fbpx

Digital Fatigue, Ini Ciri dan Cara Mengatasinya

Digital fatigue adalah

Digital fatigue merupakan sebuah kondisi kelelahan mental dan fisik yang disebabkan oleh penggunaan media digital secara berulang dan terus-menerus. Kondisi ini dapat memengaruhi masalah kesehatan fisik dan kesehatan jiwa pada seseorang.

Di masa pandemi ini, banyak pekerjaan yang akhirnya beralih ke dunia digital, semua dikerjakan secara online, bahkan meeting dengan klien pun dilakukan secara online. Hal tersebut menyebabkan paparan terhadap layar laptop atau ponsel menjadi lebih tinggi. Paparan yang tinggi tersebut dapat menyebabkan mata lelah, kulit kering, hingga pusing atau sakit kepala karena menatap layar dalam jangka waktu yang lama. Hal itulah yang disebut sebagai digital fatigue.

Bukan hanya mata lelah, kulit  kering, pusing atau sakit kepala saja, ciri-ciri lain yang menunjukkan bahwa Anda mengalami digital fatigue antara lain:

  • Fisik dan mental Anda merasa sangat lelah di penghujung hari
  • Anda merasa tidak semangat dan mudah bosan melakukan pekerjaan Anda jika berhadapan dengan laptop
  • Anda kehilangan motivasi untuk melakukan pekerjaan
  • Anda jadi sering tidak bisa fokus saat melakukan pekerjaan
  • Anda kesulitan mengerjakan satu tugas saja
  • Leher, punggung, pinggang, dan bahu terasa sangat kaku dan nyeri

Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan supaya terhindar dari digital fatigue:

Beri Kesempatan Diri untuk Beristirahat

cara mengatasi Digital fatigue

Anda perlu mengistirahatkan mata Anda sejenak dari menatap layar, baik itu layar laptop, ponsel, maupun perangkat elektronik lainnya. Alihkan dan istirahatkan mata Anda sekitar 15 menit.

Menetapkan Batas Kemampuan

Anda perlu menetapkan batas kemampuan Anda dalam bekerja. Jangan sampai Anda tetap melakukan pekerjaan di waktu istirahat Anda. Ketika Anda terus-menerus bekerja, maka Anda akan lelah, tidak fokus, dan justru malas melakukan apa pun. Dengan menetapkan batas, Anda bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik di waktu yang cukup.

Melakukan Peregangan pada Tubuh

Ketika mata Anda beristirahat dari layar, sempatkan tubuh Anda melakukan peregangan sederhana. Dengan melakukan peregangan, otot leher, bahu, punggung, dan pinggang Anda bisa menjadi lebih relaks dan tidak kaku lagi.

Sempatkan Tidur dengan Cukup

Jika Anda terlalu sering menatap layar, produksi hormon tidur Anda akan terhambat, dan Anda akan kesulitan untuk tidur. Kurang tidur menjadi penyebab utama dari digital fatigue. Oleh karena itu, Anda harus mengatur waktu yang tepat untuk bekerja dan beristirahat terutama tidur. Pastikan Anda tidak lagi menatap layar gadget satu jam sebelum tidur supaya tidur Anda lebih nyenyak.

Memperbaiki Posisi Duduk saat Bekerja

Supaya leher, bahu, punggung, dan pinggang Anda tidak terasa kaku dan nyeri saat bekerja di depan layar komputer, Anda harus memperbaiki posisi duduk Anda selama bekerja. Pastikan postur duduk Anda tegak dan nyaman. Sebaiknya, Anda menghindari bekerja dengan posisi berbaring atau duduk tanpa sandaran.

Melakukan Digital Detox

Melakukan digital detox artinya Anda membatasi akses Anda ke dunia digital termasuk media sosial, game online, googling, dan lain sebagainya. Riset menunjukkan, dengan mengurangi akses ke media sosial selama 30 menit / hari, akan mengurangi risiko terjadinya depresi.

Jika Anda mengalami ciri-ciri atau tanda-tanda yang menunjukkan bahwa Anda terkena digital fatigue, Anda dapat menerapkan beberapa cara di atas supaya diri Anda menjadi lebih baik dan kembali fokus bekerja.

Anda membutuhkan bantuan dalam pengelolaan bisnis dalam bidang digital, Anda dapat menghubungi A-Creative untuk mendapatkan beragam layanan yang dapat mendukung perkembangan bisnis Anda.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.