fbpx

Cara Membuat Reels Instagram untuk Promosi

Cara Membuat Reels Instagram

Seperti diketahui, Instagram sebagai salah satu platform media sosial dengan pengguna paling banyak di seluruh dunia telah meluncurkan Reels. Fitur yang mirip dengan TikTok ini menyimpan potensi untuk meningkatkan jangkauan, pengikut, yang bermuara pada semakin dikenalnya bisnis Anda. Untuk itu, disini kami akan memberikan tips cara membuat reels Instagram untuk mengoptimalkan promosi bisnis Anda.

Apa Itu Reels Instagram?

Reels Instagram adalah fitur video vertikal berdurasi hingga 60 detik yang ada di di tab Reel pada aplikasi Instagram. Mirip dengan TikTok, Reels memungkinkan Anda menambahkan musik, menyertakan efek video, filter dan banyak hal lainnya.

Anda dapat membagikan Reels dengan pengikut Anda pada  feed postingan Instagram. Selain akan muncul di tab feed pengikut, video Anda juga akan ditampilkan dalam tab khusus Reels dengan ikon clapper di bagian bawah.

 Seberapa Efektif Reels Untuk Kebutuhan Promosi?

Format Reels menawarkan para pemilik bisnis kemampuan untuk berbagi apa yang mereka tawarkan dan membangun hubungan dengan audiens mereka dengan cara yang menyenangkan dan menghibur. Jadi cara membuat reels Instagram dengan konten – konten yang bersifat lucu dan menyenangkan akan semakin meluaskan jangkauan postingan Anda.

Beberapa laporan juga mengatakan bahwa Instagram ingin penggunanya lebih aktif memanfaatkan Reels. Hal ini disebabkan karena banyaknya keluhan tentang berkurangnya jangkauan pada format konten seperti Story dan postingan biasa. Berbeda dengan format lain, postingan dengan fitur Reel justru mampu menghasilkan jangkauan yang memuaskan.

Meski klaim di atas belum dikonfirmasi resmi oleh Instagram, namun  mempelajari cara membuat reels Instagram  dengan benar mungkin akan menjadi solusi penurunan pada jangkauan akun Anda.

Baca juga: Aplikasi Puzzle Feed Instagram Gratis Bikin Konten Makin Keren

Bagaimana Cara Membuat Reels Intagram Untuk Promosi Sebuah Bisnis?

1. Perhatikan Detik – Detik Awal

Detik – detik awal Reel merupakan  bagian paling vital, tujuannya jelas untuk menarik audiens Anda dan membuat mereka berhenti scrolling. Ada 3 cara untuk menarik perhatian audiens :

  • Teks

Tambahkan teks atau judul yang menarik ke Reel Anda dengan warna latar yang mencolok.

  • Gerakan

Berlari ke arah kamera, melambaikan tangan, atau menggerakkan kamera efektif untuk menarik perhatian audiens.

  • Bahasa

Jika Anda hendak berbicara ke kamera, mulai Reel dengan kata – kata menohok seperti “Hei, kamu!” lalu memberi pertanyaan terkait dengan bisnis Anda.

2. Gunakan Audio yang Sedang Trending

Ada alasan mengapa Anda melihat begitu banyak Reel dengan lagu yang hampir seragam. Hal itu karena algoritma Reels Instagram akan memprioritaskan konten yang sedang tren. Jadi, jika Anda menggunakan lagu yang populer dan sedang tren, ada kemungkinan algoritma Instagram akan mendorongnya untuk dilihat ke lebih banyak orang, terutama mereka yang sebelumnya telah melihat Reel yang menggunakan lagu itu.

3. Bagikan Tips Yang Bermanfaat

Berikan sesuatu yang berguna kepada pengikut Anda seperti tips – tips yang terkait dengan produk atau bisnis Anda.  Membagikan tips yang bermanfaat merupakan salah satu cara terbaik untuk memposisikan Anda sebagai seorang ahli dibidang bisnis Anda. Ketika orang-orang mendapatkan sesuatu yang berharga dari Anda, lambat laun mereka akan mempercayai apapun yang Anda katakan.

Sekarang, Anda bisa mulai mempraktikkan cara membuat reels Instagram diatas. Kekuatan Reel Instagram mampu membantu Anda menjangkau audiens baru, kemudian mempromosikan bisnis Anda, dan menghasilkan penjualan. Jika Anda memiliki masalah dalam mempromosikan bisnis melalui sosial media, konsultasikanlah dengan A-Creative sebagai Digital Marketing Agency yang dapat membantu Anda membuat konten promosi berkualitas sesuai target audiens bisnis Anda.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.