fbpx

Cara Membuat Portofolio Digital Marketing Yang Bagus

cara membuat portofolio digital marketing

Mengetahui cara membuat portofolio digital marketing yang baik, bermanfaat untuk dapat menonjol dari ratusan pelamar lain. Portofolio digital marketing yang kuat akan menambah value surat lamaran Anda dan memberi perekrut wawasan yang tepat tentang hasil pekerjaan serta pengalaman yang Anda miliki.

Portofolio akan menunjukkan kepada calon klien atau perekrut bagaimana ketrampilan Anda dapat membantu mereka dan seberapa jauh Anda dapat memenuhi kebutuhan mereka. Dibandingkan dengan teks biasa, portofolio yang dibuat secara visual dikatakan lebiih mampu memberikan gambaran persuasif.

Jadi, lengkapi lamaran pekerjaan Anda dengan portofolio yang baik dengan menyimak pembahasan tentang cara membuat portofolio digital marketing berikut ini.

cara membuat portofolio digital marketing

Mengapa Perlu Membuat Portofolio Digital Marketing?

Sebelumnya, portofolio hanya banyak digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan dalam bidang desain. Namun pada perkembangannya, portofolio sangat efektif untuk menunjukan keahlian di bidang selain desain.

Beberapa alasan membuat portofolio, antara lain :

  • Menunjukan bahwa Anda dapat melakukan apa yang Anda katakan di CV
  • Mempresentasikan hasil dari pekerjaan Anda
  • Menyorot karya terbaik Anda
  • Membuktikan kemampuan komunikasi Anda

Cara Membuat Portofolio Digital Marketing Yang Baik

Portofolio tradisional hanya menampilkan produk akhir, namun cara membuat portofolio digital marketing adalah menjelaskan kontribusi Anda dalam suatu proses dan menunjukkan bagaimana Anda membawa proses tersebut ke hasil yang memuaskan.

Anda bisa menggunakan penyedia layanan seperti Canva  atau EDIT untuk dapat membantu Anda menyusun informasi pada template yang ada. Dengan bantuan tersebut, Anda dapat fokus pada konten portofolio. Beberapa hal penting yang wajib Anda masukan dalam portofolio antara lain :

Biodata Singkat

Mulailah dengan paragraf pendek sederhana yang memperkenalkan disiplin ilmu, bakat, dan pengalaman Anda. Intinya Anda harus memberikan informasi yang cukup dan fokus pada bbagaimana Anda dapat memecahkan masalah mereka tanpa bertele-tele. Ada baiknya menyertakan foto diri Anda pada bagian ini.

Proyek Sebelumnya

Memilih proyek terbaik dari pekerjaan Anda sebelumnya adalah inti dari cara membuat portofolio digital marketing. Pilihlah empat hingga lima proyek terbaik yang pernah Anda kerjakan. Sekali lagi, fokuslah pada bagaimana Anda mengurai masalah klien dan memberi mereka hasil yang nyata.

Presentasikan bagaimana Anda mencapai hasil yang memuaskan dengan menggabungkan aset visual dengan analitik sebagai bukti keefektifannya. Sampaikan pula bagaimana kemampuan Anda mengatasi masalah tak terduga yang merupakan bagian penting dari keterampilan manajemen proyek.

Terakhir, Anda harus memberikan bukti nyata keberhasilan dari pekerjaan Anda. Sertakan statistik ROI, ROAS, peningkatan pendapatan, atau efisiensi untuk menunjukkan bagaimana upaya tersebut membuahkan hasil.

Untuk setiap proyek yang Anda sertakan dalam portofolio, pastikan Anda menyebut eleman penting seperti :

  • Nama perusahaan
  • Apa yang Anda lakukan dan mengapa
  • Hasil berupa screensoot materi, laporan konversi, grafik pertumbuhan traffick, dan lainnya.
  • Inovasi yang Anda lakukan dalam memaksimalkan alat atau teknologi untuk mendapatkan hasil maksimal

CTA

Anda harus menyertakan CTA yang dibuat dengan baik untuk membuat klien atau perekrut menghubungi Anda. Portofolio memasarkan merek pribadi Anda, jadi tunjukkan kepada mereka bahwa Anda tahu apa yang Anda lakukan dengan menyertakan ajakan bertindak yang jelas dan menarik di bagian akhir.

Membuat CTA yang ringkas dan efektif adalah kunci dalam bagian akhir portofolio Anda. Ini adalah poin terakhir dari cerita Anda dan apa yang akan mendorong mereka menghubungi Anda.

Kontak

Jika Anda memiliki portofolio dan CV secara terpisah, akan lebih baik untuk selalu menyertakan detail kontak Anda dalam portofolio. Sertakan alamat email, nomor ponsel, atau tautan ke profil linkedin Anda.

Baca juga : Personal Branding LinkedIn, Cek Tipsnya Yuk!

Nah, dengan memahami cara membuat portofolio digital marketing di atas, Anda akan mampu memberikan gambaran mendalam pada perekrut dan klien atas ketrampilan yang Anda miliki. Cek lebih banyak tips seputar dunia digital marketing dan pengembangan karir di blog A-Creative dan Instagram @acreative.id.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.