fbpx

Mengenal Data Demografi dan Contohnya

data-demografi
Data demografi dapat dilihat melalui tools analitik

Data demografi penting dalam aktivitas analisis bisnis. Ketika Anda hendak menyusun strategi pemasaran online, Anda harus memiliki sebuah data yang dapat mendukung hasil analisis Anda tersebut. Data yang biasa digunakan disebut data demografi. Data demografi tersebut dapat Anda manfaatkan untuk menganalisis situs web Anda. Sehingga, Anda dapat menentukan target yang tepat untuk pemasaran produk Anda. Mari mengenal apa itu data demografi lebih lanjut!

Pengertian Data Demografi

Data demografi adalah sebuah informasi yang mengacu pada data yang secara statistik bersifat sosio-ekonomi misalnya seperti populasi, ras, pendapatan, pendidikan dan pekerjaan, yang mewakili lokasi geografis tertentu dan sering dikaitkan dengan waktu. Data demografi biasanya dikumpulkan dan digunakan untuk meneliti sebuah produk atau layanan dan juga dapat mengukur seberapa baik tingkat penjualan produk atau layanan tersebut.

Dengan menggunakan data demografi, Anda juga dapat mengetahui siapa saja yang menyukai produk Anda atau produk dan layanan apa yang paling diminati oleh pelanggan. Data tersebut dapat dikumpulkan melalui beberapa metode seperti survei sampel, kuesioner, wawancara, atau bisa juga melalui Google Analytics.

Demographic Data di Online Marketing

Data demografi dapat digunakan di berbagai bidang yang dibutuhkan, salah satunya adalah online marketing. Di dalam dunia online marketing, data demografi berguna untuk menganalisis situs web dan juga pemasaran online. Selain itu, data demografi juga digunakan untuk melakukan penargetan dan penawaran strategis serta untuk analisis bisnis dan pelaporan kinerja.

Dalam melakukan perencanaan, menganalisis web, konsumen, bahkan penargetan iklan, atau demografi salah satu metriks yang paling utama. Namun, data demografi yang digunakan tetaplah harus disesuaikan dengan kebutuhannya, misalnya untuk online marketing maka data demografi yang bisa Anda gunakan adalah jenis kelamin, usia, dan minat. Sedangkan untuk statistik kependudukan, yang diperlukan mungkin data kelahiran dan kematian.   

Contoh Demographic Data

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa data demografi sangatlah beragam. Berikut ini beberapa contoh data demografi yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pemasaran online agar tepat sasaran.

  • Usia: Salah satu faktor demografis yang paling penting. Indikator ini akan menunjukkan berapa rentang usia yang paling banyak membeli. Hal ini akan memberikan informasi tentang konten apa di situs web yang menarik untuk kelompok usia tertentu, dan di mana potensi dapat diidentifikasi.
  • Jenis kelamin: Informasi tentang jenis kelamin dapat digunakan sebagai dasar untuk merencanakan campaign yang ditargetkan, apakah untuk pria atau wanita.  
  • Pendidikan: Data pendidikan akan menunjukkan dari mana saja pendidikan konsumen Anda berasal, apakah masih sekolah, kuliah, atau sudah bekerja.
  • Pendapatan: Informasi tentang pendapatan berguna untuk menargetkan orang-orang yang berpenghasilan tinggi misalnya untuk membeli produk highclass.
  • Minat: informasi tentang minat pengguna menunjukkan minat pengunjung situs web. Data tersebut dapat digunakan untuk melihat perilaku konsumen. Contohnya, jika ada pengguna yang tertarik pada produk tertentu, maka Anda dapat membuat iklan yang berfokus pada minat mereka tersebut.

Baca juga : Kenapa Harus Menggunakan Digital Marketing Pada Bisnis?

Itu dia penjelasan mengenai data demografi di dalam dunia online marketing. Beberapa data demografi tersebut sangat berguna bagi Anda yang ingin melakukan kampanye pemasaran yang strategis dan tepat sasaran. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Dalam menjalani online marketing untuk meningkatkan performa bisnis Anda tentu perlu strategi yang tepat. Tak perlu pusing memikirkan hal tersebut sendirian. Percayakan kebutuhan pemasaran digital Anda kepada A-Creative! Anda bisa lebih fokus mengurus hal-hal terkait operasional bisnis untuk meningkatkan keuntungan perusahaan. Hal terkait promosi online dan pemasaran digital akan diurus oleh tim digital marketer andal A-Creative. Sehingga bisnis Anda lebih siap bersaing di pasar digital.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.