fbpx

Menulis Artikel SEO yang Benar, Cek Formatnya!

Menulis Artikel SEO
format-menulis-artikel-seo

Menulis artikel SEO tidak cukup hanya sesuai kaidah kepenulisan bahasa Indonesia saja. Namun, Anda perlu memadukan dengan teknik search engine optimization agar artikel tersebut mudah ditemukan mesin pencari dan dibaca banyak pengguna Internet. Mari pahami bagaimana format menulis artikel SEO yang benar!  

Keyword

Format yang paling penting dan utama dalam menulis artikel SEO yang benar adalah keyword. Keyword inilah yang menjadi salah satu penentu bagaimana artikel SEO Anda akan ditemukan oleh pembaca di internet.

Sebagai pengguna internet, ketika Anda mencari suatu informasi Anda akan memasukkan kata kunci. Lalu, mesin pencari akan membantu Anda memilihkan artikel yang sesuai dengan kebutuhan Anda berdasarkan kata kunci tersebut. Inilah pentingnya keyword atau kata kunci dalam artikel SEO. Untuk menemukan kata kunci yang tepat Anda perlu melakukan riset keyword, misalnya dengan Google Trends.

Headline

Headline atau judul sama-sama penting dalam artikel biasa maupun artikel SEO. Namun, dalam menulis artikel SEO headline punya peran lebih besar dari sekadar judul artikel. Headline harus mengandung kata kunci agar dinilai sebagai artikel yang baik oleh mesin pencari. Jadi dalam format menulis artikel SEO jangan mengabaikan headline.

Headline judul disebut juga H1, selain itu ada H2 dan H3 sebagai subheadline atau sub judul yang juga penting untuk meningkatkan kualitas artikel SEO Anda. Pengguna internet menyukai artikel yang mudah dibaca dan dipahami secara cepat. Subheadline ini fungsinya untuk mempermudah pembaca mengetahui poin-poin penting dalam artikel SEO.

Isi Artikel

Mesin pencari Google sangat cerdas memilih artikel yang bermanfaat atau tidak untuk pengguna internet. Maka, isi artikel penting mengandung informasi yang relevan dan sesuai dengan kata kunci dan judul. Supaya Google lebih mudah mengenali artikel Anda sebagai artikel yang berkualitas, maka wajib untuk menyebar kata kunci di dalam isi artikel dengan baik.

Kata kunci harus ada di judul, paragraf pertama, paragraf isi dan paragraf akhir. Isi artikel harus membawa manfaat atau menjadi solusi atas permasalahan target pembaca Anda. Panjang artikel SEO umumnya mulai dari 500-2000 kata tergantung informasi yang ingin disampaikan. Jangan lupa, mengikuti kaidah kepenulisan bahasa Indonesia yang benar agar artikel SEO Anda semakin berkualitas.

Link

Format yang tak terlepas dari artikel SEO adalah link atau tautan. Ada dua jenis link dalam format penulisan artikel SEO yaitu link internal dan eksternal. Link internal berarti link yang menuju ke halaman lain yang masih ada di website Anda. Sedangkan link eksternal adalah link yang menuju ke website lain yang punya reputasi baik. Link internal dan eksternal ini harus relevan dengan topik artikel yang Anda bahas. 

Meta Deskripsi

Format selanjutnya dalam menulis artikel SEO adalah membuat meta deskripsi. Meta deskripsi umumnya tidak lebih dari 160 huruf. Fungsi dari meta deskripsi adalah sebagai ringkasan yang memberikan gambaran kepada calon audiens Anda. Meta deskripsi harus singkat, padat dan menarik agar audiens mau mengklik artikel Anda dan membacanya.

Baca juga : Trik Meningkatkan SEO Tahun 2021: Guestografis

Artikel SEO yang ada di website tentu berbeda dengan artikel-artikel biasanya. Artikel biasa yang Anda temukan di majalah atau koran karena tidak perlu teknik SEO karena pembaca tidak perlu mencari artikel tersebut di mesin pencari. Sedangkan, ketika Anda menulis artikel SEO untuk website tujuannya adalah menaikkan trafik situs tersebut.

Hubungi A-Creative jika Anda butuh jasa penulis artikel SEO profesional untuk membantu meningkatkan trafik website Anda!

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.