fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Mengenal Customer Engagement dan Manfaatnya untuk Bisnis

customer engagement

Hubungan dengan pelanggan merupakan kunci utama kesuksesan dalam bisnis. Ini membutuhkan pemahaman akan konsep customer engagement, di mana bisnis tidak hanya berfokus pada penjualan, tetapi juga aktif terlibat dengan pelanggan.

Lebih dari sekadar menyajikan konten yang mendorong pelanggan memberikan like, berkomentar, atau membagikan konten, bisnis harus aktif mendengarkan masukan dan memberikan pengalaman yang memuaskan untuk menciptakan pertumbuhan jangka panjang.

Apa Itu Customer Engagament?

Customer engagement adalah tingkat interaksi dan koneksi yang dimiliki oleh sebuah bisnis dengan pelanggannya. Ini bisa terjadi melalui berbagai cara, seperti berinteraksi di sosial media, mengunjungi website, merespons email, melakukan pembelian, atau menghubungi layanan pelanggan. Intinya, ini adalah tentang seberapa erat hubungan antara pelanggan dan suatu bisnis.

Jadi, jika pelanggan sering berinteraksi dengan suatu bisnis, seperti memberi like atau komentar di media sosial, mengunjungi situs web mereka, atau merespons email, itu menunjukkan bahwa mereka tertarik dan “engage” dengan bisnis tersebut.

Ini penting karena semakin tinggi tingkat keterlibatan pelanggan, semakin besar kemungkinan mereka akan tetap setia bahkan merekomendasikannya kepada orang lain. Jadi, ini adalah upaya untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan dan memastikan kesetiaan mereka.

customer engagement

Upaya yang bisa dilakukan misalnya dengan secara aktif mempublikasikan konten dan merespons pengguna di sosial media. Data dari Hubspot menunjukkan bahwa sebanyak 79% pelanggan mengharapkan respon dalam waktu 24 jam di media sosial. Sementara, tidak merespons komentar di media sosial dikatakan dapat meningkatkan churn rate hingga 15%.

Selain itu, upaya lain yang bisa dilakukan seperti mengirimkan pesan pencapaian, menanggapi pertanyaan pelanggan secara cepat, mengumpulkan umpan balik melalui survei, mengirimkan pesan selamat datang melalui email kepada pelanggan baru, membangun program loyalitas, dan berbagai upaya lain untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan.

Manfaat Customer  Engagement Untuk Bisnis

Berdasarkan pengalaman A-Creative dalam meningkatkan customer engagement untuk klien dalam beragam bidang industri, kami telah menyaksikan berbagai manfaat yang signifikan. Dari peningkatan kepuasan pelanggan hingga pertumbuhan pendapatan yang konsisten, di bawah ini adalah dampak positif yang dapat dirasakan secara langsung.

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Dengan terlibat secara aktif dengan pelanggan, bisnis dapat lebih memahami kebutuhan dan keinginan mereka, sehingga dapat memberikan layanan yang lebih baik dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Meningkatkan Pendapatan dari Upselling

Melalui interaksi yang berkelanjutan, peluang untuk melakukan upselling atau crosselling juga meningkat. Misalnya, dengan menawarkan produk atau layanan tambahan yang relevan dengan kebutuhan pelanggan saat ini.

Mengurangi Churn Rate

Hubungan yang kuat dengan pelanggan mampu meningkatkan loyalitas pelanggan dan mengurangi churn rate. Ini berarti keuntungan jangka panjang untuk bisnis, karena mempertahankan pelanggan yang ada lebih efisien daripada mencari pelanggan baru.

Meningkatkan Reputasi Merek

Pelanggan yang terlibat cenderung memiliki persepsi yang lebih positif terhadap merek atau bisnis. Melalui interaksi yang baik dan pelayanan yang memuaskan, bisnis dapat membangun reputasi yang kuat di mata pelanggan dan di pasar secara umum.

Sebagai faktor penting dalam pertumbuhan bisnis, Anda wajib memprioritaskan customer engagement dalam strategi bisnis Anda. Selain upaya-upaya yang telah dijelaskan di atas, salah satu cara untuk mencapai tujuan ini adalah melalui iklan online.

A-Creative hadir dengan paket iklan online yang terjangkau, cocok untuk memperluas jangkauan bisnis Anda, meningkatkan konversi, dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan potensial. Konsultasikan kebutuhan Anda bersama dedicated tim kami di sini, dan maksimalkan potensi bisnis Anda!

 

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising