fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Cara Membuat Broadcast Message yang Menarik dan Efektif

Broadcast Message

Bagi Anda yang merasakan masa kejayaan BlackBerry Messenger (BBM), istilah broadcast message mungkin sudah tidak asing di telinga Anda. Meskipun populer pada masa itu, cara ini sebenarnya telah lama menjadi elemen integral dalam strategi marketing dalam dunia bisnis.

Meskipun melalui platform yang berbeda, pemanfaatan broadcast message memberi dampak signifikan untuk membantu bisnis mencapai audiens secara efisien, bahkan hingga saat ini. Lalu bagaimana cara membuat pesan yang menarik sesuai dengan perkembangan zaman? Simak artikel ini hingga tuntas!

Apa Itu Broadcast Message?

Broadcast Message adalah jenis pesan yang dikirim ke sejumlah besar orang secara bersamaan. Biasanya, bisnis menggunakan jenis pesan ini untuk mengirimkan pembaruan dan penawaran tentang produk atau layanan.

Untuk mengirimkan broadcast message, Anda hanya perlu membuat daftar kontak dan kemudian mengirim pesan melalui platform perpesanan seperti SMS, WhatsApp, Telegram atau platform lainnya. Pesan tersebut akan dikirimkan ke semua kontak yang ada dalam daftar secara simultan.

Metode ini merupakan cara yang cepat dan mudah untuk menyampaikan informasi penting kepada sejumlah besar orang, memungkinkan pesan tersebut mencapai audiens dengan efisien.

Awalnya metode ini hanya mengirim pesan berupa teks, namun seiring perkembangan teknologi, broadcast message telah mengalami evolusi signifikan. Kini, Anda bisa mengirim berbagai media, seperti gambar, video, hingga tautan web, yang memberikan fleksibilitas dalam menyampaikan informasi kepada audiens.

Broadcast Message
Unsplash

Cara Membuat Broadcast Message

Sesuai dengan pengalaman A-Creative dalam membantu klien merancang broadcast message, inilah langkah-langkah dalam membuat broadcast message yang efektif:

Pilih Platform atau Alat yang Tepat

Pilih platform perpesanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti SMS, WhatsApp, atau platform pesan lainnya.

Identifikasi Target Audiens

Tentukan dengan jelas siapa target audiens Anda. Untuk mempermudah, Anda dapat mengelompokkan daftar kontak berdasarkan preferensi, perjalanan pembelian, atau kriteria lain yang sesuai dengan tujuan Anda.

Personalisasi Pesan

Sesuaikan pesan agar sesuai dengan karakteristik, preferensi, atau informasi spesifik tentang penerima pesan. Tujuan utamanya adalah menciptakan pengalaman yang lebih relevan dan terarah bagi individu atau kelompok penerima.

Gunakan Fitur Broadcast

Manfaatkan fitur broadcast pada platform yang Anda pilih. Setiap platform, baik aplikasi perpesanan maupun sosial media menyediakan opsi khusus untuk mengirim pesan ke sejumlah besar kontak secara bersamaan.

Atur Jadwal Pengiriman

Tentukan waktu yang tepat untuk mengirim broadcast message. Perhatikan dengan baik kapan audiens target Anda memiliki waktu luang untuk membuka pesan. Misalnya, jika target Anda adalah pekerja kantoran, mungkin waktu yang tepat adalah pada saat jam istirahat atau setelah jam kerja.

Pantau dan Evaluasi

Setelah pesan broadcast message, penting untuk memantau respons dan interaksi dari audiens. Evaluasi efektivitas pesan Anda dengan memperhatikan tingkat keterlibatan, tingkat pembukaan, atau respons lainnya. Pertimbangkan untuk melakukan A/B test untuk menguji beberapa metode berbeda.

Apapun bidang industri Anda, broadcast message dapat menjadi strategi yang membantu pertumbuhan dan kesuksesan bisnis Anda. Melalui strategi yang tepat, Anda dapat menggunakan layanan ini untuk mencapai audiens luas dan secara efektif mendorong pertumbuhan. Ikuti @acreative.id di Instagram dan dapatkan update konten menarik tentang perkembangan dunia digital marketing.

 

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

New Offer

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising