fbpx

5 Cara Meningkatkan Followers Organik, Gratis Tanpa Iklan!

cara-meningkatkan-followers-organik
cara-meningkatkan-followers-organik

Dengan berkembangnya teknologi, Instagram terus menyesuaikan algoritma dan memperkenalkan fitur-fitur terbarunya. Para pebisnis dan usaha yang menggunakan Instagram pun harus beradaptasi dengan terus mengikuti dan mempertahankan pertumbuhan akun secara stabil. Tentu saja tips cara meningkatkan followers organik akan sangat membantu meminimalisir cost yang dikeluarkan.

Apakah akun bisnis Instagram Anda cukup memberi dampak pada pertumbuhan penjualan produk? Jika belum, mungkin ini saat yang tepat untuk meningkatkan followers Instagram Anda secara organik. Semakin besar audiens atau followers Anda, semakin banyak peluang yang Anda dapatkan untuk menarik perhatian dan berinteraksi dengan mereka.

Kemudian, bagaimana cara meningkatkan followers Instagram secara organik? Perlu Anda ketahui, bahwa Instagram tidak menyukai akun-akun yang membeli followers dan like palsu. Justru, akun tersebut bertentangan dengan kebijakan layanan Instagram yang sangat menghargai pertumbuhan akun secara organik. Dampak jangka panjangnya, akun Anda dapat diblokir oleh Instagram.

Selain itu, followers dan like yang dibeli ini tidak akan terlibat seperti followers organik. Jumlah followers yang tinggi tidak berarti apa-apa jika tingkat keterlibatan atau engagement akun Anda rendah.

Cara Meningkatkan Followers Organik

Kunci meningkatkan followers organik di Instagram adalah dengan menerapkan beberapa strategi secara konsisten. Tidak ada solusi utama, tetapi dengan strategi yang komprehensif dan usaha, Anda dapat melakukannya. Simak 5 kiat di bawah ini untuk meningkatkan followers Instagram akun Anda!

Konsisten Mengunggah Konten

Pastikan Anda memahami dasarnya terlebih dahulu. Untuk membuat akun Instagram Anda mengalami pertumbuhan, Anda tidak bisa mengandalkan satu posting-an saja dan berharap hal tersebut akan menjadi viral. Justru, sebagian besar konten Anda tidak akan menjadi viral.

Lihatlah konten yang telah Anda unggah selama ini. Apakah jadwal jam saat mengunggah, frekuensi mengunggah, dan kualitas konten sudah cukup baik?

Mengunggah konten secara konsisten membuat followers Anda menantikan postingan berikutnya. Pastikan Anda meng-upload konten secara konsisten di jam prime time sesuai dengan asumsi followers akun Anda. Jangan lupa, berikanlah konten yang menonjol dibandingkan selainnya!

Buat Kesan Pertama yang Baik dengan Profil

Sudahkan Anda memberi deskripsi akun pada bio, caption pada konten, nama Akun, dan gambar profil yang tepat? Pastikan pasar Anda mengetahui bahwa akun Anda menjual produk atau layanan tertentu. Anda dapat menggunakan beberapa trik di bawah ini:

  • Username atau nama akun bisa dicari dengan mudah (misal: Layanan Wedding Organizer Surabaya, bukan hanya mencantumkan nama merknya saja);
  • Biodata di profil akun dibuat dengan deskripsi poin-poin;
  • Menggunakan LinkedTree sebagai CTA untuk menampung beberapa link (WA, katalog produk, Shopee, website, dll);
  • Membuat highlight story dengan susunan pengenalan produk, cara mememesan, dan testimoni.

Keempat poin di atas bermuara pada kemudahan konsumen untuk mencari, melihat, sampai memesan produk Anda. Dengan begitu, Anda dapat lebih mudah meraih jangkauan mereka.

Buat Konten yang Bervariasi

Anda dapat meningkatkan engagement dengan berbagai cara, tidak hanya dengan mengunggah konten di feed saja. Saat ini, Instagram mengoptimalkan fitur story, video di IGTV, serta reels yang merupakan video dengan durasi yang pendek.

Dengan berbagai jenis konten yang Anda unggah, ada lebih banyak peluang untuk meningkatkan engagement atau interaksi dengan followers Anda. Selain itu, dapat pula meningkatkan Instagram Anda dengan followers organik.

Apakah selama ini Anda hanya melakukan posting feed, story, reels, maupun IGTV dengan seadanya saja (tidak terjadwal dengan rapi)? Sebaiknya, mulai sekarang Anda dapat membuat jadwal dalam seminggu untuk meningkatkan konsistensi.

Pilih Jadwal Posting yang Strategis

Selain konsistensi. Anda tidak bisa mengunggah konten dengan sesuka hati. Terlebih jika Anda ingin mengembangkan akun bisnis Anda! Anda harus memiliki strategi dengan jadwal posting Anda.

Jangan dengarkan siapa pun yang mengatakan ada “magic time” untuk memposting tanpa melihat beberapa data untuk audiens target Anda. Karena, semua akun mempunyai karakteristrik followers masing-masing.

Waktu posting ideal Anda akan tergantung pada audiens target Anda dan kebiasaan mereka dalam bermain Instagram. Tujuan Anda adalah untuk mengetahui kapan audiens Anda paling aktif, dan menyusun jadwal posting Anda sesuai dengan itu.

Lihat analitik Instagram akun Anda untuk menentukan jam berapa dan di hari apa followers Anda saat ini paling aktif. Tetaplah lakukan pengujian dengan memposting beberapa kali di jam yang berbeda untuk dapat menentukan waktu yang sangat tepat bagi Anda untuk banyak mendapatkan engagement. Jika Anda konsisten, maka Anda akan mendapatkan lebih banyak data dan dapat menyesuaikan dengan strategi Anda.

Gunakan Hashtag yang Relevan

Jika Anda tidak menggunakan hashtag di postingan Anda, Anda kehilangan peluang besar untuk meningkatkan followers dan menumbuhkan akun bisnis Anda. Walaupun begitu, Anda tidak bisa menggunakan tagar secara sembarangan.

Jika Anda menggunakan hashtag sesukanya tanpa ada pertimbangan, Instagram akan melihatnya sebagai konten spam dan dapat merusak kredibilitas produk Anda. Gunakan hashtag yang relevan dengan konten serta target followers Anda.

Memang tidak mudah untuk meningkatkan followers akun Instagram secara organik, tetapi itu sangat bermanfaat untuk perkembangan bisnis Anda. Anda dapat bekerja seorang diri mempersiapkan bahan konten, mendesain isi, melakukan riset hashtag, sampai mengupload konten. Atau, Anda dapat berkosultasi dengan kami, A-Creative Digital Marketing Agency.

Kami siap membantu Anda untuk meningkatkan followers akun bisnis Instagram Anda. Tak usah ragu lagi, segera hubungi kami! A-Creative Digital Marketing Agency merupakan solusi yang tepat bagi Anda untuk berbagi insight mengembangkan bisnis Anda.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. Get your Rp 1.000.000 cashback here:

Promotion valid until 31 May 2022

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.