Apakah Anda sedang mempertimbangkan untuk mempromosikan produk melalui platform sosial media? Dengan miliaran pengguna aktif, Facebook menjadi salah satu pilihan yang tidak bisa diabaikan. Apalagi, platform ini dilengkapi dengan Facebook Bisnis Manager yang bisa membantu Anda mengelola promosi dengan lebih efektif dan efektif.
Melalui fitur ini, Anda dapat dengan mudah membuat, menerbitkan, memantau, dan melaporkan berbagai aset terkait bisnis, mulai dari Halaman Facebook bisnis Anda hingga iklan Facebook Anda. Untuk memahami secara lebih jelas tentang apa itu Facebook Business Manager dan bagaimana cara membuatnya, yuk simak artikel ini sampai tuntas!
Apa Itu Facebook Business Manager?
Facebook Business Manager atau yang kini dikenal sebagai Meta Business Manager, adalah sebuah tools social media marketing yang membantu Anda mengelola pembuatan, publikasi, pemantauan, dan analisis semua aset bisnis Anda di platform Facebook.
Mulai dari Halaman Facebook bisnis hingga iklan yang Anda pasang, semuanya dapat dikelola dengan lebih efisien. Tools ini juga memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan platform lain yang berada di bawah naungan Meta, seperti Instagram atau WhatsApp Business, serta akses ke berbagai fitur kolaboratif Facebook termasuk CPAS.
Baca Juga : Apa Itu CPAS Shopee? Ketahui Manfaat Dan Cara Menggunakannya Untuk Bisnis Anda
Cara Membuat akun Facebook Business Manager
Proses pembuatan akun Facebook Bisnis Manager berbeda dengan ketika Anda membuat akun Facebook pribadi. Selain membutuhkan email, Facebook Bisnis Manager membutuhkan informasi bisnis seperti nama, alamat, dan detail penting lainnya. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk membuatnya:
- Buka https://business.facebook.com/overview kemudian klik tombol ‘Buat Akun’ yang terletak di sebelah tombol ‘Masuk’.
- Isi nama bisnis dan email Anda pada layar pop-up, lalu klik ‘Kirim’.
- Layar pop-up akan meminta Anda melakukan konfirmasi akun melalui email.
- Klik tautan pada email untuk mengonfirmasi akun Anda.
Cara Menambahkan Halaman Bisnis Facebook ke Akun Meta Business Manager
Untuk mengelola halaman Anda, Anda harus terlebih dahulu menghubungkan Halaman Bisnis Anda dengan Business Manager. Caranya adalah sebagai berikut:
- Masuk ke akun Facebook Business Manager Anda.
- Di panel sebelah kiri, klik “Pengaturan Bisnis”.
- Pilih “Halaman” dari menu yang tersedia.
- Klik tombol “Tambahkan” atau “Tambahkan Halaman”.
- Pilih opsi untuk menambahkan halaman yang ingin Anda hubungkan dengan Business Manager.
Ikuti petunjuk selanjutnya untuk menyelesaikan proses penghubungan. Anda mungkin diminta untuk memasukkan detail halaman atau memberikan izin akses.
Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah ini, halaman Anda akan terhubung dengan Business Manager Anda, memungkinkan Anda untuk mengelola dan menganalisis kinerja halaman dengan lebih efisien.
Cara Menambahkan Akun Iklan Facebook
Untuk menambahkan akun iklan Facebook, langkah-langkahnya hampir mirip dengan menambahkan halaman. Namun, perlu dicatat bahwa di awal Anda hanya dapat menambahkan satu akun iklan. Anda baru bisa menambahkan akun lain setelah membelanjakan saldo di akun iklan pertama.
Langkah untuk menambahkan akun iklan, yaitu:
- Klik tautan “Akun iklan” di panel sisi beranda.
- Klik tombol “Tambah” di jendela pop-up. Pada menu pop-up, pilih “Tambahkan akun iklan.”
- Masukkan “ID Akun Iklan” Anda ke dalam kotak. Setelah selesai, klik “Tambahkan Akun Iklan.”
Itulah cara membuat akun Facebook Bisnis Manager yang akan memudahkan Anda mengelola aset bisnis Anda di Facebook. Sebagai social media marketing agency terpercaya, A-Creative selalu siap membantu Anda untuk mengoptimalkan konversi iklan Anda. Klik di sini dan nikmati kemudahan dalam beriklan secara online hanya dengan biaya awal mulai Rp 1,5 juta!