fbpx

Contoh Data Driven Marketing, Ini Penerapannya

contoh-data-driven-marketing

Di masa lalu, pemasaran didasari oleh asumsi dan intuisi. Terkadang, sebuah strategi secara tak terduga mampu membuahkan hasil memuaskan, kemudian di lain waktu strategi tersebut berujung kegagalan. Disinilah data driven hadir untuk meminimalisir kesalahan strategi. Contoh data driven marketing telah banyak diaplikasikan perusahaan-perusahaan besar.

Data driven marketing mengacu pada strategi, proses serta kampanye dalam pemasaran yang kesemuanya dipandu oleh data yang dikumpulkan dari pelanggan melalui analitik digital, riset pasar, wawasan kualitatif, dan perilaku pelanggan.

baca juga : Pengertian Data Driven, Manfaat & Cara Kerjanya

Contoh Penerapan Data driven Marketing

Data driven marketing sendiri memiliki berbagai bentuk yang digunakan dalam berbagai bidang. Di bawah ini kita akan melihat contoh data driven marketing yang dilakukan oleh beberapa perusahaan besar.

  • Platform digital misal Youtube, Netflix, atau Spotify mampu memberikan rekomendasi konten, lagu atau film secara akurat berdasarkan data dari perilaku pengguna dalam platform tersebut.
  • Platform TV berlangganan asal Amerika Serikat, DirectTV, menyimpulkan bahwa pelanggan yang baru saja pindah rumah merupakan calon pelanggan potensial. DirecTV kemudian menjalin kemitraan dengan perusahaan Pos AS, USPS, untuk mendapatkan data tentang orang yang pindah rumah. Data itulah yang digunakan sebagai target marketing potensial mereka.
  • Aplikasi kencan OkCupid mengumpulkan data dari para penggunanya untuk merekomendasikan pengguna yang kompatibel. Mereka juga memanfaatkan data untuk menyajikan konten yang menarik yang dirilis setiap bulan.

Contoh Data Driven Marketing Pada Iklan Digital

Personalisasi Iklan

Mudah menggunakan data untuk mempersonalisasi iklan ke audiens target Anda. Misalnya, Google Ads memiliki fitur penyisipan kata kunci untuk iklan penelusuran. Dengan menggunakan kata kunci yang sama, seperti kata kunci yang baru saja diketik calon pelanggan, kita dapat melakukan penyesuaian iklan dengan penelusuran mereka, sehingga meningkatkan peluang interaksi.

Menargetkan Ulang Pengunjung

Contoh data driven marketing pada iklan digital selanjutnya adalah penargetan pengunjung yang memenuhi syarat tertentu. Google Analytics memungkinkan pelacakan perilaku konsumen secara online. Menggabungkan Google Analytics dengan platform periklanan lain mampu menargetkan pengunjung situs web tertentu yang telah menunjukkan minat pada sebuah penawaran, misal telah melihat beberapa produk atau yang lainnya.

A/B Test Materi Iklan

Data driven memungkinkan kita membuat beberapa materi iklan dan dengan menggunakan algoritme pembelajaran mesin yang diimiliki platfoem iklan seperti Facebook Ads, kita bisa menjalankan A/B Test dan menentukan kampanye iklan mana yang terbaik.

Contoh Pemasaran Berbasis Data Untuk Media Sosial

contoh-data-driven-marketing

Mendapat Inspirasi Dari Hasil Pencarian

Tools web analitik, seperti Google Search Console bisa digunakan untuk memahami hal-hal yang ditelusuri orang sebelum membuka sebuah situs web. Menggunakan kueri pencarian terbanyak sebagai ide posting media sosial akan menumbuhkan interaksi yang bagus dari sisi marketing.

Mengikuti Tren

Semakin lama, perilaku konsumen semakin sulit diprediksi, meski begitu kita tidak memerlukan analitik prediktif tingkat lanjut untuk pengoptimalan media sosial. Cukup lakukan analisa tingkat keterlibatan baik like, komentar dan share pada posting yang berbeda, lalu tentukan topik dan jenis posting mana yang menghasilkan aktivitas media sosial tertinggi di antara audiens target.

Itulah beberapa contoh data driven marketing yang telah digunakan secara luas baik untuk bisnis dalam skala besar hingga skala kecil. Jika Anda membutuhkan bantuan profesional untuk pertumbuhan bisnis Anda, maka A-Creative adalah jawabannya. A-Creative menawarkan harga bersaing untuk layanan dengan kualitas kelas satu.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. Get your Rp 1.000.000 cashback here:

Promotion valid until 31 May 2022

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.