fbpx

5 Instagram Hacks Untuk Optimasi Akun Bisnis Anda

Apakah Anda ingin mengembangkan bisnis Anda di Instagram? Barangkali Anda membutuhkan tips Instagram hacks untuk membuat social media marketing Anda berjalan optimal.

Instagram pertama kali berkembang sebagai platform utama untuk berbagai foto. Hingga saat ini, pengguna aktif Instagram mencapai angka lebih dari 1,16 miliar orang yang aktif tiap bulannya.

Setiap harinya, para user menghabiskan waktu sekitar 10 menit di aplikasi dan sebanyak 500 juta pengguna menggunakan fitur story Instagram setiap hari.

Pada saat ini, Instagram telah berkembang menjadi situs berjualan. Tak hanya mengunggah foto, namun para penggunanya juga dapat menjual dan membeli produk kebutuhan melalui Instagram.

Ada banyak bisnis yang berkembang dengan pesat dengan mengantongi jumlah followers yang cukup besar pula karena memakai strategi untuk memasarkan produk mereka di Instagram. Jika Anda mempunyai rencana dan cara yang tepat, bisnis Anda juga dapat bertumbuh dan menjadi merk yang berpengaruh.

Ikutilah tips-tips Instagram hacks berikut untuk mengembangkan bisnis Anda.

Instagram Hacks #1 : Segera Ubah Profil menjadi Akun Bisnis

Akun bisnis mendatangkan banyak manfaat dibandingkan dengan menggunakan akun biasa untuk berjualan.

Ketika Anda memiliki profil bisnis, calon pembeli dapat langsung mengklik tombol kontak di profil untuk menghubungi Anda secara langsung.

Anda juga dapat membuat iklan di Instagram tanpa perlu menggunakan alat periklanan dari Facebook.

Baca Juga: Seberapa Ampuh Instagram Ads Untuk Jualan?

Selain itu, Anda juga dapat mengakses alat analisis Instagram yang disebut dengan Insight untuk memberikan statistik tentang tayangan dan jangkauan postingan Anda. Dengan adanya alat ini, Anda dapat mengetahui sejauh mana produk dan akun Anda dikenali konsumen.

Anda bisa mendapatkan manfaat gratis di atas dengan mengikuti langkah berikut:

  • Di aplikasi Instagram, buka profil Anda.
  • Klik ☰ di pojok kanan atas.
  • Klik Pengaturan > Akun.
  • Klik Beralih ke Akun Profesional atau Beralih ke Akun Bisnis di bagian bawah.
  • Saat diberi opsi antara kreator dan bisnis, klik Bisnis dan Berikutnya.
  • Isi dan review informasi kontak bisnis Anda dan klik Selesai.

Instagram Hacks #2 : Buat Desain Feed Profesional

Feed Instagram atau hal yang Anda posting sangat memengaruhi penilaian calon konsumen sebelum membeli produk Anda.

Untuk dapat membuat desain feed yang profesional dan menarik perhatian pembeli, Anda harus memerhatikan hal-hal berikut:

  • Mengembangkan tema konten

Anda perlu menyiapkan banyak konten feed, minimal satu hari untuk membuat peningkatan di Instagram.

  • Memilih tema warna

Sesuaikan dengan produk atau layanan yang Anda jual. Apakah desain feed yang sesuai cenderung didominasi oleh warna gelap, cerah, warna tertentu, atau warna-warni.

  • Gunakan filter yang sama di semua gambar Anda

Konsistensi merupakan kunci utama dalam menguatkan brand image produk Anda. Anda dapat dengan mudah menggunakan filter untuk diterapkan di seluruh foto yang Anda upload.

Baca Juga: Tips Membuat Desain Feed Instagram Menarik untuk Bisnis Anda

Instagram Hack #3 : Buatlah Story Instagram

Story Instagram berbeda dari posting feed Instagram biasa karena berbentuk dalam format “slideshow”.

Mereka hanya ada selama 24 jam, tetapi story dapat disimpan ke perangkat Anda dan digunakan kembali di lain waktu.

Dengan mengunggah story di Instagram, Anda dapat berinteraksi dengan followers secara langsung. Hal tersebut dapat Anda manfaatkan untuk menjalin hubungan serta membangun koneksi.

Instagram juga memudahkan untuk bereksperimen dengan berbagai jenis konten di fitur Stories, seperti foto, video pendek, video rewind, live video, atau boomerang. Anda dapat menggunakan alat seperti Canva dan InVideo untuk membuat gambar dan video untuk story Instagram Anda.

Instagram Hack #4 : Promosi Produk dengan Reels

Fitur reels baru saja dikenalkan oleh Instagram. Pihak Instagram mendeskripsikan reels sebagai cara baru untuk membuat dan menemukan video pendek yang menghibur.

Anda dapat membuat reels untuk membuat video pendek untuk dibagikan kepada followers dan pengguna Instagram. Anda hanya perlu merekam video, menambahkan audio tertentu, dan efek.

Fitur ini banyak digunakan untuk mempromosikan barang karena dinilai cukup efektif. Melalui video reels, calon konsumen dapat melihat secara langsung keadaan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Instagram Hack #5 : Berkolaborasi dengan Influencer untuk Meluaskan Jangkauan

instagram hacks

Jika Anda ingin menjangkau calon pelanggan di Instagram, cara tercepat untuk melakukannya adalah melalui influencer yang telah membangun audiens dengan followers yang banyak.

Lambat laun, semakin banyak orang membeli layanan atau produk berdasarkan apa yang mereka lihat di feed Instagram mereka dari influencer yang mereka ikuti.

Apakah Anda sudah mempunyai gambaran untuk memulai bisnis baru di Instagram?

Dengan menggunakan 5 Instagram Hacks di atas dapat memudahkan Anda untuk mengembangkan bisnis secara cepat serta tepat di platform multifungsi ini.

Setidaknya, Anda sudah harus memulai untuk memikirkan desain feed Instagram, story, serta reels untuk dapat segera mengenalkan produk dan jasa Anda.

Apakah Anda butuh bantuan untuk mewujudkan 5 Instagram hacks tadi? Tenang. Ada Agensi A-Creative yang siap membantu menyelesaikan kebutuhan meningkatkan penjualan Anda. Kami akan membantu Anda membuat desain feed hingga desain Instagram puzzle. Anda juga dapat berkonsultasi dengan kami untuk mengembangkan platform bisnis yang cocok untuk usaha Anda. Kunjungi Instagram kami untuk melihat – lihat!

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.