fbpx

Data Driven vs Data Informed, Ini Plus Minusnya

Data Driven vs Data Informed

Data merupakan bagian penting dalam proses pengambilan keputusan. Namun, tidak semua dari mereka tahu bagaimana menggunakan data untuk membuat keputusan yang tepat terutama dalam penggunaan data driven dan data informed. Keduanya merupakan senjata rahasia yang wajib dimiliki untuk perkembangan sebuah bisnis.

Baik data driven maupun data informed memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Data driven memberikan objektifitas, sementara data informed menawarkan fleksibilitas dalam data. Di bawah ini merupakan kelebihan serta kekurangan dari kedua pendekatan tersebut.

baca juga : Pengertian Data Driven, Manfaat & Cara Kerjanya

Kelebihan dan Kekurangan Data Driven

plus minus Data Driven vs Data Informed

Data driven adalah pendekatan marketing dimana data menjadi acuan utama untuk membuat keputusan. Ini akan membuat setiap aspek dari strategi bisnis bergantung pada interpretasi terhadap data yang tersedia. Pendekatan ini memanfaatkan data untuk mendapatkan wawasan dan informasi unik tentang pelanggan.

Namun, pendekatan data driven tidak memperhitungkan pengalaman pribadi dan kurang fokus pada sesuatu yang lebih besar. Sederhananya, ini semua tentang fakta di mana data memegang keputusan akhir.

Kelebihan Data Driven

Pada dasarnya data driven mencegah bias pribadi karena pendekatan ini akan memandu kita tentang apa yang harus dilakukan dan mengesampingkan intuisi yang tentu akan sangat efisien. Keuntungan lain dari data driven adalah kemudahan dalam mengidentifikasi tren dan memprediksi masa depan. Potensi masalah yang timbul akan dapat diidentifikasi melalui data. Keputusan berdasarkan data juga dapat dievaluasi sebelum diimplementasikan.

Kekurangan Data Driven

Menempatkan data sebagai satu-satunya input keputusan dapat menyebabkan kita kehilangan gambaran yang lebih besar. Belum lagi potensi minimnya data secara statistik yang akan berakibat pada pengambilan keputusan yang salah. Idealnya, data driven membutuhkan data berukuran besar selama periode yang relevan untuk mendapatkan gambaran akurat dari kondisi pasar. Namun, semakin besar ukuran data maka akan semakin sulit menganalisis data tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Data Informed

Data informed adalah pendekatan yang mengkombinasikan penggunaan data dengan input lain seperti intuisi, pengalaman pengguna, wawasan pribadi hingga pengalaman dalam membuat sebuah keputusan. Hal ini berarti bahwa data hanya merupakan salah satu referensi dalam proses pengambilan keputusan.

Kelebihan Data Informed

Manfaat dari pendekatan data informed adalah kemampuan untuk melihat gambaran yang lebih besar. Dengan menggabungkan input lain kita dapat memahami secara lebih mendalam masalah yang sedang terjadi lalu menemukan solusi dan membuat keputusan. Mengkombinasikan data dengan faktor lain seperti pengalaman merupakan pendekatan luar biasa untuk pemecahan masalah menghasilkan ide-ide segar.

Kekurangan Data Informed

Mungkin kurang efisien untuk mempertimbangkan banyak suara dan faktor saat membuat keputusan dengan pendekatan ini. Masalah lain yang timbul dari pendekatan ini adalah sulitnya membuat keputusan karena ada banyak input yang menjadi acuan. Akan sangat mudah terjadi bias pribadi yang mengacaukan sebuah keputusan. Untuk itu, dibutuhkan individu yang berpengalaman dalam pengambilan keputusan.

Jelas bahwa intuisi tidak selalu benar, jadi meskipun individu tersebut mungkin memiliki bakat untuk keputusan intuitif yang sering kali berhasil, namun selalu ada resiko terhadap kesalahan. Kedua pendekatan, baik data driven maupun data invormed memiliki plus dan minus yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan sebuah bisnis.

Menemukan keseimbangan antara kedua pendekatan adalah cara ideal untuk mendapatkan strategi marketing yang optimal. Jika membutuhkan bantuan untuk pemasaran digital bisnis Anda, pastikan Anda menempatkan A-Creative sebagai pilihan utama yang memberikan jaminan kualitas nomor satu.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. Get your Rp 1.000.000 cashback here:

Promotion valid until 31 May 2022

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.