fbpx

Tips Membuat Desain Feed Instagram Menarik untuk Bisnis Anda

Artikel ini membahas tentang tips membuat desain feed Instagram aesthetic yang dapat berpengaruh pada perkembangan bisnis Anda di dunia digital. Apabila Anda membutuhkan layanan feed Instagram aesthetic untuk akun Instagram bisnis Anda hubungi kami di link ini!


Instagram adalah aplikasi media sosial yang memungkinkan seseorang memposting foto dan video sebagai kontennya. Instagram dahulu hanya digemari para pecinta fotografi. Seiring berjalannya waktu, Instagram memiliki semakin banyak pengguna dari berbagai latar belakang. Di Instagram ada fitur kamera, tool editor, tag, hashtag, caption hingga bisa berkreasi dengan feed instagram. Desain feed Instagram menjadi penting untuk menarik minat calon followers.

Kini, banyak perusahaan menggunakan Instagram sebagai media pemasaran bisnis. Sebagai media sosial yang mengutamakan konten foto dan gambar, feed instagram mendapat perhatian lebih dari penggunannya. Anda pun dapat membuat desain feed instagram bisnis yang unik dan sesuai dengan identitas bisnis Anda. Feed Instagram aesthetic lebih mudah menarik perhatian followers sehingga lebih mudah menambah jangkauan target konsumen Anda.

Ingin membuat desain feed instagram yang menarik untuk bisnis Anda? Tidak sulit kok, simak tipsnya!

Tentukan Ide dan Sesuaikan dengan Identitas Bisnis

Sebelum menentukan desain feed Instagram bisnis, Anda sebaiknya sudah tahu identitas bisnis Anda. Ide feed Instagram untuk kebutuhan bisnis harus disesuaikan dengan identitas perusahaan yang ingin digambarkan melalui akun Instagram tersebut. Mengapa hal ini penting? Sebab, desain feed untuk Instagram bisnis berbeda dengan akun pribadi. Akun Instagram bisnis harus bisa mempresentasikan bisnis Anda atau menyampaikan pesan dan tujuan bisnis Anda dengan cara menarik.

Ide feed Instagram bisnis bisa berdasarkan keserasian warna pada setiap konten. Misalnya, warna konten menggunakan warna yang serasi dengan warna logo brand atau toko Anda. Anda pun dapat memilih satu warna yang punya filosofi cocok dengan visi misi bisnis atau warna yang cocok dengan target konsumen Anda. Contoh, warna pastel atau minimalis cocok untuk brand fashion anak muda karena kaum milenial saat ini cenderung menyukai hal-hal minimalis.

Tentukan Desain Feeds Instagram Bisnis yang Cocok

Feed Instagram aesthetic dan unik sangat penting untuk menarik perhatian followers. Semakin banyak followers tentu berpengaruh pada perkembangan bisnis Anda. Banyak style atau desain feed Instagram bisnis yang bisa Anda gunakan. Pilihlah desain sesuai dengan karakter bisnis Anda dan karakter target konsumen.

Ada beberapa contoh desain feed Instagram bisnis yang bisa Anda gunakan. Simak sampai habis!

a) Style Minimalis

Tema minimalis memberikan kesan feed Instagram aesthetic namun tetap sederhana. Kunci style minimalis adalah dari pilihan warnanya dan pengambilan foto. Biasanya style minimalis memilih latar belakang polos, style foto sederhana dan kombinasi warna natural.

Style minimalis cenderung netral dan hampir bisa diaplikasikan ke berbagai jenis bisnis. Contoh, bisnis skincare yang bertujuan memberikan kulit yang cerah dan sehat maka sangat cocok dengan desain minimalis dominan warna putih yang clean. Anda bisa memfoto produk skincare dengan alas meja putih atau letakkan produk di dekat jendela dengan tirai putih dan sebagainya.  

b) Color Coordinate

Color coordinate berarti mengatur feed Instagram berdasarkan komposisi warna. Misalnya untuk feed Instagram bertemakan papan catur. Pilihlah lebih dari 1 warna dan maksimal 3 warna untuk membuat feed Instagram color coordinate yang cantik namun tetap elegan.

Contoh, jika Anda punya bisnis produk cokelat maka pilihlah tiga warna yang serasi dan saling melengkapi. Anda bisa memadukan warna putih, cokelat dan krem atau kuning gading. Contoh lain jika Anda punya bisnis menjual barang elektronik maka warna hitam, putih dan abu-abu akan cocok menghiasi desain feed Instagram bisnis Anda.

c) Puzzle Feed Instagram

Feeds Instagram bisa diatur seperti potongan puzzle yang saling terhubung. Membuat style puzzle feed Instagram memerlukan aplikasi untuk mengedit konten gambar atau foto. Beberapa aplikasi editor foto yang bisa digunakan untuk membuat puzzle feed Instagram adalah Canva dan Photoshop.

Style puzzle cocok untuk bisnis fotografi untuk lebih menekankan sisi keindahan dan profesionalitas mengedit foto. Selain itu, style puzzle juga cocok diaplikasi untuk bisnis fashion, kuliner, florist dan lain-lain. Anda tingga sesuaikan desain tersebut dengan bisnis Anda dari pemilihan warnanya.  

Gunakan Aplikasi Editor Foto

Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi editor foto untuk menghasilkan konten Instagram yang menarik. Jika ingin menggunakan aplikasi editor foto gratis, Anda bisa mencoba Snapseed, Canva, Google Photos, Pixlr atau Adobe Lightroom. Aplikasi tersebut juga bisa digunakan pada handphone sehingga lebih memudahkan Anda dalam mengedit konten Instagram.

Siapkan Caption yang Menarik

Selain konten, caption yang menarik adalah penting untuk mengatur feed Instagram bisnis terlihat profesional. Konten sebaiknya disertai caption yang singkat, informatif dan dikemas dengan bahasa menarik. Sebaiknya menggunakan teknik copywriting ketika membuat caption. Jangan lupa, tambahkan hashtag yang tepat. 

Desain feed, konten dan caption saling mendukung untuk meningkatkan engagement Instagram bisnis Anda. Dengan demikian, followers bisa terus bertambah dan berpengaruh terhadap peningkatan penjualan.

Anda membutuhkan jasa copywriting? kunjungi a-writing.agency

Susun Jadwal Posting Konten

Membuat jadwal posting konten untuk akun Instagram bisnis sangat penting. Jadwal posting berguna untuk mengatur dan menjaga konsistensi susunan pada feed Instagram Anda tetap rapi. Sesuaikan jadwal posting dengan desain feed Instagram bisnis Anda. Selain itu, jadwal posting konten Instagram juga berpengaruh pada engagement Instagram bisnis Anda.

Jangan sampai, desain feed Instagram bisnis Anda sudah sangat bagus namun kontennya tidak update. Hal ini bisa menyebabkan orang yang awalnya tertarik dengan desain feed dan berniat untuk follow justru mengurungkan niatnya karena merasa akun Anda tidak aktif. Maka, supaya hal ini tidak terjadi postinglah konten secara rutin. Jika perlu, Anda bisa menggunakan aplikasi penjadwalan Instagram.  

Desain feed Instagram bisnis yang menarik sudah selesai dibuat, kemudian luangkan waktu berinteraksi dengan followers Anda. Anda bisa membuat postingan yang mengandung pertanyaan atau ajakan agar mendapat respon dari  followers. Berbalas komentar di postingan pun penting untuk meningkatkan engagement Instagram bisnis Anda.

Tampilan akun Instagram bisnis perlu dikelola dengan profesional. Jangan khawatir, A-Creative bisa membantu Anda apabila kesulitan membuat konten yang baik dan tepat waktu. A-Creative memiliki tim profesional dan berpengalaman yang bisa membantu Anda membuat desain feed Instagram yang sesuai dengan indentitas bisnis Anda. Konsultasikan kebutuhan Anda kepada tim A-Creative dan dapatkan penawaran harga spesial dengan kualitas terbaik!

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.