fbpx

Definisi Branded Search dan Non-Branded Search

uiuxwriter

Branded search adalah pencarian yang menyertakan merek Anda atau perusahaan Anda. Ini bersyaratkan merek haruslah unik agar membedakan dari yang lainnya saat pengguna melakukan pencarian. Pencarian bermerek sangatlah penting. Ini diperuntukkan dua hal yaitu maksud pencarian dan kesadaran pencarian.

branded search

Alasan Pentingnya Branded Search

Dengan branded seauch, pengguna biasanya sudah mengetahui merek Anda terlebih dahulu sehingga memang bermaksud untuk melaukan pencarian pada merek Anda. Selain itu, pencarian bermerek juga penting untuk kesadaran dan visibilitas merek. Tidak pernah terlihat bagus jika pencarian bermerek tidak membuat Anda benar-benar muncul.

Tidak selalu perusahaan besar memiliki pencarian mereka juga besar. Ini dikarenakan peringkat nomor satu adalah incaran dari semua merek. Akan tetapi tentu saja itu bukanlah hal yang mudah dan bisa dianggap sepele.

Maksud pencarian adalah metrik yang sangat penting untuk diingat saat menyusun kampanye SEO . Ini tidak hanya membantu Anda lebih memahami pengguna, tetapi juga membantu Anda memutuskan kata kunci mana yang layak untuk difokuskan.

Apa Itu Kata Kunci Bermerek?

Kata kunci bermerek, atau penelusuran bermerek, adalah kueri apa pun melalui mesin telusur yang menyertakan nama perusahaan, bisnis, atau merek Anda, seperti ‘Naik’. Ini dapat mencakup kata lain juga, seperti ‘Agen Naik’ atau ‘London Naik’. Pada dasarnya, pencarian bermerek menyertakan nama merek Anda sebagai bagian darinya.

Penelusuran tanpa merek adalah istilah penelusuran apa pun yang tidak menyertakan nama Anda. Mengikuti contoh di atas, mereka bisa menjadi ‘agensi’, ‘agen London’ atau ‘agen London’

Pencarian Bermerek Menunjukkan Niat Pengguna

Penggunaan nama merek Anda dalam pencarian menunjukkan bahwa pengguna sudah tahu siapa Anda, atau pernah mendengar tentang Anda, dan mencari perusahaan Anda secara khusus. Itu berarti mereka ingin langsung membuka situs web Anda, itulah sebabnya Anda ingin peringkat di bagian atas halaman hasil pencarian untuk pencarian bermerek.

Apakah Peringkat untuk Pencarian Bermerek Mudah?

Peringkat untuk pencarian bermerek bisa mudah, tetapi tidak selalu. Ambil Coca-Cola misalnya. Mereka adalah perusahaan internasional yang besar, yang telah ada selama bertahun-tahun. 

Mereka memiliki situs web yang mapan dan muncul di bagian atas halaman hasil pencarian untuk: ‘coca cola’. Di bawah beranda mereka, hasil pencarian juga mencantumkan akun media sosial, berita, dan entri Wikipedia mereka.

Merek Coca-Cola kuat, dengan banyak situs web membicarakannya, meningkatkan kemungkinan bahwa mereka akan menempati peringkat pertama untuk merek mereka. Tetapi bagaimana jika Anda adalah perusahaan yang lebih kecil, atau memiliki situs web baru?

Jika Anda tidak berperingkat tinggi untuk pencarian bermerek Anda, agen SEO dapat membantu Anda mengidentifikasi alasannya. Mungkin ada beberapa alasan dan kompleksitasnya berkisar:

  • Situs Anda tidak diindeks
  • Anda bersaing dengan merek lain dengan nama yang sama atau mirip
  • Situs Anda belum dioptimalkan dengan benar (SEO tidak efektif)
  • Anda memiliki beberapa nama merek
  • Anda menggunakan akronim untuk nama merek Anda yang dapat digunakan oleh perusahaan atau entitas lain
  • Anda belum membuat nama merek Anda jelas di situs web Anda

Pemantauan Merek dapat Membantu Anda dengan Branded Search

Pemantauan merek adalah istilah yang digunakan oleh agen pemasaran dan alat pelacakan data untuk menggambarkan penyebutan merek Anda di web. 

Ada banyak alat yang dapat membantu Anda melacak penyebutan ini, memberikan catatan untuk Anda dan tim Anda. Ada juga banyak cara tambahan untuk tim internal atau agen pemasaran Anda untuk membantu meningkatkan frekuensi penyebutan merek Anda secara online.

Frekuensi penyebutan merek tidak serta merta menghasilkan posisi teratas dalam pencarian bermerek, tetapi akan sangat membantu. Pikirkan penyebutan merek dan pemantauan seperti PR, Anda ingin nama Anda diketahui sebanyak mungkin orang. 

Di mana pun pengguna berada, Anda ingin berada. Beberapa contoh cara untuk meningkatkan penyebutan merek Anda adalah:

  • Menyebut dengan tautan di situs web lain, seperti blog industri, buletin, surat kabar, dan majalah online. Khususnya dengan teks jangkar bermerek .
  • Daftar Bisnis Mesin Pencari. Ini bisa berupa Google Bisnisku, Bing Places, atau Yext milik Yandex. Ini harus didukung dengan Skema, yang akan mengikat untuk membuat nama, alamat, dan nomor telepon Anda sama di semua daftar.
  • Media sosial. Dari Twitter dan Facebook, hingga Pinterest dan Instagram
  • Ulasan dari situs ulasan yang relevan, termasuk Yelp, TripAdvisor, dan platform khusus industri

Baca juga: Personal Branding LinkedIn, Cek Tipsnya Yuk!

Demikian informasi seputar branded search, semoda bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk membaca informasi menarik lainnya di A-creative. Anda juga bisa menghubungi kami jika membutuhkan layanan digital marketing dengan penawaran harga terbaik.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.