar dengan porsi yang tepat untuk melakukan berbagai pekerjaan tersebut.

3. Jawab Dengan Jujur dan Tidak Berlebihan

Selain untuk mengetahui kekurangan yang dimiliki kandidat, interviewer juga menanyakan mengenai kekurangan diri untuk mengetahui seberapa jujur kandidat terhadap diri sendiri dan orang lain. Kejujuran dan penyampaian yang tidak berlebihan menjadi kunci utamanya. Berikut ini contoh jawaban yang dapat Anda katakan :

Terkadang saya menghabiskan lebih banyak waktu daripada yang diperlukan untuk suatu tugas atau mengerjakan tugas yang dapat dengan mudah didelegasikan kepada orang lain. Meskipun saya tidak pernah melewatkan tenggat waktu, saya  masih terus berusaha untuk mengetahui kapan harus melanjutkan ke tugas berikutnya. Namun,di posisi saya terakhir, saya menerapkan alat manajemen proyek yang memungkinkan saya untuk dengan mudah mengawasi kemajuan semua tugas yang harus saya kerjakan. Hal ini membantu saya merasa jauh lebih nyaman dalam pekerjaan.

baca juga : Jenjang Karir yang Sesuai Bagaimana Menentukannya?

Contoh Kelemahan Lain Sebagai Jawaban Saat Interview Kerja

  1. Pengalaman masih belum mencukupi
  2. Permasalahan akademis ketika di bangku kuliah atau sekolah
  3. Kebiasaan kerja yang Anda khawatirkan mengganggu pekerjaan
  4. Kesulitan dalam berinteraksi dengan rekan kerja
  5. Sering merasa kurang percaya diri

Mempersiapkan interview kerja dapat dilakukan dengan mencari informasi sebanyak mungkin mengenai pertanyaan dan jawaban yang tepat dalam interview kerja. Informasi bermanfaat seputar self development atau tips seputar dunia digital marketing bisa ditemukan lebih banyak lagi di blog a-creative.id. Ikuti kamu di social media @acreative.id dan @acreative.course supaya selalu update seputar dunia digital terkini.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. Get your Rp 1.000.000 cashback here:

Promotion valid until 31 May 2022

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.