fbpx

Click Bait, Strategi Marketing yang Manjur!

click bait

Pernahkah Anda mendengar mengenari click bait marketing? Clickbaiting merupakan tindakan menjanjikan sesuatu secara berlebihan yang biasa ditemukan pada judul berita, caption di media sosial, dan lain sebagainya.

Click bait atau umpan klik merujuk pada konten sebuah web yang dibuat menarik dengan tujuan memancing orang melakukan klik pada konten tersebut, dengan semakin banyaknya jumlah klik, umpan klik tersebut dinilai berhasil. Namun, sekarang ini justru semakin banyak bermunculan umpan klik dengan judul menarik, dan ternyata isinya tidak terkait dengan judul.

Anda bisa menggunakan umpan klik ini untuk hal yang positif seperti marketing dengan judul yang menarik dan isi yang sesuai. Sehingga Anda bisa memperoleh manfaat dari meningkatkan umpan klik pada konten Anda.

Umpan klik ini sekarang sudah banyak ditemukan dalam berbagai konten, mulai dari berita, postingan blog, sampai postingan video. Berikut ini adalah ciri sebuah click bait:

  • Judul yang dipakai membuat orang penasaran
  • Judul yang tertulis cenderung melibatkan emosi pembacanya
  • Konten memuat gambar yang menarik dan mudah diingat

Kelebihan Click Bait Marketing

click-bait-marketing

Seperti layaknya penggunaan media sosial pada umumnya, ada kelebihan dan kekurangan yang dapat Anda rasakan dari penggunaan umpan klik tersebut. Kelebihan click bait dijabarkan sebagai berikut:

Dapat Meningkatkan Click Through Rate (CTR)

Ketika semakin banyak orang mengeklik konten yang Anda buat, rasio click through rate (CTR) akan meningkat. CTR yang tinggi menjadi bukti bahwa konten Anda relevan dengan kebutuhan audiens. Dengan begitu Google akan menempatkan konten Anda pada posisi yang baik di hasil pencarian atau realted search.

Dapat Meningkatkan Transaksi Penjualan

Selain CTR yang meningkat, transaksi penjualan Anda juga bisa meningkat. Jika audiens melakukan lebih dari sekadar klik pada konten Anda, audiens akhirnya bisa menjadi pembeli, pengguna, bahkan pelanggan pada produk yang Anda tawarkan, jika umpan klik Anda memang mempromosikan suatu hal.

Dapat Meningkatkan Pendapatan

Dengan transaksi penjualan yang meningkat, akan meningkatakan pula pendapatan bisnis Anda. Rasa penasaran audiens yang membuat mereka mengeklik umpan yang Anda buat bahkan mungkin membuat audiens menjadi pembeli produk Anda dan membuat Anda menghasilkan pendapatan tambahan.

Dapat Meningkatkan Pageviews

Judul click bait yang menarik adalah yang membuat audiens tertarik untuk membaca atau menonton konten Anda. Semakin banyak audiens yang menonton atau membaca konten Anda, akan meningkatkan jumlah pageviews. Ketika jumlah pageviews tinggi, konten tersebut akan dianggap sebagai konten yang bermanfaat untuk pembaca, sehingga mesin pencari akan merekomendasikannya di hasil pencarian.

baca juga: Tips Membuat Konten yang Menarik Audiens

Kekurangan Click Bait Marketing

Selain kelebihan, tentu saja ada kekurangannya, berikut ini adalah penjabaran mengenai kekurangan umpan klik tersebut:

Dapat Mendatangkan Traffic yang Tidak Sesuai

Click bait mungkin saja bisa mendatangkan trafik dari audiens yang penasaran dengan isi konten Anda. Namun, bisa saja audiens yang mengeklik konten Anda bukan target audiens yang Anda harapkan, sehingga audiens tidak melanjutkan ke halaman pembelian produk.

Dapat Merusak Brand Image

Ketika Anda membuat umpan klik dengan isi konten marketing yang tidak sesuai, akan membuat audiens enggan kembali mengunjungi web Anda. Sebagai contoh, Anda menjabarkan penawaran promo sepatu bermerk untuk seluruh audiens pada judul, namun pada saat membaca isi konten, ternyata promo tersebut hanya untuk 100 pembeli pertama. Audiens ke-101 dan selanjutnya tentu akan merasa kecewa dan tertipu.

Jika konten tersebut sering kali muncul dalam web Anda, akan menyebabkan kepercayaan audiens pada bisnis Anda menurun, dan dapat menyebabkan jatuhnya reputasi brand Anda.

Mendapatkan Penerimaan atau Anggapan Buruk

Mendapat penerimaan atau anggapan buruk merupakan salah satu risiko dari click bait yang bisa Anda dapatkan. Penerimaan yang buruk tentu saja akan berdampak pada konten-konten lain yang Anda buat berikutnya. Bahkan Anda bisa dicap sebagai konten creator yang buruk oleh audiens. Oleh karena itu Anda perlu menghindari umpan klik yang menyesatkan.

Itulah penjelasan mengenai click bait beserta kelebihan dan kekurangan yang dapat Anda pelajari untuk mempromosikan bisnis atau produk Anda. Jika Anda membutuhkan konsultasi bisnis dalam bidang digital, Anda dapat menghubungi A-Creative yang menawarkan layanan berkulitas dan tentunya dengan biaya yang terjangkau.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. Get your Rp 1.000.000 cashback here:

Promotion valid until 31 May 2022

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.