fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Mau Iklan Facebook Sukses? Hindari Produk yang Dilarang!

iklan facebook

Iklan Facebook menjadi salah satu platform social media marketing yang paling efektif bagi bisnis. Jika Anda memiliki produk atau layanan, Facebook menyediakan platform yang kuat untuk membantu Anda menjangkau audiens target.

Meski demikian, sebelum Anda memulai kampanye iklan, penting untuk memahami dengan jelas batasan-batasan mengenai produk atau layanan apa yang diperbolehkan dan yang dilarang oleh Facebook. Pemahaman ini akan memastikan kampanye iklan Anda tidak melanggar aturan dan berjalan dengan lancar.

Ketentuan Konten Iklan Facebook

Facebook telah menerapkan kebijakan yang ketat untuk melindungi pengguna dari praktik yang tidak aman, diskriminatif, penipuan, atau menyesatkan, semua bertujuan untuk memperkuat pengalaman pengguna yang positif dan mempromosikan transparansi dalam periklanan.

Jadi, sebelum Anda membuat iklan di platform ini, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dengan cermat:

Mematuhi Standar Komunitas Facebook

Setiap iklan yang akan Anda tayangkan harus mematuhi standar komunitas Facebook. Ini termasuk larangan terhadap konten yang menampilkan kekerasan, kebencian, diskriminasi, serta konten yang melanggar hak kekayaan intelektual.

Mematuhi Undang-Undang yang Berlaku

Pastikan iklan Anda juga mematuhi semua undang-undang dan peraturan yang berlaku. Misalnya, iklan obat-obatan harus mematuhi regulasi yang ketat terkait promosi obat-obatan yang diatur oleh Kementrian Kesehatan.

Akurasi Representasi

Penting untuk memastikan bahwa iklan Anda secara akurat mencerminkan perusahaan, produk, layanan, atau merek Anda. Hindari membuat klaim yang sulit untuk dibuktikan atau menyesatkan.

Tidak Memuat Konten Diskriminatif

Pastikan iklan Anda bebas dari tata bahasa atau tanda baca yang tidak tepat, konten seksual atau merujuk pada aktivitas seksual, serta menghindari merujuk atau menyiratkan karakteristik pribadi pengguna seperti ras, etnis, agama, atau orientasi seksual.

Tidak Menyesatkan

Pastikan gambar yang Anda gunakan sesuai dan jelas, tanpa fungsi yang tidak ada, dan klaim yang disampaikan tidak menyesatkan atau menetapkan ekspektasi yang tidak realistis.

iklan facebook

Produk yang Dilarang dalam Iklan Facebook

Ada beberapa kategori produk dan layanan yang tidak diizinkan untuk dipromosikan di Facebook. Ini termasuk:

Produk Dewasa

Facebook tidak hanya membatasi konten iklan, tetapi juga melarang promosi produk atau layanan dewasa. Ini dilakukan untuk menjaga lingkungan yang aman dan sesuai untuk semua pengguna, terutama untuk melindungi remaja dan anak-anak dari konten yang tidak sesuai dengan usia mereka.

Tembakau dan Obat Tertentu

Iklan yang mempromosikan tembakau, obat-obatan terlarang, atau obat resep tanpa izin khusus tidak diperbolehkan.

Senjata dan Perlengkapannya

Facebook tidak mengizinkan iklan produk senjata api, amunisi, atau aksesori modifikasi senjata. Ini termasuk iklan yang mempromosikan penjualan atau penggunaan senjata dengan atau tanpa lisensi.

Produk yang Dibatasi oleh Iklan Facebook

Dalam rilis resmi Facebook tentang Penerapan Kebijakan Iklan dan Perdagangan, selain produk tertentu yang dilarang, terdapat beberapa kategori iklan yang dibatasi, yaitu:

Alkohol

Iklan yang mempromosikan alkohol harus mematuhi persyaratan usia dan negara yang sesuai. Misalnya, iklan minuman beralkohol hanya boleh ditargetkan kepada orang dewasa yang memenuhi syarat usia.

Perjudian

Facebook memiliki kebijakan ketat terkait iklan perjudian. Iklan perjudian online memerlukan izin tertulis sebelumnya dari Facebook dan tidak boleh ditargetkan kepada orang di bawah usia 18 tahun.

Hewan dan Produk Hewan

Facebook melarang promosi perdagangan hewan hidup atau spesies langka. Iklan yang mempromosikan penjualan atau penggunaan hewan harus mematuhi kebijakan perlindungan hewan Facebook.

Produk Perawatan Kesehatan dan Medis

Iklan yang mempromosikan produk perawatan kesehatan harus mematuhi standar yang ketat. Facebook melarang klaim yang tidak dapat dibuktikan atau menyesatkan terkait kesehatan atau perawatan medis.

Baca juga : Apa Itu CPAS Shopee? Ketahui Manfaat Dan Cara Menggunakannya Untuk Bisnis Anda

Pemahaman akan batasan-batasan ini akan membantu Anda membangun kampanye iklan yang sesuai dengan kebijakan Facebook, mengurangi risiko pelanggaran, dan meningkatkan efektivitas iklan Anda.

Pastikan untuk selalu memeriksa kebijakan dan pedoman terbaru dari Facebook agar iklan Anda tetap berjalan dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pastikan pula untuk mendapatkan dukungan profesional untuk memperbesar peluang kesuksesan kampanye iklan Anda.

Sebagai digital marketing agency yang berpengalaman dalam menangani klien dari berbagai bidang industri, A-Creative memiliki keahlian untuk mengoptimalkan kampanye Anda agar mencapai hasil yang optimal. Dapatkan dukungan dalam beriklan secara online dengan biaya awal hanya mulai dari Rp 1,5 juta bersama A-Creative di sini!

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising