fbpx

Contoh Portofolio Fresh Graduate dan Tips!

portofolio fresh graduate

Saat sedang kuliah, tidak sedikit mahasiswa yang berfokus hanya pada studinya saja. Sehingga saat lulus dan ingin melamar kerja menjadi bingung untuk mencantumkan portofolio seperti apa. Hal ini wajar terjadi, tetapi bukan berarti fresh graduate tidak bisa membuat portofolio. Banyak juga contoh portofolio fresh graduate tanpa pengalaman kerja.

Selain CV, portofolio juga merupakan salah satu aspek lainnya yang banyak diperhatikan oleh perekrut. Berbeda dengan CV yang menunjukkan berbagai pengalaman dan kemampuan secara tertulis. Portofolio merupakan dokumen yang berisikan berbagai karya dari pengalaman kerja yang telah dituliskan dalam CV. 

Tetapi untuk fresh graduate yang tidak memiliki pengalaman kerja banyak mengalami kebingungan. Apa saja yang harus dicantumkan dalam portofolionya agar menarik perhatian perekrut. Berikut merupakan contoh portofolio fresh graduate harus berisikan apa saja.

Daftar Isi

daftar isi

Komponen satu ini seringkali dilewatkan saat membuat portofolio. Meskipun terlihat sepele, komponen ini menjadi sangat penting bagi perekrut. Melalui daftar isi, perekrut menjadi lebih mudah dalam membaca apa saja isi karya yang akan ditampilkan dalam portofolio. Apakah sesuai dengan kriteria atau tidak.

Apabila karya yang telah dicantumkan relevan dengan kriteria yang dibutuhkan perekrut, maka portofolio akan dibaca hingga akhir. Sehingga pastikan membuat daftar isi yang cukup mudah untuk dipahami.

Informasi Pribadi

Meskipun telah dicantumkan dalam CV, tidak ada salahnya untuk mencantumkan kembali data diri dalam portofolio. Hal ini dilakukan untuk memudahkan perekrut dalam menjangkau pelamar apabila portofolio cukup menarik. 

Informasi pribadi ini berisi tentang deskripsi singkat pribadi. Selain itu cantumkan juga nama lengkap, dan kontak seperti email, sosial media, maupun nomor ponsel. Ada baiknya informasi pribadi tidak lebih dari satu halaman dan memuat foto.

Kemampuan

Sebaiknya dalam portofolio pelamar juga mencantumkan kemampuan apa saja yang dimiliki. Kemampuan ini usahakan dibuat dalam bentuk poin-poin yang jelas serta berikan keterangan secara detail atau spesifik terkait kemampuan tersebut. Hal ini akan memudahkan perekrut untuk menilai portofolio pelamar.

Cantumkan Hasil Kerja

pengalaman kerja

Bagi pelamar yang telah memiliki pengalaman kerja, bagian ini dapat diisi dengan berbagai karya dari pengalaman kerja yang telah dilakukan. Tetapi untuk fresh graduate yang tidak memiliki pengalaman kerja, hal ini bisa diakali dengan mengisi hasil kerja dengan tugas yang bersifat praktikal. Misalnya saja hasil penelitian atau hasil kajian yang relevan.

Selain itu, fresh graduate juga dapat mencantumkan pengalaman magang, apa saja yang dikerjakan selama magang. Atau saat aktif berorganisasi, pelamar dapat mencantumkan hasil kerja selama kepengurusan organisasi tersebut.

Baca juga: Cara Membuat CV ATS Friendly Lebih Mudah Dilirik HRD 

Sekian informasi mengenai contoh portofolio fresh graduate. Selain portofolio, siapkan juga CV dna dokumen kelengkapan lain untuk memperbesar kemungkinan diterima kerja. Artikel dan informasi lain terkait tips pengembangan karir dan dunia digital bisa diperoleh pada website A-creative atau instagram @acreative.id.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

digital marketer

Tugas Digital Marketer

Pesatnya teknologi dan tingginya aktivitas manusia yang dilakukan melalui teknologi digital membuat banyak lapangan pekerjaan terbuka. Khususnya dalam bidang digital. Saat ini, pekerjaan dunia digital

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.