fbpx

Career Switch Tips yang Perlu Dipersiapkan!

ilustrasi career switch

Pernah dengar istilah rumput tetangga selalu lebih hijau? Hal ini juga umum terjadi pada pekerjaan, lho! Banyak orang yang sering mencari career switch tips selagi masih bekerja di tempat kerjanya yang saat ini.

Career switch banyak dilakukan dengan alasan yang beragam, misalnya saja karena pekerjaan yang diinginkan memiliki prospek yang lebih baik. Atau mungkin karena gaji yang lebih besar, waktu dan tempat kerja yang lebih fleksibel, dan lain sebagainya. 

Terlepas dari alasannya, tentu saja dibutuhkan keberanian tinggi untuk beralih profesi. Terlebih jika pekerjaan saat ini lebih stabil. Hal ini wajar untuk terjadi. Sehingga sebelum benar-benar beralih profesi, pastikan untuk memahami career switch tips berikut!

Apa Itu Career Switch

ilustrasi pekerjaan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, career switch merupakan keinginan seseorang untuk mengubah pekerjaan saat ini menjadi pekerjaan baru. Lebih mudahnya, career switch sama saja dengan perubahan profesi. Ketika berbicara mengenai hal yang melatarbelakangi kejadian ini, maka tidak dapat diperkirakan dengan jelas.

Karena career switch termasuk dorongan pribadi yang tentunya dengan alasan dan pertimbangan berbeda pula. Atau peristiwa ini juga dapat didorong oleh kondisi yang tidak terduga seperti pandemi. Pandemi membuat banyak orang bekerja dari rumah dan bahkan berganti profesi menjadi melakukan pekerjaan yang dapat dilakukan dari rumah.

Hal yang Harus Dipersiapkan

hal yang harus disiapkan

Setelah mengetahui apa itu career switch, lalu apa saja persiapan yang harus dilakukan sebelum beralih profesi? Berikut informasinya!

Ketahui Alasan Ingin Career Switch

Saat bekerja, rasa jenuh, lelah, dan bosan tentu sering terjadi. Mungkin ada dalam suatu titik dimana pekerjaan menjadi terasa sangat berat hingga terpikir untuk mengganti profesi. Hal seperti ini yang harus diketahui dari awal. Alasan mengapa ada keinginan untuk melakukan career switch.

Jika karena bosan, cobalah untuk beristirahat sejenak dan berpikir dengan pandangan lebih luas. Jangan sampai karena emosi sementara itu mengantarkan pada pilihan yang pada akhirnya disesali. Sebab beralih profesi pun tidak semudah yang dibayangkan.

Upgrade Skill

Sebelum beralih profesi, pelajari kemampuan apa saja yang dimiliki diri sendiri. Misalnya saja memiliki keterampilan di bidang menulis, grafis, teknologi, digital marketing atau sejenisnya. Hal ini akan mempermudah pengambilan keputusan terutama memilih karir baru. 

Baca juga: Tahap Perencanaan Karir Digital Marketing 

Meskipun memiliki keterampilan tersebut, pastikan untuk memperkaya keterampilan dengan berbagai kelas. Saat ini bahkan banyak sekali kelas online yang disediakan untuk meningkatkan skill.

Selalu Perbaharui CV

Apabila telah memiliki perusahaan sasaran dan lowongan yang diinginkan, pastikan untuk menyesuaikan CV sesuai dengan kriteria perusahaan agar lolos seleksi. Selain itu, pastikan juga CV bersifat ATS friendly.

Personal Branding

Saat ini, banyak perusahaan yang merekrut karyawan dari situs atau sosial media. Sehingga bagi yang berminat untuk berganti profesi, sangat penting untuk membangun citra diri di sosial media untuk menunjukkan skill serta pengalaman yang telah dilakukan.

Sekian informasi mengenai career switch tips. Perlu diingat sebelum dapat melakukan career switch, pastikan persiapan dilakukan dengan matang. Artikel dan informasi lain terkait tips pengembangan karir dan dunia digital bisa diperoleh pada website A-creative atau instagram @acreative.id.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

digital marketer

Tugas Digital Marketer

Pesatnya teknologi dan tingginya aktivitas manusia yang dilakukan melalui teknologi digital membuat banyak lapangan pekerjaan terbuka. Khususnya dalam bidang digital. Saat ini, pekerjaan dunia digital

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.