fbpx

Cara Membuat CV ATS Friendly Lebih Mudah Dilirik HRD

CV ATS friendly

Saat membuat CV, hal pertama yang dipikirkan tentu saja mencantumkan pengalaman sebanyak-banyaknya. Selain itu, banyak yang  terlalu fokus pada tampilan CV yang menarik dengan alasan mudah dibaca. Padahal, ada cara membuat CV ATS friendly untuk mudah dibaca mesin pemindai.

Anggapan tampilan CV menarik dan rapi akan semakin mudah dibaca memanglah tidak sepenuhnya salah. Tetapi, banyak perusahaan besar dengan ratusan bahkan ribuan pelamar menggunakan software bernama ATS untuk menyeleksi CV. 

Oleh karena itu bisa saja pengalaman atau isi resume menarik tetapi tidak terpilih karena tidak sesuai dengan format ATS. Saat ini banyak juga informasi terkait cara membuat CV ATS friendly sehingga membuat CV dengan format tersebut bukan lagi hal yang sulit. Sebelum mengetahui cara membuatnya, mari kupas bersama apa itu CV ATS!

Apa Itu CV ATS?

contoh resume

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ATS merupakan suatu software yang merupakan singkatan dari Applicant Tracking System. Aplikasi ini berfungsi untuk menyeleksi CV berdasarkan dengan kesesuaiannya dengan kriteria perusahaan.

Secara garis besar, ATS bekerja dengan cara mengumpulkan resume dari berbagai kandidat. Selanjutnya, resume akan dipindah kemudian dilakukan pemilahan resume mana saja yang paling sesuai dengan kriteria pekerjaan.

Setelah itu, rekruter akan menerima dokumen lain selain CV. Dokumen tersebut nantinya akan disatukan ke dalam ATS. Barulah ATS akan merekomendasikan pelamar yang paling sesuai untuk dilakukan interview kerja.

Apabila CV ATS friendly dan kriteria dalam CV sesuai dengan lowongan yang dibuka, maka besar kemungkinan pelamar mendapat panggilan. Selain itu untuk memastikan pelamar mendapat pekerjaan tersebut, lakukan wawancara dengan percaya diri.

Baca juga: Jawaban Saat Interview Kerja Tentang Kekurangan Diri, Begini Tipsnya! 

Cara Membuat CV ATS Friendly

ilustrasi membuat CV

Setelah memahami apa itu CV ATS tentu saja hal yang paling diinginkan setelahnya adalah membuat CV yang mudah dikenali ATS. Oleh karena itu, berikut merupakan beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk membuat CV ATS friendly.

Pelajari Posisi Pekerjaan

Ada baiknya untuk lowongan pekerjaan berbeda CV dibuat berbeda pula. Hal ini karena setiap lowongan tentu saja memiliki kriteria yang berbeda. Sehingga calon pelamar harus menyesuaikan informasi pada CV sesuai dengan keyword yang sesuai dengan kriteria. Dengan ini, pelamar lebih mudah terpilih.

Buat Heading Untuk CV

Usahakan jangan membuat informasi CV dengan paragraf panjang ataupun judul yang sangat panjang. Judul dibuat singkat seperti Skills, Experience, dan lain sebagainya. Saat ini bahkan ini bisa dimudahkan dengan menggunakan template CV ATS. Dari template ini, pengguna juga bisa mendapatkan font yang ATS friendly.

Informasi dan Format File

Saat menulis isi CV, pastikan untuk memeriksanya dengan baik. Perhatikan kesalahan penulisan kata, tanda baca, dan lain-lain. Karena kesalahan ini bisa membuat informasi menjadi tidak sesuai kriteria. Selain itu, ada baiknya mengirim CV dalam bentuk format file word yang mana lebih mudah dibaca ATS.

Lakukan Tes

Meskipun pelamar sudah merasa CV-nya cukup baik, tetapi alangkah lebih baik untuk memastikannya pada rekan terdekat. Pastikan pembaca mengerti dengan jelas informasi yang disampaikan dan CV mudah untuk dibaca.

Sekian informasi mengenai cara membuat CV ATS friendly. Artikel dan informasi lain terkait tips pengembangan karir dan dunia  digital bisa diperoleh pada website A-creative atau instagram @acreative.id.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

digital marketer

Tugas Digital Marketer

Pesatnya teknologi dan tingginya aktivitas manusia yang dilakukan melalui teknologi digital membuat banyak lapangan pekerjaan terbuka. Khususnya dalam bidang digital. Saat ini, pekerjaan dunia digital

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.