fbpx

Gunakan Gap Analisis dan Saingi Kompetitor SEO Anda

gap-analisis

Pernahkah Anda mendengar istilah gap analisis? Gap yang akan kita bahas erat kaitannya dengan optimasi SEO (search engine optimization). SEO umumnya digunakan untuk menaikan performa dan traffic website. Selain itu, teknik SEO juga membawa pengaruh cukup besar dalam perkembangan bisnis, khususnya dalam strategi pemasaran digital. Banyak hal yang bisa Anda pelajari dari teknik SEO untuk perkembangan bisnis salah satunya adalah keyword gaps.

Konsep menganalisa gap ini bisa berguna dalam perkembangan suatu bisnis. Gap analisis bisa menjadi salah satu strategi untuk lebih siap bersaing dengan kompetitor bisnis secara online. Mari kita bahas lebih jelas mengenai pengertian dan manfaat Gap analisis!

Apa itu Gap Analisis?

Jika diterjemahkan dalam bahasa gap yaitu celah atau kesenjangan. Gap analisis yaitu menganalisa kesenjangan keyword atau konten yang berhubungan dengan teknik SEO (search engine optimization) dalam optimasi website. Konsep gap ternyata tidak hanya berguna dalam hal teknis seperti meningkatkan performa website saja, tapi juga bermanfaat dalam persaingan bisnis.  

Dengan menganalisa gap ini, Anda bisa lebih mudah mempelajari kompetitor Anda sehingga lebih siap bersaing di pasar bisnis. Caranya adalah dengan mencari dan menemukan gap atau celah antara konten atau kata kunci yang Anda gunakan dan yang digunakan oleh kompetitor. Dari sana Anda bisa menemukan peluang untuk menarik pelanggan secara online dengan lebih efektif dibanding kompetitor.

Bagaimana Cara Melakukan Gap Analisis?

Keyword gap adalah indikator dalam teknik search engine optimization untuk bersaing dengan kompetitor, dalam hal ini adalah website bisnis. Keyword yang dalam website kompetitor namun belum ada di website bisnis Anda bisa dikembangkan menjadi konten yang efektif. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah cara menemukan keyword gap untuk keperluan bisnis.

Kenali Kompetitor Anda

Setiap bisnis pasti punya pesaing di bidang sejenis. Di era digital seperti saat ini Anda bisa mengenali dan menganalisa kompetitor bisnis melalui media internet. Website adalah salah satu media yang punya segudang informasi terkait perkembangan bisnis. Jadi, salah satu cara bersaing dalam pemasaran online adalah dengan membuat website bisnis Anda lebih baik performanya daripada kompetitor.

Buatlah daftar beberapa website kompetitor bisnis Anda yang menurut Anda performanya cukup bagus. Anda bisa mencoba memasukkan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda dan perhatikan beberapa website yang sering muncul dalam hasil pencarian teratas, itulah kompetitor Anda.  

Pelajari Konten Website Kompetitor

Cara kerja gap dengan menganalisa konten dan kata kunci antara website bisnis Anda dan kompetitor. Ya, untuk melakukan analisis gap ini Anda perlu melakukan riset kata kunci dan konten kompetitor, kemudian menganalisis dan mempelajari peluang dari kata kunci tersebut. Kata kunci atau konten harus berkaitan dengan produk atau layanan bisnis Anda, jadi tidak asal menganalisis keyword kompetitor.

Contoh sederhana, Anda punya konten “Cara belanja dengan kartu kredit” dan kompetitor punya konten “cara belanja dengan kartu debit”. Anda melakukan analisis website bisnis Anda dan kompetitor dengan kata kunci “cara belanja”.

Anda menemukan keyword gap yaitu “cara belanja dengan e-money.” Kata kunci tersebutlah yang bisa Anda manfaatkan untuk memperkaya konten website Anda. Kata kunci tersebut belum ada di website kompetitor maka makin besar kesempatan Anda menarik lebih banyak audiens.

Gunakan Tools untuk Menganalisis GAP

Anda memerlukan tools digital agar hasil analisis keyword atau konten gap lebih akurat. Jika hanya sekadar mengira-ngira saja agak sulit dan mungkin hasilnya kurang akurat. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menemukan keyword gap yaitu menganalisa traffic website, peringkat dalam mesin pencari dan analisis kata kunci.

Beberapa tools yang menyediakan fitur gap analisis yaitu Semrush, Alexa dan Ahrefs. Umumnya tools yang efektif untuk mengalisis gap berbayar. Namun, beberapa tools memberikan layanan trial yang bisa Anda manfaatkan sebelum menggunakan versi berbayar.  

Manfaat GAP Analisis

Apakah Anda sudah ada gambaran tentang apa itu gap dan cara menganalisisnya? Dari penjelasan di atas kita bisa menyimpulkan bahwa gap analisis membawa manfaat dalam perkembangan bisnis. Mari simak apa saja manfaatnya!

Menganalisa Performa Website Anda dan Kompetitor

Anda bisa menganalisa performa website bisnis Anda dan membandingkannya dengan website kompetitor. Anda pun lebih mudah memahami konten atau kata kunci apa yang cukup efektif atau perlu Anda eksplore lebih jauh lagi. Mempelajari bisnis kompetitor bukan hal yang salah, justru bisa membawa dampak postitif. Jika dari hasil gap analisis ini Anda merasa bisnis Anda masih memiliki kekurangan di beberapa bagain Anda bisa langsung mengoptimalkannya.

Membantu Menghasilkan Konten yang Baik

Gap analisis membantu Anda untuk mengembangkan lebih banyak ide untuk konten yang bermanfaat bagi audiens. Anda bisa mempelajari konten yang efektif dari hasil analisis gap di website kompetitor. Anda bisa mempelajari lebih dalam siapa saja target konsumen kompetitor.

Dari data keyword gap dan konten gap Anda bisa sedikit banyak menyimpulkan apa kebutuhan audiens Anda. Dari situ Anda bisa menghasilkan konten yang lebih baik dan lebih tepat sasaran. Anda bisa menghadirkan konten yang menjadi kebutuhan audiens Anda sehingga performa website Anda meningkat dan bisnis Anda semakin berkembang.

Membangun Hubungan Lebih Baik dengan Audiens

Dengan menyajikan konten lebih baik untuk audiens berarti Anda telah selangkah lebih maju dalam membangun hubungan baik dengan audiens. Hal ini bisa menjadi cara Anda untuk menarik lebih banyak perhatian dan loyalitas konsumen Anda melalui lebih banyak pilihan konten bermanfaat dan relevan. Semakin banyak pengunjung website bisnis Anda semakin baik untuk meningkatkan performa bisnis.

Gap Analisis merupakan salah satua strategi pemasaran online yang bisa Anda optimalkan untuk meningkatkan peluang Anda dalam persaingan bisnis. Tentu selain ini masih banyak strategi pemasaran yang bermanfaat dan layak Anda coba. Jika Anda sedang fokus dalam menyusun strategi marketing digital, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan kami. A-Creative Digital Marketing Agency siap membantu Anda menyusun strategi marketing yang efektif untuk membuat bisnis Anda sukses dalam dunia digital.  

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. Get your Rp 1.000.000 cashback here:

Promotion valid until 31 May 2022

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.