fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Apa Itu CPAS Shopee? Ketahui Manfaat dan Cara Menggunakannya Untuk Bisnis Anda

CPAS Shopee dan Tokopedia

Menanggapi berkembangnya tren belanja online, Meta Ads atau yang dulu dikenal sebagai Facebook Ads, secara inovatif memperkenalkan CPAS dalam sebuah kolaborasi dengan dua platform marketplace terkemuka, Shopee dan Tokopedia. Kehadiran CPAS Shopee dan Tokopedia bakal membuka peluang bagi Anda untuk menjangkau dan mengonversi lebih banyak calon pelanggan.

Integrasi ini memungkinkan Anda untuk menyajikan iklan yang lebih relevan kepada konsumen yang telah menunjukkan minat pada produk tertentu. Melalui pendekatan ini, Anda dapat memaksimalkan efisiensi kinerja kampanye marketing, meningkatkan visibilitas produk, dan meraih konversi yang lebih tinggi.

Apa Itu CPAS Shopee dan Tokopedia?

Berdasarkan keterangan Meta, CPAS adalah solusi periklanan kolaboratif yang memungkinkan Anda menjangkau audiens target secara efisien melalui kampanye performance marketing. Melalui CPAS, Anda dapat meluncurkan kampanye iklan dinamis berupa segmen katalog yang berisi produk-produk di toko Anda baik di Shopee maupun Tokopedia. 

Iklan dinamis ini akan secara otomatis menampilkan produk yang relevan kepada individu yang sebelumnya telah menunjukkan minat pada produk tersebut di berbagai platform online, seperti website, aplikasi, atau platform lain yang Anda kelola.

Pendekatan ini membuka peluang bagi Anda untuk menyajikan iklan yang lebih relevan dengan minat audiens. Seperti diketahui, iklan yang relavan dapat secara signifikan meningkatkan potensi konversi. 

Perbedaan CPAS dengan Shopee Ads atau Tokopedia Ads

Letak perbedaan CPAS Facebook dengan Shopee Ads atau Tokopedia Ads erat kaitanya dengan strategi penayangan iklan dan sumber audiens. Jika pada Shopee atau Tokopedia Ads iklan hanya tayang pada masing-masing platform e-commerce, CPAS Shopee dan Tokopedia mengambil pendekatan yang lebih luas dengan memanfaatkan platform Meta Audience Network.

Ini memberikan keuntungan signifikan berupa jangkauan audiens yang lebih luas, memungkinkan Anda untuk menarik perhatian pelanggan potensial di luar ekosistem Shopee dan Tokopedia. Fleksibilitas targeting yang tinggi pada CPAS juga memungkinkan Anda menyajikan iklan secara lebih presisi berdasarkan preferensi dan perilaku pengguna. 

Manfaat CPAS Ads Untuk Bisnis Anda

Manfaat CPAS (Collaborative Performance Advertising Solutions) Ads untuk bisnis sangat beragam dan memberikan dampak positif pada strategi pemasaran. Berikut adalah beberapa manfaat utama:

1. Jangkauan Iklan Lebih Luas

Iklan CPAS akan ditampilkan dalam Meta Audience Network, seperti Facebook atau Instagram. Ini memungkinkan Anda untuk mencapai audiens yang lebih luas di luar platform Shopee dan Tokopedia, membantu meningkatkan eksposur produk dan peluang untuk mencapai target audiens yang lebih beragam.

2. Potensi Traffic Berkualitas

Pengintegrasian CPAS Ads memungkinkan Anda mendapatkan traffic berkualitas tinggi ke toko Anda di Shopee atau Tokopedia. Dengan meluncurkan iklan relevan di platform seperti Facebook, Instagram, dan situs online lainnya yang termasuk dalam Facebook Audience Network, Anda dapat menjangkau target audiens yang paling potensial untuk berinteraksi dan melakukan pembelian.

3. Kemudahan Pengukuran Kampanye

Platform Meta Ads dilengkapi dengan tools analitik kuat yang memungkinkan Anda mengukur keberhasilan kampanye secara akurat. Anda bisa dengan mudah  mengakses data terkini mengenai performa iklan, termasuk metrik penjualan dan konversi kustom lainnya.

4. Memungkinkan Retargeting

Salah satu keunggulan Meta Ads adalah kemampuan untuk meluncurkan kampanye dengan metode retargeting. Melalui CPAS, Anda juga dapat memiliki akses terhadap fitur ini. Metode ini memungkinkan Anda menargetkan kembali pengguna yang sebelumnya berinteraksi dengan produk atau iklan Anda. 

5. Memudahkan Upaya Upselling dan Cross Selling

Sama seperti kampanye retargeting, Anda dapat menargetkan pengguna yang telah membeli produk tertentu langsung dari marketplace, kemudian mempromosikan produk serupa atau produk yang melengkapi pembelian mereka sebelumnya.

CPAS Shopee dan Tokopedia

Syarat Untuk Beriklan CPAS Shopee atau Tokopedia

Untuk menjalankan CPAS Shopee atau Tokopedia, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan. Berikut adalah rincian persyaratan untuk kedua platform:

Syarat CPAS Tokopedia

Persyaratan untuk menggunakan CPAS untuk platform Tokopedia meliputi:

  • Menjadi Seller Official Store di Tokopedia.
  • Apabila Anda belum menjadi Seller Official Store, Anda bisa segera mengupgrade status seller Anda.
  • Memiliki akun Facebook Business Manager.
  • Tidak menjual produk atau layanan yang dilarang oleh Tokopedia maupun Facebook.
  • Untuk memaksimalkan performa kampanye, Anda disarankan untuk memiliki minimal 20 SKU yang aktif.

Syarat CPAS Shopee

Persyaratan untuk menggunakan CPAS untuk platform Shopee, diantaranya:

  • Membuat akun iklan baru di Facebook Business Manager.
  • Memberikan view access ke BM ID Shopee (1472239313020616) dan memberikan screenshot view access.
  • Memastikan bahwa ad account belum pernah digunakan sebelumnya dan dibuat khusus untuk CPAS Shopee.
  • Menginformasikan nama agency yang akan menjalankan iklan.
  • Minimum jumlah SKU di toko adalah 12.
  • SKU tidak boleh berisi barang palsu atau tiruan.

Cara Beriklan CPAS Shopee dan Tokopedia

Setelah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, untuk bisa beriklan menggunakan CPAS Shopee atau Tokopedia, Anda perlu mengikuti beberapa langkah di bawah ini. 

1. Mendaftar di CPAS

Setelah memastikan bahwa Anda memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan oleh Shopee atau Tokopedia, lakukan pendaftaran di CPAS. Ikuti langkah-langkah pendaftaran yang disediakan oleh masing-masing platform.

  • Untuk CPAS Shopee, pendaftaran bisa dilakukan dengan mengisi form regular submission di sini.
  • Untuk CPAS Tokopedia, Anda bisa langsung membuka  halaman Tokopedia Seller, lalu memilih opsi Promosi pada kolom Iklan dan Promosi di sebelah kiri kemudian klik opsi Facebook CPAS.

2. Melakukan Validasi Facebook Pixel dan SDK Seluler

Pastikan bahwa Facebook Pixel telah diimplementasikan dengan benar di toko online Anda. Facebook Pixel adalah alat analitik yang memantau interaksi pengguna dengan situs web Anda. Pastikan puka SDK Seluler (Software Development Kit) telah disiapkan dan terintegrasi dengan benar, terutama jika ada aplikasi seluler yang terlibat dalam kampanye.

3. Buat Katalog Produk

Buatlah katalog produk yang mencakup produk-produk yang akan diiklankan melalui CPAS. Katalog ini memuat informasi rinci tentang setiap produk, seperti gambar, deskripsi, harga, dan lainnya.

4. Meninjau Matriks Iklan melalui Meta

Setelah kampanye berjalan, secara teratur tinjau matriks iklan melalui Meta Business Manager. Perhatikan metrik-metrik penting seperti jumlah tayangan, interaksi, dan konversi. Evaluasi performa kampanye dan pertimbangkan untuk melakukan penyesuaian jika diperlukan.

Optimasi Ads CPAS Bersama A-Creative

Implementasi CPAS membutuhkan kecermatan dan perhatian yang tinggi. Langkah-langkah persiapan yang tepat, seperti memenuhi persyaratan platform, memvalidasi Facebook Pixel dan SDK Seluler, serta pembuatan katalog produk, menjadi kunci keberhasilan kampanye CPAS.

Untuk kebutuhan tersebut, kolaborasi bersama social media marketing agency yang handal seperti A-Creative dapat menjadi pilihan yang cerdas. A-Creative menyediakan paket online ads yang dapat memudahkan Anda mencapai tingkat konversi yang ditargetkan.

Hanya dengan biaya awal mulai Rp 1,5 juta, Anda sudah bisa menikmati layanan manajemen iklan profesional di seluruh platform, lengkap dengan 4 desain iklan atau 1 menit motion graphic. Tak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan layanan advertising set up, optimization, serta strategy yang telah terbukti memberikan konversi  optimal.

Pelajari lebih lanjut tentang bagaimana A-Creative dapat meningkatkan efektivitas kampanye iklan Anda di sini

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

New Offer

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising