fbpx

Cara Membuat Iklan Online untuk Pemula

cara membuat iklan online

Salah satu bagian penting dari strategi pemasaran bisnis yang baik adalah iklan online. Dengan menggunakan cara membuat iklan online yang tepat, Anda akan mampu menjangkau audiens target dan memaksimalkan penjualan.

Salah satu platform iklan online yang cukup populer adalah Google Ads. Platform yang sebelumnya bernama Google AdWords ini menyediakan semua aspek yang Anda butuhkan untuk mendukung keberhasilan sebuah kampanye iklan.

Bagaimana Google Ads Bekerja?

Pada dasarnya, Anda akan memilih kata kunci yang telah Anda targetkan, kemudian menawar besaran biaya yang ingin Anda belanjakan tiap kliknya. Kata kunci yang dipilih bisa berupa kata atau frasa spesifik yang sering digunakan dalam kueri penelusuran yang terkait dengan produk atau layanan Anda.

Saat pengguna melakukan penelusuran dengan kata kunci yang Anda targetkan, iklan Anda akan muncul di atas hasil penelusuran organik pada laman hasil penelusuran Google. Iklan seperti ini akan meningkatkan potensi Anda dalam upaya menarik pelanggan baru karena tingkat relevansi yang sangat tinggi.

cara membuat iklan online

Cara Membuat Iklan Online Di Google

Jika Anda memulai dengan akun yang benar-benar baru dan baru, cara membuat iklan online di Google yang pertama adalah dengan mengunjungi ads.google.com dan menyiapkan akun. Ada beberapa pilihan, namun sebaiknya Anda memilih opsi untuk “Switch to expert mode” di bagian bawah, lalu ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Pilih Jenis Kampanye

Ada berbagai jenis kampanye berbeda untuk tujuan yang berbeda pula. Apa saja jenis-jenis kampanye dalam Google Ads?

  • Search atau penelusuran (jenis kampanye yang akan kami gunakan dalam panduan ini)
  • Display
  • Video
  • App
  • Discovery
  • Lokal
  • Shopping
  • Performance Max

Sebelum memilih kampanye, Google akan meminta Anda memilih tujuan Anda beriklan. Dalam panduan ini, kita akan membuat iklan penelusuran jadi mari kita pilih lalu lintas website.

Siapkan Kampanye

Masukan nama kampanye dengan nama yang mudah diingat. Nama tak berpengaruh pada performa iklan Anda. Kemudian, pada bagian Network pilihlah bagaimana Anda ingin menampilkan iklan Anda, lalu pilih lokasi target dan bahasa.

Tetapkan Jadwal Iklan

Cara membuat iklan online selanjutnya adalah dengan memberi tahu Google kapan mereka harus menampilkan iklan. Misalnya, Anda dapat menghindari untuk menampilkan iklan pada dini hari ketika orang mungkin tidak tertarik untuk melakukan konversi.

Untuk mengatur jadwal, klik “show more settings” dan pilih tanggal mulai dan akhir serta jadwal iklan Anda.

Tetapkan Anggaran Harian

Agar dapat menghitung anggaran secara tepat, pertama-tama Anda harus menghitung pengeluaran bulanan. Mulailah dengan beberapa riset kata kunci dan lihat pada Google Ads benchmarks untuk mengetahui CPC atau CPA rata-rata. Setelah mendapatkan angkanya, lalu bagi angka tersebut dengan 30 untuk mendapatkan anggaran harian Anda.

Meski Anda telah menetapkan anggaran harian, Google kemungkinan akan mengambil nilai rata-rata bulanan. Misalnya, jika Anda menetapkan anggaran harian sebesar Rp 20.000, Google mungkin membelanjakan Rp 25.000 dalam satu hari yang berarti lebih banyak klik dan konversi, dan hanya membelanjakan $ Rp 15.000 pada hari lainnya untuk meratakan anggaran Anda pada bulan tersebut.

Pilih Strategi Bidding

Dalam tahap ini Anda memiliki opsi untuk bidding secara manual dan otomatis. Manual berarti Anda menetapkan biaya per klik  maksimum untuk setiap kata kunci. Sedang dengan bidding otomatis, Anda akan membiarkan Google menentukan biaya per klik  maksimum secara otomatis.

Siapkan Kata Kunci

Langkah terakhir dalm membuat iklan online Google Ads adalah memilih kata kunci. Ini adalah kata atau frasa yang diketik target audiens Anda dalam Google Penelusuran. Jadi pikirkan kata kunci apa yang akan diketik audiens, jika mereka mencari sesuatu yang relevan dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Baca juga : Belajar Tiktok Ads Cara Daftar Hingga Beriklan

Nah, itulah cara membuat iklan online. Jika masih smengalami kesulitan, pastikan Anda mendapatkan bantuan profesional di bidangnya. A-Creative adalah layanan digital marketing untuk  iklan online di Google (SEM), sehingga Anda tidak perlu repot memikirkan konsep hingga eksekusi iklan online yang efektif. Kunjungi website A-Creative atau @acreative.id di Instagram untuk info lebih lanjut.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.