fbpx

Cara Memulai SEO Menggunakan Domain Baru

cara-memulai-seo
Cara Memulai SEO

Domain adalah nama unik yang digunakan untuk menemukan suatu situs di internet. Domain yaitu nama yang Anda ketik pada kolom URL untuk membuka suatu website. Memiliki domain baru pasti akan sulit untuk mendapatkan rangking atau posisi pertama di halaman pencarian Google. Sulitkah melakukan cara memulai SEO menggunakan domain baru?

Pasalnya, sudah banyak situs-situs web yang berkeliaran dan nangkring di sana sejak lama. Mungkin bagi Anda sulit untuk membalap mereka, tapi tidak ada yang tidak mungkin jika Anda melakukannya dengan baik dan benar. Semua itu ada tekniknya yaitu SEO (Search Engine Optimization). Ini dia 6 langkah yang dapat Anda praktikkan untuk membuat halaman Anda berada di posisi pertama Google.

Install Plugin SEO

Langkah pertama dalam cara memulai SEO yang bisa Anda lakukan adalah dengan menginstal plugin SEO. Contoh plugin SEO seperti YOAST SEO yang terdapat di WordPress. Jika Anda menggunakan WordPress Anda dapat menginstalnya sebagai langkah pertama dalam strategi SEO Anda.

Plugin Yoast SEO ini akan membantu Anda mengoptimasi konten web agar lebih SEO-friendly. Sehingga, Anda lebih mudah menghasilkan konten berkualitas agar web Anda mudah ditemukan oleh pengguna internet. Plugin Yoast SEO ini pun juga dapat menangani beberapa masalah teknis pada SEO Anda. Jadi, sebagai pemula yang ingin memulai SEO, penggunaan plugin ini sangat berguna untuk membantu Google mengidentifikasi situs web baru Anda.

Tetapkan Tujuan

Cara memulai SEO selanjutnya yaitu menentukan tujuan. Untuk domain baru, mungkin masih agak sulit untuk mendapatkan peringkat pertama di awal. Mengapa? Karena pasti sudah ada domain atau situs lama yang sudah muncul dan berada di peringkat tersebut, terlebih lagi jika mereka memiliki tautan atau link eksternal yang mengarah ke situs mereka.

Namun, tidak menutup kemungkinan domain baru Anda dapat menyusul posisi peringkat mereka. Teknik utama SEO sebenarnya adalah kata kunci. Sebelum menentukan kata kunci yang akan Anda gunakan, maka tetapkanlah tujuan domain atau situs Anda terlebih dahulu. Apa yang akan Anda isi di dalam domain baru Anda? Apakah tentang teknologi? Kecantikan? Atau yang lainnya?

Jadi, sebelum masuk ke tahap riset kata kunci, sebaiknya Anda tetapkan terlebih dahulu tujuan dari situs web Anda dibuat.

Riset Kata Kunci

Setelah Anda menetapkan tujuan, barulah Anda dapat melakukan riset kata kunci. Anda harus dapat memastikan bahwa kata kunci yang akan Anda gunakan dapat menarik audiens untuk mengunjungi situs web Anda.

Meriset kata kunci dapat Anda mulai dari “Siapa audiens yang ingin Anda tuju? Istilah seperti apa yang sering digunakan oleh audiens? Konten seperti apa yang audiens cari?” Cobalah untuk mencari kata kunci yang paling tepat dengan tujuan website dan target audiens Anda.  Kata kunci termasuk langkah yang sangat penting di dalam SEO.

Jika Anda merasa kesulitan, Anda dapat menggunakan tools yang disediakan, baik gratis ataupun berbayar. Contoh toolsnya seperti Google Trends atau Google Keyword Planner. Analisis pasar terkait bidang bisnis Anda sangat dibutuhkan untuk mendapatkan kata kunci yang tepat.

Link Internal

Google sangat senang jika situs web Anda memiliki banyak link di dalamnya. Namun, link tersebut tetaplah harus terstruktur, bukan asal. Jika Anda memiliki struktur link internal yang sempurna, maka bisa saja situs web Anda mendapatkan posisi di peringkat pertama Google.

Jadi, tetapkanlah halaman mana yang paling penting. Halaman apa yang ingin Anda rangking? Pastikan halaman tersebut memiliki tautan internal paling banyak yang mengarah ke sana.

Dapatkan Link Eksternal

Selain link internal, link eksternal juga tak kalah penting. Mendapatkan link eksternal tidaklah mudah seperti menautkan link internal. Untuk itu, pastikan halaman atau konten yang Anda buat membuat audiens tertarik untuk membagikannya atau menautkannya di konten mereka. Google akan sangat suka dengan halama yang memiliki link eksternal, sehingga domain baru Anda berpeluang untuk mendapatkan rangking pertama.

Mulai Menulis

Langkah terakhir dalam memulai SEO adalah langkah yang paling penting yaitu mulailah menulis. Untuk apa Anda ikuti semua langkah di atas, tapi tidak langsung dipraktekkan di dalam konten Anda. Tulislah kata-kata yang ingin Anda temukan di dalam halaman Anda. Letakkan kata kunci di dalam judul, pendahuluan, dan kesimpulan. Selain itu, Anda juga harus mengoptimalkan judul SEO dan deskripsi meta Anda. Plugin Yoast SEO yang Anda install tadi dapat membantu Anda untuk melakukan hal ini.

baca juga : Bagaimana Penulis Artikel SEO Bekerja Untuk Bisnis Anda?

Itu dia beberapa cara memulai SEO untuk pemula yang memiliki domain baru. Langkah-langkah tersebut hanya sebagai langkah awal saja, masih ada teknik-teknik SEO lainnya yang wajib Anda ketahui. Buatlah konten yang membuat audiens Anda senang untuk mengunjungi halaman Anda berkali-kali. Selamat mencoba!

Anda dapat menghubungi A-Creative jika membutuhkan konten SEO berkualitas atau membutuhkan optimasi SEO untuk website bisnis Anda.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.