fbpx

Jualan di TikTok, Bagaimana Cara Memulainya?

jualan di tiktok

Saat ini jualan di TikTok menjadi pilihan yang tepat. TikTok Shop memungkinkan pengguna untuk menelusuri, memilih, dan membeli barang dengan aman tanpa harus keluar dari aplikasi. Ini merupakan integrasi e-commerce tanpa batas yang telah membuat gelombang besar di platform. Berikut ini ada beberapa langkah untuk dapat mulai jualan di TikTok.

1. Pilih Produk yang Tepat

cara jualan di tiktok

Langkah pertama sebelum berjualan di TikTok adalah memilih produk yang tepat. Hal ini dapat dilakukan dengan cara meneliti target pasar dari suatu produk. Cara yang berikutnya adalah mempelajari suatu produk yang akan dijual nantinya. TikTok tidak menyediakan daftar produk yang diizinkan untuk dijual, tetapi mencantumkan barang yang dilarang. Dengan melihat video yang sedang tren atau viral dapat memberikan gambaran tentang jenis produk apa yang sangat cocok untuk dijual di TikTok.

2. Beralih ke Akun Bisnis 

Setelah membuat akun TikTok, secara otomatis akun tersebut ditandai sebagai akun pribadi. Anda perlu beralih ke akun bisnis. Kemudian selain dapat menjual produk, dengan beralih ke akun bisnis memungkinkan untuk mengakses hal-hal berikut ini:

Data kinerja dan audiens (informasi tentang apa yang disukai audiens dalam hal konten). Kemudian ada panduan konten bisnis (berisi saran dalam segala hal mulai dari memilih topik video hingga memilih suara). Video Showcase (konten populer dari bisnis dan pembuat konten). Pustaka musik komersial (pustaka berisi 150.000+ suara yang telah dibersihkan sebelumnya, bebas royalti yang dapat digunakan untuk tujuan komersial). Paket bisnis web (dapat mengunduh data analitik, lihat kiat pembuatan konten dari Business Creative Hub, dan akses TikTok for Business untuk mendapatkan informasi). 

3. Tautkan Toko atau Produk ke Akun TikTok 

Setelah beralih ke akun bisnis, akan memungkinkan untuk menautkan situs web, alamat email, dan akun media sosial. Dengan menghubungkan platform e-commerce ke TikTok, maka akan memugkinkan untuk menyinkronkan katalog produk toko ke TikTok dan tampilkan tab belanja di profil TikTok. Kemudian dapat menyertakan tautan produk di video TikTok yang mengarah langsung ke halaman produk di toko sehingga pelanggan dapat melakukan pembelian

4. Buat Konten yang Menarik

Kunci utama untuk mencari audiens dan calon pelanggan adalah dengan konten yang menarik. Selain membuat konten yang menarik perlu diperhatikan pula untuk melihat tren, melihat apa yang sedang viral, dan mencari kata kunci yang terkait dengan merek atau bisnis Anda (dan produk yang Anda promosikan).

Tips untuk membuat konten menarik jualan di TikTok yakni dengan membuat tantangan tagar merek Anda sendiri dan dorong pengguna untuk bergabung, jadikan tagar itu mudah dan mudah diingat. Kemudian gunakan musik yang sedang tren untuk membuat video.

Jangan lupa bagikan video informasi atau tutorial (cara melakukannya). Pastikan untuk membuatnya dalam format yang mudah dipahami. Dan terakhir adalah bergabunglah dalam acara-acara khusus.

5. Bermitra Dengan Influencer

Karena TikTok adalah platform yang berfokus pada pembuat konten, bermitra dengan influencer memberikan pengenalan merek. TikTok Creator Marketplace adalah salah satu cara yang tepat untuk menemukan influencer sesuai merek Anda. TikTok Creator Marketplace ini menampung ribuan profil pembuat TikTok, dan Anda dapat memfilternya untuk menemukan profil yang sesuai dengan audiens target bisnis.

TikTok Creator Marketplace memberikan informasi tentang audiens influencer, termasuk perincian audiens, kinerja konten (tampilan, komentar, dan bagikan), grafik tren (pengikut dan keterlibatan), dan contoh pekerjaan.

6. Manfaatkan Iklan Berbayar TikTok

Selain membuat konten yang menarik, bekerja sama dengan influencer, dan menampilkan produk di konten video, maka langkah berikutnya adalah tampilkan produk di iklan TikTok sehingga pelanggan dapat langsung membeli produk tersebut. 

baca juga : Tips Meningkatkan Penjualan Online Era Digital

Berbagai media sosial saat ini dapat digunakan sebagai sarana promosi sekaligus platform untuk berjualan, begitupun dengan TikTok. Untuk mendapatkan berbagai informasi bermanfaat seperti ini dapat ditemukan pada website a-creative.id.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.