fbpx

Cara Live Tiktok untuk Promosi dan Jualan yang Efektif

Semakin meningkatnya persaingan diindustri kreatif, membuat berbagai industry juga ikut menaikkan level kreativitasnya. Kehadiran TikTok yang menjadi wadah baru dan popular dalam mempromosikan produk ternyata menjadi solusi baru bagi banyak owner. Oleh karena itu, banyak owner yang ingin mempelajari cara live TikTok untuk meningkatkan penjualanannya.

cara live tiktok

Photo by Kampus Production

Apa itu TikTok Live?

Live TikTok sebenarnya sama dengan live di platform yang lain seperti Instagram, YouTube, Facebook, dan lainnya. Tujuan dari live ini adalah agar kreator dapat terhubung dengan audiens secara realtime. Akan tetapi, memang live TikTok memiliki perbedaan dengan live dari platform lainnya.

Di platform TikTok, audiens dapat berkontribusi dalam ramainya keberlangsungan live tersebut. Live TikTok berlangsung bukan hanya untuk follower creator. Semakin bagus interaksi creator dan audiens saat live, maka algoritma TikTok akan menyebarkan pada lebih banyak audiens sehingga live pun akan lebih ramai.

Selain itu, pada live TikTok terhadapat hadiah yang bisa diberikan kepada creator sebagai wujud apresiasinya. Hadiah tersebut dapat ditukarkan ke mata uang dengan nilai tertentu. Di sisi lain, creator yang memiliki bisnis juga dapat memanfaatkan live TikTok untuk memasarkan produknya karena jangkauannya yang luas tidak dbatasi dengan follower saja. 

Cara Melakukan Siaran Langsung di TikTok

Berikut adalah cara live TikTok dan menaikkan atensi penonton:

1.     Siapkan Siaran Langsung dan Atur Tampilan

Langkah awal untuk memulai siaran langsung di TikTok adalah dengan klik tanda + di bagian bawah layar TikTok Anda untuk membuka kamera. Gulir tombol opsi perekam dan temukan opsi live/ langsung, kemudian ketuk.

Pilih foto sampul, yang bisa menggunakan foto profil Anda atau menggunakan foto yang lain. pilihlah topic, filter, efek, dan atur pengaturan lainnya sesuai kebutuhan Anda. Setelah menyiapkan setelan live sesuai kebutuhan Anda, maka Anda bisa langsung menekan “live” atau “langsung.”

2.     Tentukan Tujuan dan Pilih Topik

Untuk meningkatkan penonton, tentu saja banyak faktor pendukung. Salah satunya adalah menenukan topik dan member judul live Anda. dengan demikian tiap ada penonton baru yang melihat live Anda, mereka akan memahami isi dari siaran langsung Anda. Ini akan efektif, terlebih jika penonton tersebut bukanlah follower Anda di TikTok.

Upayakan untuk menentukan topik yang relevan dengan branding Anda sebagai creator dan sesuai dengan produk Anda sebagai owner. Selain itu cobalah untuk konsisten membuat konten yang relevan dengan tujuan akun Anda. ini akan meningkatkan kepercayaan audiens kepada Anda.

3.     Pertahankan Hingga 30 Menit

Pastikan untuk member waktu yang cukup bagi algoritma TikTok untuk membantu menyebarkan kepada calon penonton dalam mempartisipasi live Anda. live yang hanya beberapa menit akan tidak efektif karena audiens tidak akan menangkap informasi yang akan disampaikan.

Slain itu, perhatikan juga waktu saat Anda melangsungkan live TikTok. Pastikan untuk siaran langsung saat pengguna TikTok sedang online. Tidak disarankan untuk melakukan live di waktu-waktu tidur. Pilihlah waktu yang sedang santai.

4.     Jadikan Interaktif

Menjadi interaktif adalah poin yang sangat penting dalam keberlangsungan live TikTok. Semakin banyak interaksi yang terjadi, maka memungkinkan untuk live Anda akan semakin tersebar luas dan penonton pun akan semakin banyak.

Baca juga: Mengenal UI/UX Writer Profesi Penulis Populer

Demikian adalah penjelasan tentang cara live TikTok dan kita-kita yang dapat Anda ikuti untuk meningkatkan audiens Anda. Anda dapat konsultasi dengan kami sebagai digital marketing agency untuk mendapatkan informasi lebih detailnya. Anda akan mendapatkan pelayanan terbaik dengan harga spesial hanya di A-creative.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.