fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Dampak Viral Marketing Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Viral marketing

Fenomena “viral” merujuk pada kemampuan suatu konten untuk mencapai popularitas secara cepat dan menyebar secara luas di kalangan pengguna internet. Dalam konteks marketing, fenomena ini disesuaikan secara strategis dalam apa yang dikenal sebagai viral marketing.

Tak hanya tentang kepopuleran sesaat, ini merupakan sebuah pendekatan yang dirancang untuk memanfaatkan efek domino dari penyebaran konten secara viral, membentuk suatu momentum yang kuat dan memicu respons positif dari audiens.

Apa Itu Viral Marketing?

Viral marketing adalah strategi pemasaran di mana suatu kampanye atau konten mencapai tingkat popularitas yang tinggi. Fenomena ini menciptakan jangkauan yang meluas di berbagai platform dan seringkali berkembang secara organik.

Meskipun terjadi secara organik, perlu dicatat bahwa viral marketing juga dapat terjadi secara disengaja, di mana pembuat kampanye secara aktif merancang konten agar dapat menyebar dengan cepat dan luas di kalangan pengguna internet.

Dengan daya tarik dan kemampuan penyebaran yang cepat, viral marketing menjadi salah satu pendekatan marketing yang paling efektif untuk mencapai tujuan visibilitas dan keterlibatan yang optimal.

Viral marketing
Unsplash

Kelebihan dan Kekurangan Viral Marketing

Berdasarkan pengalaman A-Creative dalam mengelola social media marketing klien, di bawah ini adalah kelebihan dan kekurangan dari strategi viral marketing.

Kelebihan Viral Marketing

Viral marketing menawarkan keunggulan signifikan dalam hal efektivitas biaya. Kemampuannya untuk mencapai dampak besar dengan biaya yang relatif rendah terletak pada fakta bahwa konten atau kampanye yang sukses dapat menyebar dengan cepat secara organik melalui berbagi online.

Tidak seperti metode pemasaran tradisional, strategi ini memanfaatkan daya sebar alami pengguna internet untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Strategi viral yang berhasil juga membuka peluang untuk menghasilkan prospek baru dan meningkatkan konversi.

Efek domino dari penyebaran yang cepat dapat menciptakan minat baru di antara konsumen, memotivasi mereka untuk berpartisipasi atau berinteraksi dengan bisnis. Selain itu, keberhasilan viral marketing tidak hanya terbatas pada tingkat popularitas sementara, namun juga mampu meningkatkan citra merek yang pada gilirannya dapat meningkatkan kredibilitas bisnis.

Kekurangan Viral Marketing

Viral marketing meskipun dapat membawa manfaat besar, seringkali bukan pilihan yang direkomendasikan untuk bisnis kecil. Hal ini dikarenakan bisnis skala kecil mungkin tidak memiliki kapasitas untuk mengatasi lonjakan permintaan yang tiba-tiba, yang dapat menyebabkan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.

Kelemahan lain dari viral marketing terletak pada kesulitan dalam pengukuran yang kuantitatif. Virality seringkali bergantung pada faktor eksternal dan keberuntungan, membuatnya sulit diukur secara akurat.

Melalui pemahaman mendalam tentang kelebihan dan kekurangan viral marketing yang telah diuraikan di atas, Anda dapat mengimplementasikan strategi ini dengan tepat sesuai ukuran dan kebutuhan bisnis Anda. Dapatkan tips dan trik menarik lain dalam dunia digital marketing dengan mengikuti @acreative.id di Instagram.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

New Offer

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising