fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

TikTok Tokopedia Berkolaborasi, Bagaimana Nasib GOTO?

TikTok Tokopedia

Kolaborasi yang sangat dinantikan antara TikTok Tokopedia akhirnya menjadi kenyataan. Sebagai komitmen untuk mendukung operasional Tokopedia, TikTok akan menginvestasikan lebih dari 1,5 miliar dolar AS.

Keputusan ini dinilai oleh banyak pihak akan membawa manfaat signifikan, terutama bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Meski demikian, pertanyaan yang muncul adalah, bagaimana nasib GOTO dalam konteks kolaborasi ini?

Dampak Merger TikTok Tokopedia bagi GOTO

Tidak dapat dipungkiri bahwa TikTok telah berkembang sebagai salah satu raksasa dalam ranah sosial media. Aplikasi asal Tiongkok ini memainkan peran yang sangat penting dalam pergeseran tren konten video pendek.

Tak sebatas itu, melalui pengenalan TikTok Shop, aplikasi ini berhasil mengubah paradigma konsumen dalam berbelanja. Meskipun mendapat sorotan dan kontroversi karena menggabungkan aspek sosial media dan e-commerce, tak dapat disangkal bahwa fitur tersebut menciptakan dampak yang menguntungkan dalam sektor perdagangan online.

Nah, dampak merger TikTok Tokopedia sendiri juga dinilai akan memberikan dampak signifikan bagi seluruh ekosistem GOTO. Diperkirakan, peningkatan jumlah pengguna tidak hanya akan terjadi di Tokopedia, melainkan juga akan merembet ke layanan-layanan on demand seperti GOTO Financial, GOTO Logistic, dan lainnya.

Kesepakatan ini diharapkan dapat menghidupkan kembali pertumbuhan pengguna GoTo secara keseluruhan, sambil mendorong peningkatan penjualan di segmen lain, termasuk logistik, pembayaran digital, dan pinjaman konsumen.

Tips Memanfaatkan Kolaborasi TikTok Tokopedia bagi UMKM

Seluruh dampak positif yang diprediksi akan dirasakan oleh GOTO juga dapat dirasakan oleh para pelaku UMKM. Di bawah ini, terdapat beberapa tips yang dapat membantu Anda, sebagai pemilik UMKM, untuk meraih peluang yang muncul dalam kerja sama antara TikTok dan Tokopedia:

1. Aktif di TikTok dan Tokopedia

Optimalkan kehadiran Anda di kedua platform ini. Manfaatkan semua fitur-fitur kreatif baik di TikTok maupun Tokopedi. Unggah produk-produk yang menarik, didukung oleh deskripsi yang informatif.

TikTok Tokopedia

2. Rancang Konten Kreatif, Interaktif dan Relevan

Lakukan riset sederhana dengan memantau preferensi audiens target Anda. Gunakan temuan dari riset tersebut sebagai dasar untuk menciptakan konten yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan serta keinginan audiens.

3. Pantau dan Analisis Tren

Untuk menjaga relevansi konten, penting untuk selalu memantau dan menganalisis tren yang sedang happening. Untuk itu, tetaplah up-to-date terhadap perubahan dalam preferensi dan kebiasaan audiens. Selain itu, pelajarilah fitur baru yang diminati oleh audiens, karena pemahaman ini menjadi kunci dalam menciptakan konten yang lebih menarik dan responsif terhadap kebutuhan mereka.

4. Buat Landing Page Menarik di Tokopedia

Pastikan halaman produk di Tokopedia dioptimalkan dengan baik. Foto yang berkualitas tinggi, deskripsi yang informatif, dan kejelasan mengenai harga serta metode pembayaran dapat meningkatkan konversi.

5. Berpartisipasi dalam Event dan Promosi Tokopedia

Manfaatkan event atau promosi khusus yang diadakan oleh Tokopedia. Ikut serta dalam kegiatan ini dapat memberikan eksposur tambahan dan meningkatkan penjualan.

Melalui langkah-langkah di atas, Anda bisa mengambil peluang dari kolaborasi antara TikTok dan Tokopedia. Jika Anda membutuhkan bantuan profesional untuk memanfaatkan peluang ini, ambil kesempatan untuk konsultasi marketing dan bisnis gratis bersama profesional berpengalaan dari A-Creative di sini!

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

New Offer

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising