fbpx

Rumus Membuat Copywriting Media Sosial Bisnis

copywriting-media-sosial
copywriting media sosial

Media sosial menjadi tempat yang efektif untuk mengembangkan bisnis. Pengguna media sosial setiap harinya terus bertambah, menurut data dari Hootsuite: Indonesian Digital Report 2021, 61,8% dari jumlah masyarakat Indonesia aktif bermedia sosial. Teknik atau rumus copywriting media sosial dapat menghasilkan konten yang efektif untuk menaikkan engagement khususnya dalam hal bisnis.

Anda sebagai pemilik bisnis tentu ingin konten media sosial Anda punya performa yang baik dan dilihat banyak orang. Semakin banyak audiens yang melihat konten Anda akan berpengaruh terhadap perkembangan bisnis hingga meningkatkan penjualan. Jadi, bagaimana rumus membuat copywriting media sosial yang efektif untuk bisnis?

Headline

Rumus copywriting yang pertama adalah pada bagian headline. Headline harus kuat dan mampu memancing rasa penasaran target audiens Anda. Formula yang cukup efektif digunakan dalam membuat headline untuk media sosial yaitu bisa menggunakan kata tips, cara, contoh, rahasia dan sebagainya.

Tahukah Anda, waktu efektif untuk menarik perhatian calon audiens Anda di media sosial adalah 8 detik pertama. Maka dari itu, penting membuat headline konten yang tepat sasaran dan tidak butuh waktu lama untuk meyakinkan target audiens membaca konten Anda sampai selesai.

Baca juga : Formula FAB Copywriting Membuat Omset Naik

Emosi Audiens

Membuat copywriting media sosial harus mengenali siapa target audiens Anda agar lebih mudah untuk memicu emosi mereka. Beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memicu emosi target audiens melalui copywriting yaitu:

Meraih kepercayaan target pelanggan

Contoh untuk copywriting penjualan bisa dengan kata-kata “gratis” atau “garansi”. Anda juga dapat menyajikan data atau informasi yang valid dan relevan untuk membuat audiens percaya dengan isi konten Anda.

Memunculkan perasaan khawatir

Rasa khawatir atau takut bukan selalu tentang hal negatif.. Dalam rumus membuat copywriting media sosial Anda dapat mengarahkan audiens untuk merasa khawatir supaya lebih cepat mengambil keputusan. Contoh, Anda membuat penawaran diskon terbatas.

Hal yang sedang tren

Membahas hal yang sedang tren dan menghubungkannya dengan produk atau bisnis Anda adalah salah satu cara memicu emosi audiens yang cukup efektif. Maka, Anda perlu tetap update dengan tren atau hal yang sedang banyak dibicarakan.

Menunjukan empati

Anda dapat memenangkan hati audiens Anda dengan menunjukan empati dengan cara yang baik. Misalnya dengan membuat konten yang menunjukan bahwa Anda dan audiens punya kemiripan pengalaman atau masalah dan tunjukkan kepedulian dan rasa pengertian Anda.

Informasi Spesifik

Ya, kita tahu dalam setiap konten wajib mengandung informasi. Namun, dalam rumus membuat copywriting media sosial Anda perlu memasukkan informasi yang spesifik. Jangan membuat informasi yang terlalu umum tapi pastikan informasi bermanfaat untuk audiens Anda. Anda bisa menganalisis apa yang mereka cari dan butuhkan, lalu buatlah itu sebagai topik dalam konten media sosial Anda.

Baca juga : Pakai Teknik Copywriting PAS agar Produk Laris!

Salah satu tujuan copywriting media sosial untuk bisnis Anda meningkatkan brand awareness, promosi dan meningkatkan penjualan produk. Secara halus Anda dapat mengarahkan audiens untuk lebih mengenal brand atau produk Anda. Perbanyak berlatih untuk menemukan rumus copywriting yang paling tepat dengan target audiens Anda.

Membuat copywriting media sosial gampang-gampang sulit. Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk membuat konten media sosial yang efektif untuk bisnis Anda, hubungi A-Creative! Dapatkan layanan Social Media Marketing terbaik dengan penawaran harga spesial, mulai dari riset hashtag, content plan, copywriting, caption, desain feed Instagram dan lain-lain. 

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. Get your Rp 1.000.000 cashback here:

Promotion valid until 31 May 2022

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.