fbpx

Contoh Konten Sosial Media yang Engaging

contoh konten sosial media

Untuk dapat membuat konten yang menarik perlu mengetahui contoh konten sosial media yang engaging beserta tips membuatnya. Konten merupakan hal yang krusial dalam suatu brand. Konsistensi membuat konten, menariknya konten, hingga konten yang engaging menjadi poin penting untuk kesuksesan suatu konten.

Konten dalam media sosial memiliki banyak fungsi untuk suatu brand, seperti untuk membangun brand atau menciptakan brand awareness, membangun koneksi dan komunikasi dengan pelanggan, sarana promosi, hingga meningkatkan traffic sehingga menghasilkan prospek. Dengan pentingnya konten, berikut ini contoh konten yang engaging dan tips dalam membuatnya.

Contoh Konten Sosial Media yang Engaging

contoh konten sosial media

1. Video

Video menjadi salah satu konten yang terus diminati audience. Pada 2020 traffic di internet sebanyak 82 persen berupa video. Dengan video dapat dibuat konten mengenai story telling, dapat berupa pengenalan produk, urgensi produk, penggunaan produk, atau hanya sekedar video lucu yang tentu menyelipkan informasi produk di dalamnya. Konten video yang paling diminati sekarang ini berasal dari dua sosial media, yakni Instagram berupa reels, dan video di TikTok.

2. Publikasi Interaktif

Menyajikan konten tidak hanya perlu informatif dan menarik, namun perlu menyertakan partisipasi audience. Dalam membuat konten hendaknya bersifat dua arah, yakni selain konten yang memberikan informasi, audience juga dapat memberikan respon dan tanggapan. Konten seperti ini dapat dilakukan contohnya dengan menyelipkan pertanyaan dari konten yang dibuat di media sosial, dan pastikan audience diberi ruang untuk merespon. 

3. Survei

Terkadang bertanya kepada audience mengenai konten mana yang ingin mereka nikmati tidak ada salahnya. Konten seperti ini dapat dilakukan dengan bertanya langsung melalui voting atau survei, atau dapat juga dengan menyajikan sebuah konten dan menyelipkan pertanyaan apakah audience suka dan ingin dibuatkan konten serupa.

4. Konten Dari Pelanggan

Menyertakan audience dalam sebuah konten sangat baik untuk membangun komunikasi yang erat. Konten yang disajikan dapat berasal dari audience, tentu hal ini akan meningkatkan kepercayaan para audience. Konten seperti ini contohnya berupa challenge, dimana konten mengajak audiens mengikuti suatu challenge dan dibagikan kembali melalui media sosial brand tersebut.

5. Hadiah

Mengadakan giveaway atau kuis berhadiah terbukti juga menjadi konten yang diminati audience, namun tetap perhatikan jangan sampai berlebihan dan terkesan memaksakan. Konten hadiah ini dapat berupa giveaway memperingati hari-hari tertentu atau setelah mencapai jumlah pengikut tertentu, atau dapat juga melalui kuis seru berhadiah.

baca juga : Trik Menambahkan Followers Instagram Bisnis yang Efektif

Tips Membuat Konten Sosial Media yang Engaging

1. Membuat konten yang tengah populer

Trend di setiap media sosial saat ini sangat cepat berubah, sehingga banyak audience yang tidak ingin ketinggalan trend yang tengah berlangsung. Untuk itu membuat konten yang tengah populer atau viral dapat menjadi tips yang tepat untuk konten yang engaging.

2. Sebutkan keuntungan untuk audience

Memberikan penawaran terbaik dalam suatu konten akan sangat menarik audience. Kebanyakan audience akan memilih konten yang akan memberikan keuntungan pada mereka, sehingga dengan menyebutkan keuntungan yang akan didapatkan audience adalah langkah yang tepat.

3. Tambahkan gambar yang menarik

Audience menyukai visual yang menarik dan berkualitas. Pastikan konten yang dibuat terdapat gambar yang menarik, relevan, dan akan jauh lebih baik jika merepresentasikan Brand Anda.

4. Buat konten sedekat mungkin dengan audience

Maksudnya adalah jangan sampai ada jarak antara konten dan audience, buatlah konten seakan konten tersebut tengah berbicara kepada teman. Buat semenarik mungkin, seinformatif mungkin, dan sefrendly mungkin dengan audience. 

Pentingnya sebuah konten pada suatu brand sudah bukan hal yang umum lagi. Untuk itu perlu meningkatkan berbagai pengetahuan, tips, dan contoh mengenai dunia seputar konten. A-creative.id adalah digital marketing agency yang bisa membantu Anda menghasilkan konten yang menarik untuk meningkatkan performa bisnis Anda. Selain itu, A-Creative juga menyediakan layanan digital marketing dengan harga terjangkau yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.